Suasana pembukaan Art Jakarta 2022 di JCC Senayan Jakarta (sumber gambar: Suselo Jati/Hypeabis.id)

Art Jakarta 2022 Resmi Dibuka, Ekosistem Seni Makin Menggeliat

26 August 2022   |   14:30 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Art Jakarta 2022 kembali dibuka pada hari ini, 26 Agustus 2022, di JCC, Senayan, sebagai pekan seni internasional setelah 2019. Ajang ini bisa dikatakan menjadi indikator bahwa ekosistem seni rupa di dalam negeri mulai mengalami pemulihan dan pasarnya bergeliat kembali.

Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan bahwa perhelatan kembali Art Jakarta 2022 adalah sinyal penting bagi pemulihan ekosistem seni rupa di Indonesia yang selama ini bergulat dengan kesulitan akibat pandemi Covid-19. 

"Ajang ini menunjukkan bahwa seni rupa memainkan peranan dan menjadi pelopor dalam upaya pemulihan nasional. Semoga pameran ini memantik kita semua untuk menggali inspirasi artistik bagi kehidupan yang lebih berkelanjutan," katanya saat pembukaan Art Jakarta 2022, Jumat, 26 Agustus 2022. 

Baca juga: Ragam Galeri hingga NFT, Berikut 4 Fakta Menarik Acara Art Jakarta 2022

Hilmar menjelaskan bahwa pandemi yang terjadi selama 2 tahun terakhir telah menimbulkan dampak besar terhadap ekosistem seni global. Situasi yang sulit itu, lanjutnya, telah mendorong banyak pelaku ekosistem seni untuk bereksperimen. 

Mulai dari pameran seni yang dihelat di platform media sosial, lanjutnya, hingga konser musik yang digelar dalam semesta video game. Menurutnya, pelaku seni dan semua pihak di ekosistem ini menemukan banyak terobosan baru dalam mengalami karya seni. 

Sementara itu, Head of Strategic Communications and Brand UOB Indonesia Maya Rizano berharap dapat membuka kesempatan yang lebih luas bagi generasi muda untuk memahami dan mengapresiasi seni dengan kolaborasi yang dilakukan antara UOB Indonesia dan Art Jakarta.

Kolaborasi antara Art Jakarta dan UOB Indonesia, paparnya, merupakan kolaborasi untuk yang kelima kali. Menurutnya, antara UOB Indonesia dan Art Jakarta sama-sama memiliki visi untuk terus mendukung ekosistem seni kontemporer demi menghidupkan komunitas seni. 

"Kami percaya bahwa seni adalah sarana ampuh yang dapat menciptakan ikatan antara individu dan masyarakat," katanya. 

Sementara itu, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Head of Division of MRA Media Mita Soedarjo, CEO MRA Group Maulana Indraguna Sutowo mengungkapkan bahwa Art Jakarta yang terselenggara pada tahun ini tidak hanya menjadi ajang yang memajukan dunia seni dan membuatnya menjadi berkelanjutan.

Art Jakarta, paparnya,  juga bisa menjadi penyembuh dan penguat bagi dunia yang sedang berusaha bangkit kembali. "Maju terus dunia seni Indonesia, berkarya terus senimannya, selamat pulih lebih cepat dan bangkit lebih kuat untuk semua," katanya. 

Dia menuturkan bahwa Art Jakarta beberapa tahun terakhir ini telah aktif dalam upaya mendukung kancah seni rupa terlepas berbagai tantangan pandemi. Pada akhir 2020 yang lalu, lanjutnya, Art Jakarta menghadirkan Art Jakarta Virtual, sebuah pengalaman seni rupa di tengah kenyamanan dan keamanan suasana rumah. 

Pada April 2022, paparnya, Art Jakarta memperkenalkan Art Jakarta Gardens yang diselenggarakan di ruang terbuka Hutan Kota by Plataran, Jakarta, untuk mengangkat karya patung dan instalasi di lingkungan taman, serta tenda khusus yang ditempati 20 booth galeri seni terkemuka di Indonesia guna memamerkan karya-karya seniman.

Baik Art Jakarta Virtual maupun Art Jakarta Gardens, lanjutnya, mendapatkan sambutan ramai dari para pemangku kepentingan maupun pengunjung umum. Kedua edisi ini ditujukan untuk menjadi katalis demi pemulihan lebih jauh kancah seni rupa Indonesia dalam waktu singkat.

Baca juga: 23 Galeri Internasional Hadir di Art Jakarta, Cek Profilnya

Enin Supriyanto, Direktur Artistik Art Jakarta, mengatakan seluruh pihak seperti seniman, kolektor, galeri, dan badan usaha bersemangat terlibat dan berperan dalam ajang ini. 

"Ini membangkitkan semangat kita bersama. Terbukti bahwa ekosistem seni rupa kita punya daya tahan dan cepat bergiat kembali. Semoga semangat ini juga sampai kepada pengunjung umum, saat mereka menikmati dan mengapresiasi beragam karya seni rupa yang tampil di Art Jakarta kali ini,” katanya.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Planet Ban Buka Kesempatan Franchise, Segini Nilai Investasinya

BERIKUTNYA

UMKM Makin Cuan dengan Teknologi Cloud Computing

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: