Ilustrasi jaringan ponsel. (Sumber gambar: Unsplash/Frederik Lipfert)

5 Penyebab & Cara Mengatasi Jaringan Ponsel yang Hilang

31 August 2022   |   08:57 WIB

Penggunaan ponsel dan gawai pendukungnya merupakan hal yang umum dalam keseharian masyarakat, di mana kedua produk ini berperan sebagai alat komunikasi dan penunjang dalam ragam aktivitas. Namun, salah satu kendala yang kerap kali dihadapi adalah sinyal atau jaringan yang mendadak hilang.

Biasanya, kendala ini bisa terlihat dengan adanya pesan pop-up yang mengatakan bahwa ponsel sedang mengalami gangguan jaringan maupun jaringan ponsel tidak tersedia. Ada beragam penyebab yang memicu terjadinya jaringan ponsel yang hilang.

Pertama, kendala ponsel yang berada di luar jangkauan karena keterbatasan kemampuan penerima pada ponsel maupun gawai dalam menerima sinyal dari base transceiver station (BTS) yang juga terbatas secara cakupan. Kedua, ada kendala cuaca kaerena keterbatasan penyedia jaringan dalam kondisi tertentu.

Ketiga, perbaikan jaringan dari operator seluler yang merupakan bagian dari pembaruan fasilitas dan layanan. Keempat, kesalahan pada aplikasi atau perangkat lunak yang berdampak pada kualitas jaringan. Kelima, kerusakan pada salah satu komponen perangkat keras ponsel dan terakhir ada kendala karena penerima sinyal pada ponsel yang bermasalah.

Yuk cek beberapa kiat untuk mengatasi sinyal atau jaringan ponsel yang hilang. 

Baca juga: Begini Hasil Riset Keandalan Jaringan Seluler 4G dan 5G di Indonesia
 

1. Restart Ponsel 

Biasanya, kendala hilangnya jaringan bisa diatasi lebih awal dengan melakukan proses mulai ulang ponsel (restart). Hal ini umumnya dilakukan dengan mempertahankan memori yang sudah ada, memperbaiki beberapa kendala, serta mengembalikan sistem ponsel ke setelan awal. Hasilnya, ponsel akan menjadi lebih mulus dan kendala bisa teratasi.


2. Cek & Sesuaikan Kartu SIM

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi hilangnya jaringan ponsel adalah dengan melihat kembali kartu SIM saat digunakan. Biasanya, cara ini bisa dimulai dengan melihat posisi, lalu mencoba melepas dan meletakkan kembali ke posisi yang seharusnya.

Jika cara ini belum ampuh, Genhype bisa coba masukkan kartu SIM ke ponsel lain dan untuk mengetahui kendala sinyal yang dimiliki. Pasalnya, pemasangan SIM yang salah bisa berisiko pada kerusakan komponen dalam ponsel atau gawai, sehingga membuatnya lebih cepat rusak.
 

3. Periksa Jaringan Ponsel

Cara untuk melihat konektivitas jaringan, kalian bisa mengaksesnya lewat menu yang ada pada halaman muka, saat scroll menu shortcut atau dari bar sinyal pada bagian atas ponsel. Namun, pengecekan jaringan yang lebih rinci bisa dilakukan pada menu Pengaturan dengan melihat bagian Jaringan Ponsel. 

Cara yang sama juga bisa digunakan saat memastikan apakah ponsel sedang mengaktifkan mode Pesawat, mode Roaming, serta menyalakan dan mematikan mode Mobile Data maupun WiFi. Cara serupa yang mirip adalah dengan mengatur ulang atau reset jaringan ponsel seperti WiFi hingga Bluetooth.
 

4. Pergi ke Titik Lain 

Dalam beberapa situasi, jaringan yang ada di satu tempat akan lebih kuat atau lemah dibandingkan dengan tempat lain. Hal ini umum terjadi saat berada di tempat yang jauh dari perkotaan atau tengah berada di dalam hutan. Cara ini bisa dilakukan dengan pergi ke lokasi lain seperti destinasi padat penduduk atau destinasi populer. 
 

5. Hubungi Layanan Konsumen

Opsi terakhir yang bisa dilakukan adalah dengan menghubungi kontak pusat dengan operator jaringan seluler. Hal ini bisa dilakukan dengan berkonsultasi melalui telepon ketika semua opsi yang dilakukan tidak berdampak atau bekerja dengan baik, misalnya ada kendala pada perangkat keras atau peranngkat lunak.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Kiat Praktis Memotret dengan Kamera Ponsel 

BERIKUTNYA

Rekomendasi 5 Galeri Seni di Jakarta yang Wajib Dikunjungi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: