Ilustrasi rumah (Kenny Eliason/Unsplash.com)

5 Tip Desain Rumah yang Bikin Hoki Secara Fengsui

30 August 2022   |   19:57 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Menciptakan kenyamanan di rumah merupakan hal penting bagi setiap penghuninya. Tak hanya dipandang secara estetika, merancang rumah juga dipercaya dapat memberi dampak yang lebih jauh dalam kehidupan, seperti dengan menerapkan konsep Fengsui dalam desain dan tata letak rumah.

Fengsui percaya bahwa rumah sebagai tempat tinggal manusia membutuhkan energi positif yang menciptakan hubungan baik antara penghuni, langit, dan bumi. 

Fengsui rumah pun sudah dipelajari sejak zaman kuno di China. Ilmu ini mengajarkan pentingnya menyelaraskan hubungan yang harmonis antara manusia dan tempat tinggalnya sehingga bisa mendapatkan chi yang positif.

Bahkan fengsui mempelajari lebih jauh mengenai sudut, arah, hingga denah rumah yang tepat agar mampu menangkis energi negatif di sekitar penghuninya.

Nah bagaimana sebenarnya konsep desain rumah yang sesuai dengan Fengsui? Hypeabis.id merangkum tip merancang rumah menurut Fengsui agar kamu dilimpahi keberuntungan. Yuk simak!


1. Bangun Jalan Setapak

Fengsui mempercayai pentingnya merancang rumah yang memiliki jalan setapak dari arah depan rumah menuju pintu masuk. Lebih baik lagi jika jalan masuk tersebut dibuat menjadi luas sehingga tampak terbuka. Pentingnya jalan setapak ini dipercaya sebagai pembuka rezeki yang luas bagi penghuni rumah.


2. Bedakan Pintu Masuk dan Keluar

Selain jalan setapak, Fengshui percaya jika pintu masuk dan keluar harus dibuat berbeda. Setidaknya satu rumah sebaiknya memiliki dua pintu yang bisa diakses keluar dan ke dalam. Pintu merupakan hal utama yang penting dalam menghadirkan energi positif. Pastikan kamu membuat pintu masuk dan pintu keluar tidak dalam satu garis lurus.


3. Jangan Bangun Tangga Menghadap Pintu Masuk

Membangun tangga langsung mengarah ke pintu masuk akan membuang energi positif mengaliri lantai pertama rumah. Dipercaya jika chi positif yang masuk akan langsung naik ke lantai dua dan menyebabkan lantai pertama tidak merasakan manfaatnya. Sesuaikan bangunan tangga agar tidak segaris lurus menghadap pintu masuk.


4. Atur Posisi Kamar Tidur

Menurut Fengsui, menempatkan kamar tidur di area depan rumah akan menyebabkan energi positif menjauh dari penghuninya. Keuntungan memiliki kamar tidur yang berada di belakang adalah penghuni merasa lebih nyaman dan aman karena jauh dari area depan rumah dan jalanan. Disarankan juga untuk tidak membuat kamar tidur bersebelahan langsung dengan ruang tamu.


5. Hindari Membangun Kamar Mandi di Tengah

Pertengahan rumah dipercaya ahli Fengsui sebagai penerima sekaligus pusat energi positif terbanyak. Sementara kamar mandi merupakan tempat membuang hajat manusia, yang disarankan tidak dibangun di titik tengah rumah tersebut.

Area tengah rumah diibaratkan seperti yin dan yang, berperan penting dalam mengelola energi yang masuk ke rumah. Sebaiknya kamu membangun kamar mandi di area belakang rumah.

Nah Genhype, itulah beberapa tip merancang rumah menurut Fengsui yang bisa kamu terapkan. Selamat mencoba!

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Begini Geliat Pasar Seni Rupa Indonesia Seiring Meredanya Pandemi

BERIKUTNYA

Bukan Hanya Penangkapan Pangeran Diponegoro, Ini 3 Lukisan Ikonik Karya Raden Saleh

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: