Cloud computing atau komputasi awan merupakan mekanisme sekumpulan sumber daya teknologi informasi yang saling terhubung, baik infrastruktur maupun aplikasi. (Sumber gambar: Joshua Sortino/Unsplash)

UMKM Makin Cuan dengan Teknologi Cloud Computing

26 August 2022   |   18:52 WIB
Image
Gita Carla Hypeabis.id

Like
Kebutuhan akan teknologi cloud kini tidak hanya diperuntukkan untuk perusahaan besar. Pandemi yang hadir dua tahun belakangan ini sangat memengaruhi keuntungan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), sehingga dibutuhkan berbagai efisiensi.

Beberapa efisiensi dan penyesuaian perlu dilakukan UMKM diantaranya mengurangi beban usaha, penghematan di ongkos tenaga kerja, hingga biaya pemeliharaan peralatan. Karena itu, teknologi mengambil peran penting yang dapat membantu UMKM menganalisa dan memberikan strategi ke depannya.

Nah, disinilah teknologi cloud menjadi solusi bisnis untuk UMKM. Perlu diketahui, cloud computing atau komputasi awan adalah mekanisme sekumpulan sumber daya teknologi informasi yang saling terhubung, baik infrastruktur maupun aplikasi.

Baca juga: Omnichannel Jadi Aplikasi Alternatif Pelayanan Konsumen untuk UMKM

Untuk melayani kebutuhan ini, PT Era Awan Digital memperkenalkan Eranyacloud, sebuah cloud service provider yang bisa diandalkan, aman, dan simpel dengan dukungan penuh 24 jam setiap hari.

Layanan yang disediakan Eranyacloud antara lain adalah Public and Private Cloud, Cloud Backup Protect, Disaster Recovery, Virtual Security Operation Center (vSOC), Web Application Security (WAF), Email Collaboration, dan Managed Services dengan multi-cloud capability.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Eranyacloud (@eranyacloud)


“Eranyacloud merupakan full service cloud provider yang membantu perusahaan untuk mengelola seluruh infrastruktur IT mereka,” ungkap Shaanee  Harjani, Chief Executive Officer (CEO) Eranyacloud. Untuk memberikan solusi cloud infrastruktur yang terbaik bagi pelanggan, Eranyacloud menggunakan AMD EPYC™ prosessor.

Peter Chambers, Managing Director, Sales, AMD Asia Pacific & Japan menuturkan, prosesor AMD diciptakan dengan baik untuk memberikan nilai, keamanan, dan kinerja kelas dunia, yang memungkinkan pelanggan mencapai keunggulan kompetitif yang signifikan.

Tidak hanya itu, prosesor canggih tersebut didukung oleh all-flash storage yang 100% menggunakan storage berbasis NVMe, yang akan memberikan performa terbaik untuk beban kerja kritikal pada infrastruktur IT.

“Storage berbasis NVMe ini memungkinkan pengguna untuk memiliki kecepatan server hingga sepuluh kali (10x) lebih cepat dari storage biasa,” kata Fani Fatullah, Chief Technology Officer (CTO) Eranyacloud.

Eranyacloud memiliki dua lokasi data center di Indonesia dengan level Tier 4 dan Tier 3, yang menjamin uptime hingga 99,9% Service Level Agreement (SLA). Kedua zona yang tersedia tersebut memungkinkan penggunanya membangun skema Disaster Recovery. 

“Skemanya adalah untuk mereplikasi layanan aplikasi menjadi dua mesin fisik yang terpisah untuk meminimalkan dampak yang disebabkan oleh kegagalan suatu infrastruktur akibat bencana yang tidak terduga,” imbuh Fani.

Eranyacloud juga akan mendampingi pelanggan yang membutuhkan bantuan terkait kepatuhan regulasi infrastruktur IT yang berlaku, termasuk regulasi dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Bank Indonesia (BI).

Pendampingan ini menjadikan Eranyacloud sebagai partner infrastruktur IT yang dapat diandalkan dan layanan cloud computing yang bisa digunakan oleh semua level usaha, mulai dari Usaha Kecil Menengah (UKM) hingga Korporasi.

Lebih jauh, Eranyacloud juga berkomitmen untuk terus berinovasi, khususnya di layanan cloud computing. Menurut Shanee, pihaknya akan melakukan ekspansi atas layanan cloud solution dalam satu tahun ke depan.

"Tujuannya adalah membantu para pelanggan menjadi lebih tangkas dalam bisnis IT-nya dan kami memperoleh kredibilitas dari pelanggan Eranyacloud sebagai penyedia layanan cloud terkemuka di Indonesia," katanya.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Art Jakarta 2022 Resmi Dibuka, Ekosistem Seni Makin Menggeliat

BERIKUTNYA

9 Film Indonesia yang Tayang di Bioskop September 2022

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: