Ilustrasi foto (sumber gambar : unsplash)

Ingin Ikut Pelatihan Fotografi Profesional? Segini Biayanya

30 August 2022   |   23:08 WIB
Image
Dewi Andriani Jurnalis Hypeabis.id

Saat ini fotografi telah menjadi salah satu hobi yang digemari oleh berbagai kalangan mulai dari pelajar hingga para pekerja. Fotografi pun bukan lagi menjadi domain para profesional, siapa pun kini bisa menjadi seorang fotografer.

Nah, bagi kalian yang ingin memperdalam ilmu fotografi, ada banyak lembaga foto yang bisa menjadi pilihan. Harganya pun terbilant cukup terjangkau mulai dari Rp100 ribuan, kalian sudah bisa mempelajari berbagai teknik dalam dunia fotografi.
 

1. Lembaga Pendidikan Antara

Salah satu lembaga pelatihan fotografi adalah Lembaga Pendidikan Antara yang semula bernama Lembaga Pendidikan Jurnalistik Antara (LPJA) milik kantor berita Antara. Pada mulanya, lembaga yang berdiri tahun 1988 ini hanya ditujukan untuk para wartawan Antara dalam membuat berita teks dan berita foto.

Namun seiring perkembangan zaman dan kebutuhan pasar, LPJA mulai bertransformasi menjadi LPA pada tahun 2020 sehingga modul pelatihannya pun meluas tidak hanya di wilayah jurnalistik tetapi juga mencakup wilayah komunikasi.  

“Untuk model bisnis LPA ini adalah bersifat consultative and customize training yang disesuaikan dengan kebutuhan klien,” ujar Manajer Lembaga Pendidikan Antara Primayanti.

Adapun untuk pelatihan fotografi ada dua jenis pelatihan yaitu fotografi dasar yang bertujuan untuk mengasah kemampuan visual para peserta agar dapat memilih komposisi dan sudut pandang gambar sebagai hasil karya fotografi jurnalistik yang bercerita. Bukan hanya sekedar foto-foto yang menggambarkan keindahan atau kesemarakan suatu objek.

Kedua pelatihan fotografi lanjutan yang bertujuan meningkatkan kecakapan, kecekatan dan wawasan mengenai fotografi jurnalistik. Selain itu, peserta juga diharapkan memiliki kompetensi teknik pengambilan gambar sesuai kaidah jurnalistik.

“Metode pengambilan gambar menggunakan teknik EDFAT ( entire, detail, framing, angle and time). Para peserta juga diberikan pengetahuan memilah foto dan membuat caption foto,” jelasnya.

Para peserta pun akan melakukan praktek langsung saat proses pelatihan fotografi yang langsung dipandu dan dievaluasi oleh para pakar dan praktisi media. Di akhir pelatihan, para peserta akan mendapatkan sertifikat dari LKBN Antara.

Prima mengatakan bahwa pelatihan di LPA ini berupa kursus singkat baik dalam hitungan hari, mingguan atau bulanan dan belum termasuk ke wilayah pembelajaran seperti di kampus sehingga materi yang disajikan bersifat praktis dan implementatif.

“Para alumni kelas fotografi LPA ini berasal dari ragam profesi maupun kelompok kerja, mulai dari pelajar, mahasiswa, karyawan swasta, BUMN, maupun pegawai negeri dan kelompok wirausaha,” jelasnya.

Biaya pelatihan

  • Pelatihan fotografi dasar Rp3,5 juta per orang. Kelas reguler 28 jam secara luring.
  • Pelatihan fotografi lanjutan Rp2,25 juta per orang, Kelas 14 jam secara luring.
 

2. Panna Foto Institute

Panna Foto Institute menjadi salah satu lembaga pelatihan fotografi yang tidak hanya mengajarkan para pesertanya mengenai teknik pengambilan gambar tetapi juga bagaimana bisa membuat foto yang dihasilkan bisa bercerita.

Edy Purnomo, edukator dari Panna Foto Institute mengatakan pendidikan fotografi dan visual storytelling atau menggunakan fotografi bercerita dengan berbasis kemampuan berpikir kritis menjadi suatu hal yang membedakan Panna Foto Institute dibandingkan dengan lembaga pelatihan fotografi lainnya.

Untuk pelatihannya sendiri, Panna memiliki beberapa model baik yang berupa kelas pendek selama 2 jam, workshop selama 3 hingga 4 hari, program kerjasama dengan partner selama beberapa bulan, hingga program tahunan.

“Kami punya banyak jenis pelatian sesuai program dan inisiatif. Untuk biayanya sendiri mulai dari Rp100ribuan yang untuk kelas pendek hingga jutaan untuk program tahunan,” ujarnya.

Biayanya pendidikan
  • Kelas pendek 2 jam Rp100.000 – Rp150.000
  • Workshop 3-4 hari : Rp1 jutaan
  • Program 1 tahun, per semester: Rp4 juta. Seminggu 1 kali dengan pertemuan  3 jam
 

3. Darwis Triadi School of Photography

Darwis Triadi School of Photography didirikan oleh Darwis Triadi seorang fotografer profesional yang sudah malang melintang di dunia fotografi selama lebih dari 40 tahun.

Penggunaan nama Darwis Triadi sendiri memang sengaja dipakai sebagai salah satu bentuk tanggung jawab moril darinya kepada para murid atau peserta yang belajar di sekolah fotografi yang didirikannya.

“Komitmen saya saat mendirikan sekolah foto ini bukan hanya sekadar untuk berbisnis tetapi betul-betul secara jujur untuk mengedukasi para murid saya dengan ketulusan dan pengalaman yang saya miliki,” jelasnya.

Metode pembelajaran yang dicanangkan oleh Darwis Triadi bersifat dinamis dan interaktif sehingga lebih mudah dipahami oleh para peserta yang mempelajari fotografi baik hanya sebagai hobi maupun untuk profesi.

Terdapat tiga kelas utama yang disediakan di sini mulai dari kelas basic selama 1 bulan, intermediate untuk 1,5 bulan, dan advanced selama 2 bulan. Selain itu, juga ada kelas lain yaitu kelas photoshop dan special class.

Adapun pengajarnya sendiri, selain oleh Darwis Triadi sendiri juga didukung oleh para profesional dan maestro fotografer legend Indonesia yang akan berbagai ilmu serta pengalaman mereka berkecimpung di dunia fotografi.

Biaya pendidikan
  • Kelas basic Rp4 juta, setiap Selasa dan Kamis, 10 kali pertemuan pukul 19.00 – 21.00 WIB
  • Kelas intermediate Rp6 juta, setiap Senin dan Rabu, 15 kali pertemuan pukul 19.00 – 21.30 WIB.
  • Kelas advanced Rp7 juta, setiap Selasa dan Jumat, 17 kali pertemuan 19.00 – 21.30 WIB.
  • Kelas spesial Rp 4,5 juta, setiap Rabu pukul 13.00 – 17.00 WIB
 

4.Jakarta School of Photography

Sekolah fotografi yang berlokasi di Gedung Nyi Ageng Serang, HR Rasuna Said Kav C 22 Kuningan, Jaksel ini memiliki tiga pilihan paket keahlian sebagai berikut.

·         Basic Fotografi Regular Weekend Rp3,5 juta. Diadakan setiap hari Sabtu dengan 2 kali pertemuan pukul 10.00 – 15.00 WIB dengan kuota minimal 5 siswa per kelas

·         Private Photography Class Rp7,5 juta. Kelas weekday yang diadakan 3 kali pertemuan yang telah diatur dan disesuaikan

·         Basic Drone Reguler Rp4,35 juta. Mempelajari cara menerbangkan drone DJI Phantom seminggu 2 kali dengan 2 sesi (2,5 jam per sesi), dengan kuota kelas minimal 5 orang.
 

5. Angin Photo School

Sekolah fotografi yang beralamat di Ciumbuleuit 22, Gedung Pondok Lensa, Hegarmana, Bandung, Jawa Barat ini juga menawarkan paket keahlian yang beragam dengan waktu belajar 2 kali seminggu, dan jumlah siswa 4-8 orang.

Program profesional
·         Kelas reguler : Rp6,5 juta
·         Kelas Private : Rp9,5 juta
·         Registrasi : Rp100ribu

Basic Fotografi
·         Kelas reguler : Rp1,8 juta
·         Kelas private : Rp3 juta
·         Registrasi : Rp50ribu

Studio Lighting
·         Kelas reguler : Rp3 juta
·         Kelas private : Rp3,5 juta
·         Registrasi : Rp50ribu

Documentary
·         Kelas reguler : Rp2 juta
·         Kelas private : Rp2,5 juta
·         Registrasi : Rp100ribu

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Prospek Bisnis Penyewaan Drone Kian Cerah

BERIKUTNYA

Film Autobiography Siap Berkompetisi di Dua Festival Film Bergengsi

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: