Panggung FLAVS Festival 2021 (Sumber gambar : Instagram/FLAVS)

FLAVS Festival 2022, Ketika Talenta R&B Bukan Sekadar Selipan Panggung

29 August 2022   |   21:59 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Musik R&B atau rhythm and blues cukup berkembang di Tanah Air. Genre yang lahir di daratan Amerika Serikat ini populer di Indonesia dan talentanya tidak bisa dipandang sebelah mata. Musiknya yang mayoritas ngebit dan bernada penuh energi membuat aliran musik ini tetap populer dengan perkembangan karya yang dinamis.

Sebut saja Reza Artamevia, almarhum Glenn Fredly, Dewi Sandra, Imaniar, Ressa Herlambang, Agnez Monica, dan generasi terbaru seperti Vidi Aldiano, Rizky Febian, Teza Sumendra, Abigail Cantika, hingga Niki Zefanya yang saat ini tengah bersinar di Amerika.

Namun demikian, dari nama-nama besar yang ada, menurut Festival Director FLAVS M. Riza masih banyak talenta R&B di Tanah Air yang belum terlirik. Oleh karena itu, pihaknya menghadirkan FLAVS NU ICON untuk menjaring talenta baru, termasuk yang berada di luar Pulau Jawa.

Baca juga: Flavs Festival 2022 Siap Digelar, Cek Daftar Lineup Finalnya!

Virtual competition yang dilakukan melalui media sosial tersebut berlangsung sejak 24 Mei 2022. "Penyanyi R&B kita banyak banget. Dengan adanya FLAVS, bisa jadi media buat mereka bisa keluar," ujar Riza saat berbincang dengan Hypeabis.id beberapa waktu lalu.

FLAVS NU ICON pun merupakan rangkaian dari festival musik hip hop, soul, dan R&B yang dibuat pihaknya. Bertajuk FLAVS, festival ini menjadi wadah musisi di genre tersebut lebih dikenal dan mendapatkan pasar lebih luas. Bahkan mimpinya, festival ini justru bisa dilirik para penikmat musik R&B hingga hip hop di dunia.

"Makanya kita undang international artis walaupun jadinya tahun depan karena kita berpikir nanti artis kita harus bisa sejajar dengan mereka," sebut Riza.

Oleh karena itu, festival yang diusungnya tidak mau asal menampilkan talenta R&B yang ada. Untuk manggung di FLAVS, musisi minimal punya 1-2 album atau 10 lagu. "Sekarang bagaimana caranya make sure mereka mau keep on producing," tegasnya.

FLAVS 2022 Revival pada line up pertama diketahui turut menghadirkan musisi R&B seperti Afgan, Raisa, Rizky Febian, T-Five, Teza Sumendra, Tiara Andini, dan Yura Yunita. Program Director FLAVS Yacko menerangkan festival ini bisa menjadi rumah bagi para musisi di genre hip hop, soul, dan R&B.

"Selama ini saya merasa musisi hip hop, R&B, and soul dan subkulturnya hanya menjadi selipan di festival-festival lain, sehingga sudah saatnya mereka memiliki rumah dan hari rayanya yaitu di FLAVS," tuturnya.

Baca juga: FLAVS Festival 2022 Dibuka dengan Pesta Kejutan di 5 Lokasi Rahasia

Wanita yang memiliki nama lengkap Yani Oktaviana itu menerangkan FLAVS 2022 menghadirkan semangat kebangkitan dan menyebarkan semangat kebhinekaan karena siapapun dan di mana pun asal daerahnya bisa bernaung di wadah ini.

Editor: Fajar Sidik 

SEBELUMNYA

Profil Go Yoon Jung, Pengganti Jung So Min di Alchemy of Souls Season 2

BERIKUTNYA

Spesifikasi & Harga Dell Pro Webcam Anyar di Indonesia 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: