Akan ada 6 tahapan seleksi dalam rekrutmen PT KAI (sumber gambar ilustrasi: pexels/Andrea Piacquadio)

Lagi Cari Pekerjaan? KAI Akan Mengadakan Rekrutmen

15 September 2022   |   19:11 WIB

Ada kabar gembira bagi Genhype yang sedang mencari pekerjaan. PT Kereta Api Indonesia akan membuka  rekrutmen untuk berbagai formasi posisi lapangan kerja melalui penggelaran job fair di 3 kota di Indonesia pada September 2022.

Vice President Public Relations KAI, Joni Martinus, mengatakan bahwa job fair tersebut antara lain IKA Polban Fair 2022 di Bandung pada 17 September 2022; jobfair di Stasiun Kertapati, Palembang; dan Stasiun Tanjung Karang, Bandar Lampung, pada 20—22 September 2022.

Menurutnya, perusahaan membutuhkan tenaga kerja untuk ditempatkan di bagian operasional dan pemeliharaan sarana dan prasarana. Syaratnya, Genhype yang ingin melamar pekerjaan melalui IKA Polban Fair 2022 harus memiliki tingkat pendidikan minimal D3 dengan jurusan teknik elektro, elektronika atau mekatronika, mesin, otomotif, sipil, listrik, dan perkeretaapian.

Selain itu, tingkat pendidikan D4/S1 dengan jurusan teknik elektro/elektronika/mekatronika, mesin, otomotif, sipil, listrik, dan perkeretaapian.

Sementara itu, tingkat pendidikan yang perlu dimiliki oleh Genhype untuk melamar pekerjaan di KAI melalui jobfair di Palembang dan Bandar Lampung adalah SMA/MA, SMK/MAK, dan D3. Adapun, jurusannya adalah Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), teknik mesin, otomotif, ketenagalistrikan, elektro/elektronika/mekatronika untuk Genhype yang lulusan SMA/MA dan SMK/MAK.

Sementara itu, jurusan yang bisa ikut melamar bagi lulusan D3 adalah jurusan teknik elektro, elektronika atau mekatronika, mesin, otomotif, sipil, listrik, dan perkeretaapian. Tidak hanya itu, persyaratan lain yang harus dipenuhi oleh Genhype adalah seorang warga negara Indonesia, berjenis kelamin pria, sehat jasmani/rohani, memiliki ijazah atau surat keterangan lulus.

Kemudian, indeks prestasi kumulatif atau IPK lulusan D3 adalah minimal 3,0 dengan akreditasi jurusan/program studi minimal B dari BAN-PT. Berikutnya, IPK minimal lulusan D4/S1 adalah 3,0 dengan akreditasi jurusan atau program studi pada tanggal kelulusan adalah minimal A dari BAN-PT.

Genhype yang ingin melamar pekerjaan juga harus berusia minimal 20 tahun dan maksimal 27 tahun jika lulusan D3. Sementara itu, usia minimal lulusan D4/S1 untuk bisa melamar adalah 21 tahun dan maksimal 30 tahun. Sementara itu, pelamar dengan jurusan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA) harus memiliki nilai ujian akhir nasional (UAN) rata-rata minimal 7,0 dan nilai akhir sekolah adalah rata-rata 7,0 bagi lulusan mulai 2020.

Kemudian, pelamar juga memiliki tinggi badan minimal 160 cm dengan berat badan ideal, berkelakuan baik, tidak bertato dan bertindik, tidak pernah menggunakan dan/atau terlibat narkoba atau psikotropika, tidak pernah dipenjara berdasarkan putusan pengahdilan yang telah berkekuatan hukum tetap, dan sebagainya.

Pelamar yang sudah menerima vaksinasi dosis ketiga tidak wajib membawa hasil rapid test antigen dan wajib menunjukkan bukti vaksinasi melalui aplikasi PeduliLindungi. Sementara pelamar yang belum vaksin booster wajib membahas hasil rapid test antigen negatif yang berlaku 1x24 jam.

Perusahaan akan melakukan 6 tahap seleksi untuk memilih pelamar yang akan bekerja di perusahaan. Tahap pertama adalah verifikasi dokumen dan screening kesehatan di lokasi job fair. Tahap kedua yakni seleksi administrasi.

Setelah lolos, genhype akan masuk ke tahap selanjutnya, yakni seleksi kesehatan awal, psikologi, wawancara, dan kesehatan akhir. Perekrutan tenaga kerja yang dilakukan oleh perusahaan baik melalui ajang jobfair di Bandung, Palembang, dan Bandar Lampung adalah untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja di wilayah Sumatra bagian selatan.

Joni menghimbau masyarakat agar hati-hati terhadap segala jenis bentuk penipuan yang mengatasnamakan perusahaan dan mengabaikan pihak-pihak yang menjanjikan dapat meluluskan peserta perekrutan.

Dia menambahkan rekrutmen yang diadakan oleh perusahaan adalah gratis, tidak menggunakan sistem pengembalian dana atau refund, dan tidak bekerja sama dengan agen penyedia transportasi atau akomodasi yang berkaitan dengan pelaksanan rekrutmen.


Editor: Roni Yunianto

 
SEBELUMNYA

Serunya Kreasi Gimbap ala Korea di Cooking Class Hypeabis.id x Moon Chicken Station  

BERIKUTNYA

Mengenal Tata Rias Semipermanen, Tren Kecantikan yang Mulai Banyak Disukai

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: