Penilaian Lomba Foto Hypeabis.id bertajuk Indonesia Menurut Loe, oleh dewan juri Mast Irham (dari kiri), Yayus Yuswoprihanto, dan Abdullah Azzam saat penjurian di Jakarta, Kamis (24/8/2022). (sumber gambar: DUL/Hypeabis.id)

Yuk Cek Pemenang Lomba Foto Hypeabis.id Bertajuk Indonesia Menurut Loe

30 August 2022   |   19:00 WIB

Lomba foto Hypeabis.id dengan tema Indonesia Menurut Loe memasuki tahap pengumuman pemenang nih, setelah melalui penjurian yang berlangsung ketat pada Kamis, 25 Agustus 2022. Lomba foto yang bertepatan dengan momentum Hari Kemerdekaan Indonesia ini diikuti oleh 184 pelajar dan mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Ajang ini dimaksudkan untuk memberikan ruang bagi generasi milenial dan generasi Z untuk mengekspresikan perspektif Keindonesiaan dari kacamata mereka melalui lensa kamera. Peserta yang dapat mengikuti hanya mereka yang berusia di bawah 25 tahun, berstatus sebagai pelajar dan mahasiswa.

Langkah ini bertujuan untuk mempertegas segmentasi pembaca Hypeabis.id, khususnya dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Antusiasme peserta pun cukup besar, yang terbukti dari jumlah karya yang dikirim ke Hypeabis.id mencapai 324 karya foto. 

Setelah melalui seleksi yang ketat dari tangan dingin dewan juri, akhirnya berhasil dipilih foto-foto terbaik karya para peserta untuk ditetapkan menjadi Juara 1,2,3 dan 10 Nominasi. Selain itu, ada juga foto-foto dengan jumlah Like Terbanyak. 

Adapun dewan juri pada lomba ini yaitu Mast Irham, Chief Photographer for Indonesia - European Pressphoto Agency; Yayus Yuswoprihanto, Konten Manajer Foto Bisnis Indonesia; dan Abdullah Azzam, Asisten Konten Manajer Foto Bisnis Indonesia.

Berikut foto-foto para pemenang hasil pilihan dewan juri. yuk langsung cek saja siapa tahu kamu pemenangnya.

Juara 1

.

.

Perang Air Suwat karya I Made Bagus Pradipa Nala Permana
Perang Air Suwat berasal dari desa Suwat Gianyar Bali, yang dilaksanakan setiap awal Tahun yang. Perang air dimaknai masyarakat setempat sebagai upaya melawan energi buruk, Perang air/Siat Yeh yang disimbolkan dengan cara mengambil dan kemudian saling disiramkan ke tubuh, yang bertujuan agar dapat membersihkan diri dari hal hal negatif.  Perang Air biasanya digelar di kawasan catus pata atau perempatan jalan desa.Mereka melaksanakannya dengan penuh semangat yang tinggi.
 

Juara 2

.

.

Indonesiaku karya Iswahyura Putra Wasisa
Indonesia adalah salah satu negara kepulauan terbesar dan terindah di dunia, Begitu banyak cerita dan kisah tradisi khas Indonesia yang melekat dan bahkan menjadi sesuatu yang ditunggu dan dirindukan oleh setiap masyarakat Indonesia. Tentu saja hal ini menjadi salah satu nilai positif bagi negara ini. Toleransi antar umat beragama, suku, ras, dan status sosial menjadi salah satu harga mati yang dimiliki negeri kita ini. Hal itu pun mampu menambah kenyamanan setiap warga yang tinggal di Indonesia.

Begitu banyak hal yang dapat dijadikan alasan bagi rakyat Indonesia untuk mencintai negerinya. Setiap warga Indonesia yang tinggal di negeri ini pun memiliki ceritanya masing-masing dan berbeda satu sama lain terhadap kenangan mereka dengan kebudayaan Indonesia yang sangat mereka cintai.
 

Juara 3

.

.

Berangkat Sekolah karya Mochammad Adnan Kasogi
Potret aktivitas keseharian Seorang kakak bersemangat memberangkatkan adiknya demi menuju ke sekolah dengan kendaraan perahu karena mereka hidup di sekitar area kawasan mangrove (06/03/2022). Pendidikan merupakan bagian yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia, karena pendidikan merupakan suatu usaha untuk menguatkan kualitas manusia yang berlangsung seumur hidup, dengan berpedoman pada pendidikan maka manusia akan dapat maju dan berkembang untuk mencapai kesempurnaan.
 

Nominasi 

1. Kirab Prajurit Keraton Solo karya Aulia Nabilah Anggraini

.

Sejumlah prajurit Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat berjalan saat kirab budaya di kawasan keraton kasunanan Surakarta Hadiningrat di Solo, Jawa Tengah. Kirab Budaya Prajurit Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat merupakan bentuk karya tari kolosal yang terdiri dari berbagai prajurit yang ada di dalam Keraton Surakarta. Atraksi Prajurit Keraton Surakarta menggambarkan tentang kesiapan para prajurit dalam melaksanakan tugasnya dengan sepenuh hati dan semangat yang solid di masa lalu. Secara historis, Prajurit Keraton Surakarta di masa lalu bertugas untuk mengawal pertahanan keraton dan berjuang dalam pertempuran di zaman prakolonial maupun zaman kolonial. Namun saat ini prajurit keraton telah menjadi Prajurit Budaya, yang menyimpan pesona sejarah. Transformasi menjadi Prajurit Budaya merupakan simbol penjaga dan pelestari warisan budaya lokal Indonesia yang selalu beradaptasi dengan perubahan zaman.


2. Pacu Jawi karya Aqil Fadhlullah

.

Indonesia kaya dari segi budaya dan tradisi salah satunya adalah Pacu Jawi. Dikenal juga dengan Alek Nagari Pacu Jawi yaitu sebuah acara budaya pacuan sapi dari Kabupaten Tanah Data, Sumatera Barat. Kegiantan ini dilaksanakan di area persawahan milik masyarakat setempat, dua ekor sapi dikendalikan oleh seorang joki sekaligus, joki akan mengendalikan sapi pada sawah tersebut hingga batas yang ditentukan. Saat sapi-sapi ini mulai berlari lumpur akan berterbangan, sesekali terdengar alunan musik tradisional minang dan diselinggi sorak sorai penonton yang menambah keseruan pacu jawi.


3. Festival Perahu Layar karya Yusaf Rachman

.

Perahu layar adalah perahu kecil berlayar dan berlambung tunggal dengan sirip yang dapat ditarik masuk, pemberat penyeimbang dihasilkan dari berat badan awak perahu. Festival Perahu Layar sudah menjadi acara tahunan yang dilombakan ketika bulan Agustus telah tiba.


4. Ngaben Air Nusa Penida karya I Dewa Putu Ari Kresna Artha Negara

.

Tradisi Ngaben di Nusa Penida sangat lah unik lain halnya dengan ngaben-ngaben biasanya ngaben ini harus melewati pantai. Dengan jarak tempuh 400 meter hingga sampai ke kuburan yang berada di pesisir pantai. antusias warga bergotong royong menggotong bale dan suara gamelan khas Bali Baleganjur dan tabuh angklung Bali mengiringi proses arakan. Sanak keluarga serta warga turut menghantarkan jenazah menuju ke tempat yang abadi.


5. Sportif dan Bahagia karya Igam Marendra

.

Indonesia itu orangnya sportif dan bahagia. Saling menerima, saling mendukung, dan mengarah kepada kebaikan akan memberikan kebahagiaan. Itulah ciri orang Indonesia. Sesusah apapun keadaannya, mereka selalu menerima dengan lapang dada.


6. Perang Pandan karya I Kadek Darmana Gita

.

Perang pandan adalah salah satu tradisi yang ada di Desa Tenganan, Kecamatan Karangasem, Bali. Perang pandan juga disebut dengan istilah makere-kere. Tenganan adalah salah satu desa tertua yang ada di pulau Bali. Desa ini dikelilingi oleh bukit seperti benteng. Ritual perang pandan dilakukan di depan balai pertemuan desa Tenganan. Perang pandan dilakukan setiap bulan kelima atau sasih kalima dalam penanggalan desa adat Tenganan. Perang pandan merupakan salah satu tradisi yang dilakukan untuk menghormati dewa Indra atau Dewa perang.


7. Sunrise di Situ Patenggang karya Ivan Liandi

.

Pagi itu seorang nelayan melempar jala untuk menjaring ikan. Lokasi pengambilan di Situ Patenggang, Ciwedey, Bandung.


8. Proses Pembuatan Keris karya Panji Arighi Imawan

.

Indonesia kaya akan warisan budaya, salah satunya keris. Keris memiliki nilai sejarah yang tinggi dan merupakan salah satu senjata tradisional Nusantara yang paling dikenal luas. Proses pembuatannya memakan waktu yang tergolong lama dan sangat menarik untuk diabadikan.


9. Pura Batu Bolong di Kala Senja karya Hypo Pristan

.

Keindahan siluet pura batu bolong di kala senja. Salah satu tempat persembahyangan bagi umat Hindu di daerah Bali. Namun banyak juga wisatawan asing yang berkunjung ke pura Batu Bolong sehingga bisa juga menjadi destinasi wisata bagi kalian yang berkunjung ke Bali.


10. Kesenian Budaya karya Fran Densa 

.

Sejumlah penari tampil dalam acara kesenian kuda lumping.

 

Like Terbanyak

1. Kemajuan di Tangan Generasi Muda karya Fakih Abdul Rozak

.

Indonesia adalah warisan dari leluhur kita yang telah memperjuangkan kemerdekaan namun kita sebagai generasi penerus perlu merawat warisan ini.


2. Indonesia Itu Beragam, Tapi Tetap Rukun Dalam Persatuan karya Wahyu Novita Tiara Wati

.

Indonesia merupakan negara yang kaya akan segala hal, sumberdaya alam, budaya, suku, dan sebagainya. Keberagaman indonesia ini bukan suatu ancaman namun sesuatu kekuatan dalam sebuah persatuan.


3. Sahabat Pancaroba karya Tisa Palupi
 

.

Indonesia menurutku adalah negara yang bersahabat dengan musim pancaroba. Kemarau dan hujan sering datang beriringan. Negara dengan keberagaman suku, budaya, hingga ras dan bahasa ini memiliki  kehebatannya untuk menghadapi cuaca. Tanpa meluruhkan semangat, musim pancaroba menjadi sahabat bagi ragam masyarakat di Indonesia.


4. Lorong Tambak Garam Karya Shofiyyul Akbar

.

Indonesia merupakan negara maritim dengan garis pantai terpanjang kedua setelah Kanada. Hal tersebut menyebabkan Indonesia memiliki potensi besar terhadap sumberdaya perairan salah satunya yaitu garam.


5. Indonesia itu Indah karya Muhammad Iqbal

.

Siapa yang tidak kenal dengan keindahan Indonesia? Setiap wisatawan yang menginjakkan kakinya di Indonesia pasti akan jatuh hati pada keindahan Indonesia.


Selamat kepada para pemenang. Buat kalian yang telah menjadi member Hypeabis.id masih dapat menggunakan akun usernya untuk turut membagikan karya-karya foto terbaik bersama komunitas foto Hypeabis.id, sekaligus sebagai wadah untuk mengasah keahlian fotografi agar kian mumpuni.

Tetap berkarya dan berbagi inspirasi bersama Hypeabis.id, dan sampai jumpa pada lomba fotografi yang lebih seru pada ajang kompetisi berikutnya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Tanda Red Flags dalam Pertemanan, Segera Jaga Jarak Gaes!

BERIKUTNYA

Garena Resmi Gelar Turnamen Free Fire Esports 2022 Fall di Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: