Ilustrasi Film Tentang Tragedi 9/11 yang Menegangkan (Sumber gambar: Freepik)

5 Rekomendasi Film tentang Tragedi 9/11 yang Bikin Haru & Tegang

11 September 2022   |   20:10 WIB
Image
Chelsea Venda Jurnalis Hypeabis.id

Tragedi 11 September 2001 atau lebih dikenal 9/11 adalah salah satu kejadian yang akan selalu diingat dalam sejarah Amerika Serikat. Tepat 21 tahun yang lalu, dua menara kembar World Trade Center (WTC) yang menjulang tinggi tiba-tiba runtuh ditabrak pesawat komersial yang dibajak teroris.

Kejadian ini menewaskan ribuan orang dan mengalami luka-luka. Hari itu, pagi yang cerah mendadak berubah jadi kelabu bagi warga Amerika Serikat. Tragedi 9/11 pun kini dikenang sebagai serangan teroris terbesar dalam sejarah Negeri Paman Sam.

Beberapa tahun setelah tragedi 9/11, para sineas mulai membuat film yang bertemakan tentang serangan 9/11. Bukan untuk membuka luka lama, melainkan untuk mengenang aksi heroik dan cerita tentang kemanusiaan di balik tragedi 9/11.

Baca juga: Sinopsis Film Orphan: First Kill, Teror Psikopat di Balik Tubuh Gadis Kecil

Sejumlah film yang mengangkat tragedi 9/11 mendapat apresiasi yang baik dari publik. Sejumlah film bahkan mampu menembus festival film bergengsi di dunia. Sambil mengenang tragedi 9/11, Hypeabis.id telah merangkum beberapa film terbaik yang mengangkat soal tragedi 9/11.


1. Fahrenheit 9/11

Tiga tahun setelah tragedi 9/11, sebuah dokumenter yang mengisahkan kejadian tersebut dirilis ke publik. Dengan judul Fahrenheit 9/11, Michael Moore selaku sutradara ingin memberikan sudut pandang berbeda dari tragedi teroris terbesar di Amerika Serikat tersebut.

Film ini memang cukup kontroversial. Sebab, Michael Moore mengarahkan penonton untuk menduga mungkinkan Amerika Serikat memanfaatkan tragedi 9/11 untuk menyerang Afgahnistan dan Irak?

Meski cukup kontroversial, nyatanya film ini mendapatkan sambutan yang luar biasa dari para pencinta sinema. Penayangan perdana di Festival Film Cannes pada 2004 mendapatkan standing ovation selama 20 menit. Film tersebut juga diganjar piala Palme d’Or, penghargaan tertinggi di ajang Festival Film Cannes.

Fahrenheit 9/11 juga jadi film dokumenter terlaris sepanjang masa dengan meraih keuntungan US$222,4 juta.


2. World Trade Center

World Trade Center adalah film yang disutradarai Oliver Stone dan dirilis pada 2006. Film ini mengambil sudut pandang perjuangan polisi pada saat tragedi 9/11. Sudut pandang ini terbilang menarik, selain diambil dari kisah polisi, film ini juga mempertontonkan bagaimana hiruk-pikuk para korban yang selamat.

Di film ini, sutradara mampu mengaduk-aduk emosi penonton dengan menyuguhkan cerita tentang bagaimana manusia bertahan hidup di tengah ancaman teror. Bisa dibilang ini adalah tribut yang cukup emosional bagi orang-orang yang berhasil menyelamatkan diri dari tragedi 9/11.
 

3. Reign Over Me

Dibintangi Adam Sandler, film Reign Over Me merupakan tontonan yang sangat emosional. Sebab, cerita film ini mengulas tentang seorang pria yang kehilangan keluarganya dalam serangan 9/11. Selain itu, Adam Sandler juga berhasil menunjukkan akting drama yang menarik meski sebenarnya dia spesialis genre komedi.

Film drama asal Amerika Serikat yang tayang pada 2007 ini memang wajib masuk daftar film tentang 9/11 yang harus ditonton. Kisah soal trauma ditinggal orang yang dicintai dan proses untuk pulih jadi bahan tontonan yang menarik sepanjang film.
 

4. Extremely Loud and Incredibly Close

Film bergenre drama ini diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya Jonathan Safran Foer. Disutradarai oleh Stephen Daldry, film Extremely Loud and Incredibly Close berisi kisah yang cukup menyentuh.

Sepanjang film, penonton akan dibuat mengikuti perjalanan anak laki-laki yang kehilangan ayahnya saat tragedi 9/11. Kenangan dengan ayahnya yang begitu banyak telah menimbulkan kehilangan yang mendalam.

Suatu ketika, dia menemukan kunci misterius yang menjadi peninggalan ayahnya. Dengan kunci tersebut, anak kecil itu berusaha mengais sisa-sisa kenangan dengan ayahnya dengan berpetualang mengelilingi New York.
 

5. Zero Dark Thirty

Zero Dark Thirty juga menjadi rekomendasi yang mesti ditonton ketika ingin mengenang tragedi 9/11. Film tersebut sebenarnya tidak mengulas secara langsung tragedi 9/11. Namun, film ini justru menyajikan tontonan berbeda dengan menyajikan cerita perburuan Osama bin Laden yang konon jadi pemimpin teroris yang paling bertanggung jawab atas tradegi 9/11.

Baca juga: 6 Alasan Wajib Nonton Emergency Declaration, Film tentang Teror dalam Pesawat

Dengan sajian tontonan yang berbeda, Zero Dark Thirty berhasil menarik perhatian banyak penonton. Film ini juga berhasil mendapatkan lima nominasi Piala Oscar 2013. Namun, film ini juga mendapat kritikan pedas, terutama dari keluarga korban 9/11 karena menggunakan rekaman percakapan telepon terakhir kru pesawat yang tewas diduga tanpa izin keluarga.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Banyak Kejutan, Cek Daftar Pengumuman Marvel di D23 Expo 2022

BERIKUTNYA

Perhatikan 7 Kiat Ini Agar Jadi Desainer Fesyen Top

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: