Salah satu hasil karya foto kontes JIPFest yang dipajang di Taman Langsat, Jakarta Selatan (Sumber foto: JIPFest)

Banyak Program Seru, Yuk Berakhir Pekan Mengunjungi 2 Pameran Foto Ini

11 September 2022   |   12:30 WIB
Image
Prasetyo Agung Ginanjar Jurnalis Hypeabis.id

Like
Menikmati akhir pekan dengan jalan-jalan atau berwisata tidak harus berpergian jauh ke luar kota saja loh. Bagi Genhype yang suka menikmati karya seni, khususnya foto, kalian juga bisa pergi berwisata ke pameran fotografi yang ada di Jakarta. 

Pada pertengahan bulan September ini ada dua pameran fotografi yang keren-keren dan bertaraf internasional loh, yakni Jakarta International Photo Festival (JIPFest) dan gelaran akbar pameran fotografi World Press Photo Exhibition 2022

Baca juga: JIPFest Digelar September 2022, Undang Fotografer dari Berbagai Negara 

Gelaran JIPFest berlangsung mulai dari 9-25 September di kawasan Blok M, Jakarta Selatan. Hasil karya pamera ini tersebar di lima lokasi, yakni di Kala Karya, Kala di Kalijaga, Soup N Film, Lamandau House, Taman Langsat, dan Gor Teater Bulungan.

Sementara itu, pameran World Press Photo Exhibition 2022 berlangsung pada 9 September-1 Oktober 2022, di Erasmus Huis, Kuningan, Jakarta Selatan yang menampilkan karya-karya terpilih dari ajang World Press Photo Contest ke-65.

Kedua acara di atas juga dapat kalian nikmati secara gratis loh, sehingga kalian tidak perlu merogoh kocek yang dalam untuk kembali menyegarkan otak, setelah beberapa hari bekerja keras membanting tulang.

Baca juga: Yuk Cek Pemenang Lomba Foto Hypeabis.id Bertajuk Indonesia Menurut Loe 
 

Workhsop hingga Screening Fotografi

Pesta fotografi JIPFest sejauh ini sudah tiga kali digelar di Indonesia sejak 2019 dan menjadi wadah bagi para fotografer. baik profesional ataupun pemula untuk saling bertukar gagasan. Ajang tersebut juga menjadi sarana untuk mengenalkan karya-karya mereka kepada publik.

Mengusung tajuk Revival, festival ini juga menghadirkan belasan program, puluhan acara, serta total 59 bintang tamu dari sembilan negara, yakni Amerika Serikat, Belanda, Belgia, India, Indonesia, Inggris, Jepang, Norwegia, dan Singapura beserta karya-karya foto mereka.

Nah, tentu saja dengan hadirnya fotografer hingga akademisi foto tersebut, JIPFest juga menghadirkan rangkaian program seru yang dapat kalian ikuti loh. Misalnya workshop fotografi, hingga bagaimana cara mengenalkan hasil foto ke kolektor atau publik.
 

Salah satu karya di JIPFest (sumber JIPFest)

Salah satu karya yang dipajang di festival JIPFest (sumber JIPFest)

Di program workshop, kalian akan dipandu oleh David Campbell, fotografer asal Inggris yang memberi pelatihan cara mengomunikasikan karya ke publik. Sementara itu, Espen Rasmussen, fotografer kontemporer asal Norwegia juga akan mengajarkan cara beradaptasi dengan platform digital.

Datang langsung juga dari Jepang dengan dukungan Japan Foundation, maestro buku foto Yumi Goto yang akan membuka kelas bagaimana cara membuat buku foto. Sementara itu, Anaïs López, fotografer asal Belanda akan mengajarkan strategi cara menggarap cerita visual. 

Selama acara JIPFest ini berlangsung akan ada juga loh screening foto dari karya fotografer baik dalam maupun luar negeri yang ditampilkan pada publik. Acara tersebut digelar setiap malam Minggu di Teater Bulungan, Jakarta Selatan dari pukul 19.00-20.00 WIB.

Baca juga: Menilik Foto-Foto yang Merekam Peristiwa Revolusi Fisik 1945-1950 
 

Tampilkan Puluhan Karya Fotografer Terbaik Dunia

Dua gelaran pesta fotografi JIPFest dan World Press Photo Exhibition 2022 juga menampilkan karya-karya terbaik yang dibuat oleh fotografer dunia, yang tentunya pasti memukau. Di JIPFest, karya-karya yang ditampilkan merupakan hasil kurasi dari open call terhadap fotografer dari berbagai negara,

Bertindak sebagai kurator JIPFest tahun ini adalah Asep Topan, Ayos Purwoaji, dan Ng Swan Ti, yang mengkurasi tema Revival dari hasil kiriman para fotografer dalam membekukan semangat zaman saat dunia pulih dari pandemi.

Totalnya sebanyak 26 karya fotografi dan multimedia dari 19 negara yang mengikuti ajang tersebut kemudian dipanjang di beberapa titik yang tersebar di 5 lokasi  kawasan Blok M, Jakarta Selatan dalam program Photo Exhibition.

Baca juga: Ini Dia Foto-Foto Keren Pemenang Class of Photography Hypeabis.id

Sementara itu, pesta World Press Photo Exhibition 2022 menampilkan foto dokumenter terbaik yang dihasilkan selama setahun terakhir dari fotografer di seluruh dunia dalam memberikan perspektif yang lebih baik terhadap keseimbangan geografis dan alam.

Total ada 24 pemenang dari 23 negara dalam kontes tahun ini, termasuk pewarta foto asal Indonesia, Abriansyah Liberto yang memenangkan kontes World Press Photo kategori proyek jangka panjang untuk Asia Tenggara dan Oseania. 

Dalam kontes ini dia membuat proyek fotografi bertajuk “Haze” yang menyoroti kebakaran hutan besar yang semakin meluas di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir sehingga memberi dampak yang signifikan terhadap perubahan iklim dunia.

Nah, itulah dia Genhype pesta fotografi yang dapat kalian nikmati untuk mengisi waktu di akhir pekan ini di Ibu Kota Jakarta. Selamat menikmati pamerannya ya!

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Recook Yuk! Intip Resep Brownies ala Chef Farah Quinn & Arnold Poernomo

BERIKUTNYA

Segera Tayang di Netflix, Cek Sinopsis & 5 Fakta Serial Cyberpunk: Edgerunners

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: