Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan saat mengonsumsi minuman kolagen (Sumber gambar : Roove)

Jangan Asal, Ini Kiat Mengonsumsi Minuman Kolagen Agar Manfaatnya Lebih Maksimal

09 September 2022   |   20:00 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Para wanita umumnya sangat memperhatikan perawatan kecantikan dari luar dengan menggunakan berbagai macam produk. Namun, tidak sedikit dari mereka yang lupa memperhatikan perawatan kulit dari dalam terutama kolagen.

Padahal produksi kolagen dalam tubuh akan semakin berkurang seiring dengan bertambahnya usia. Ika Maharani Ratri, Digital Marketing Manager Roove mengatakan dari riset yang mereka lakukan, masyarakat Indonesia yang berusia 30 tahun ke atas sudah sangat membutuhkan asupan tambahan kolagen.

Ada banyak manfaat dari kolagen mulai dari memperlambat penuaan dini, mengatasi sakit sendi, meningkatkan massa otot dan tulang, mengurangi jerawat, mengembalikan kekenyalan kulit, mengurangi kerontokan rambut, hingga mengatasi sulit tidur. Tak heran bila saat ini ada banyak produk kolagen yang bisa didapatkan termasuk minuman kolagen. 

Nah, supaya kalian bisa mendapatkan hasil maksimal dari konsumsi protein itu, berikut adalah beberapa tips yang dapat diikuti untuk memastikan manfaat dari kolagen tersebut: 

Baca juga: Ini Aturan Konsumsi Kolagen Berdasarkan Saran Dermatologis 
 

Cek Kandungan Kolagen

Minuman kolagen terbuat dari protein hewani yang biasanya bersumber dari hewan golongan sapi bovine (jaringan ikat sapi) atau hewan laut (kulit ikan). Kolagen yang memanfaatkan sumber ikan lebih mudah diserap tubuh dan memberikan manfaat yang cepat. Akan tetapi, bagaimana dengan orang yang punya alergi? 

Individu yang memiliki alergi ikan sebaiknya tetap menghindari kolagen dengan bahan atau kandungan hewan laut. Mereka bisa memilih minuman kolagen yang terbuat dari sapi. Selain alergi, memastikan minuman tidak mengandung bahan pemicu asam lambung – yang menyebabkan kembung – adalah penting.
 

Pastikan Izin BPOM & Sertifikasi Halal

Meski hampir tidak ada efek samping saat mengonsumsi kolagen, kalian tetap harus memastikan produk tersebut aman, terutama untuk ibu hamil dan menyusui. Salah satu caranya adalah dengan mengecek apakah sudah memiliki sertifikat halal dan mendapatkan izin dari otoritas, seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). 

Ibu hamil dan menyusui yang ingin mengonsumsi minuman kolagen juga harus benar-benar memastikan bahwa produk tersebut halal dan tidak memiliki efek samping. Untuk mendapatkan informasi lebih kredibel, bisa juga konsultasikan ke dokter sebelum mengonsumsi produk tertentu. 

Baca juga: Konsumsi Kolagen Penting untuk Perawatan dari Dalam Tubuh 
 

Hindari Konsumsi Kafein Berlebih & Merokok

Kelebihan kafein dapat memperlambat penyerapan kalsium dan nutrisi. Gaya hidup dengan banyak aktivitas merokok dan minum alkohol akan mencegah kalian menikmati manfaat maksimal dari minuman kolagen.

Karena itu, penting untuk menjaga pola makan dan pola hidup agar manfaat dari minuman kolagen yang kalian konsumsi  dapat dirasalan. Selain melengkapi asupan kolagen, kalian juga harus mengonsumsi makanan yang mengandung kolagen atau membantu meningkatkan produksi kolagen alami.
 

Konsumsi Minuman Kolagen Sesuai Aturan 

Minuman kolagen harus dikonsumsi secara berlanjut sesuai panduan yang direkomendasikan untuk melihat manfaatnya. Meski dapat menunjukkan hasil yang berbeda-beda, konsumen secara umum dapat melihat manfaat minuman kolagen biasanya setelah konsumsi ketujuh.

Untuk memudahkan konsumen dalam mengonsumsi, umumnya minuman kolagen dibuat dalam bentuk sasetan yang tersedia dalam paket penjualan mulai dari 10, 20, 24, 50, dan 56 saset, sesuai dengan kebutuhan masing-masing. 
 

Tidak Disarankan Diseduh dengan Air Panas

Untuk menjaga manfaat kandungan kolagen, hindari menyeduh dengan air mendidih. Sebaiknya gunakan air dingin atau air dengan temperatur normal untuk menyeduh minuman ini. Selain terasa lebih nikmat dan segar, minuman kolagen yang diseduh dengan air dingin juga akan memberikan manfaat maksimal bagi kalian yang mengonsumsinya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Duh, Jerawat Bikin Pengaruh Besar pada Kualitas Hidup Remaja

BERIKUTNYA

Dari Parang hingga Tujuh Rupa, Yuk Kenalan dengan 5 Jenis Motif Batik Ini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: