panggilan terbuka yang dilakukan oleh Komunitas Salihara bertujuan menampung seluas-luasnya para musisi jazz muda berkualitas.(sumber gambar ilusrasi: pexels/Victor Freitas)

Kalian Para Musisi Jaz, Kuy Ikutan Open Call Salihara Jazz Buzz 2023

29 August 2022   |   12:09 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Bagi kalian para musisi musik jaz, ada kabar baik nih. Komunitas Salihara mengadakan undangan terbuka atau open call bagi para musisi jaz, termasuk grup-grup muda di Tanah Air untuk ikut serta dalam mempresentasikan musik pada Salihara Jazz Buzz 2023.

Kurator Musik dan Tari Komunitas Salihara Tony Prabowo mengatakan bahwa panggilan terbuka yang dilakukan oleh Komunitas Salihara bertujuan menampung seluas-luasnya para musisi jaz muda berkualitas. “Yang memiliki minat akan konsep kebaharuan,” katanya dalam keterangan tertulis. 

Baca juga: Siap-Siap, Bakal Ada Konser Jazz Gratis di Jakarta

Dia juga menambahkan bahwa Komunitas Salihara bisa memberikan suguhan yang berkualitas di tengah banyak festival jaz di dalam negeri. Menurutnya, Salihara Jazz Buzz memperluas proses kuratorial untuk mencari grup yang dapat menawarkan warna baru, yang sesuai dengan tema melalui undangan terbuka yang dilakukan oleh Komunitas Salihara.

Dia menuturkan para grup yang akan terpilih dalam proses kuratorial akan mendapatkan bimbingan dalam 2-3 karya yang telah terpilih dan berkolaborasi dengan musisi senior yang diundang. “Tiap grup akan mendapatkan bimbingan oleh satu musisi senior,” katanya.

Tidak hanya itu, kata Tony, grup terpilih juga akan mendapatkan bantuan produksi maksimal Rp25 juta. Bantuan produksi tersebut, paparnya, disesuaikan dengan besaran ensambel. Selain bantuan produksi, Komunitas Salihara juga memberikan bantuan berupa fasilitas.

Dia menuturkan fasilitas itu antara lain ruang pentas, promosi dan publikasi acara, dokumentasi, dan akomodasi di Wisma Salihara.

Menurutnya, sejumlah syarat harus dipenuhi oleh calon pendaftar untuk menjadi bagian dari Salihara Jazz Buzz. Syarat-syarat itu adalah warga negara Indonesia dan belum berusia 35 tahun pada 31 Desember 2023.

Kemudian, menampilkan materi konser paling sedikit empat karya baru, termasuk aransemen atau komposisi ulang yang mengandung unsur kebaharuan. Adapun durasi konser maksimal adalah 70 menit dengan format grup mulai dari 2 sampai dengan 12 musisi.

Dia menuturkan musisi yang tertarik dapat mendaftarkan dirinya dengan mengikuti prosedur yang tertera di laman salihara.org.

Dia menambahkan bahwa Salihara Jazz Buzz adalah salah satu dari beberapa program unggulan Komunitas Salihara yang mendapatkan tanggapan dan perhatian besar dari publik. Salihara Jazz Buzz adalah sebuah festival jazz tahunan yang menampilkan pilihan genre, komposisi, dan presentasi konsep musik baru.

Untuk diketahui, pada tahun ini adalah perayaan perjalanan satu dekade festival Salihara Jazz Buzz. Sejak 2016, Salihara Jazz Buzz selalu mengusung ide besar Jazz Sans Frontières, sebuah gagasan dan konsep musikal “lintas-batas”.

Ide tersebut menjadikan Salihara Jazz Buzz sebagai salah satu acara yang diklaim paling diminati oleh pemirsa seni Komunitas Salihara. Undangan terbuka Jazz Buzz berawal dari 2019 dengan harapan ingin membuka kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh musisi muda tanah air untuk menambah warna dalam bermusik jazz.

Sejumlah musisi tanah air seperti Dewa Budjana, Tohpati, Indra Lesmana, Monita Tahalea, Sri Hanuraga, Tesla Manaf, dan sebagainya pernah menunjukkan penampilannya di ajang festival musik Salihara Jazz Buzz ini.

Baca juga: Vina Panduwinata Akan Menggelar Konser pada September 2022

Di Salihara Jazz Buzz 2022, Komunitas Salihara mengusung tema Next Sound, yang mengedepankan adaptasi, kreativitas dan tawaran akan kebaruan tentang situasi yang terjadi: realita tentang pandemi dan realita musik jazz yang selalu bisa melebur ke dalam genre-genre berevolusi.

Sebagai informasi, penutupan pendaftaran sampai dengan 25 September 2022.

Editor: Dika Irawan
 

SEBELUMNYA

Lucas NCT Unggah Foto Instagram Saat Hiatus, Ini Maknanya

BERIKUTNYA

Bunda, Ini Loh Pentingnya Pengembangan Empati Anak Sejak Dini

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: