Sejumlah kuliner asal Turki sudah mendunia. (Sumber gambar: Unsplash/Engin Akyurt)

7 Nama Kuliner Turki yang Sudah Masuk KBBI

25 August 2022   |   21:37 WIB

Walaupun tidak seheboh drakor, drama Turki juga memiliki tempat di hati penggemarnya di Tanah Air. Demikian juga kuliner asal negara yang terletak di Asia dan Eropa tersebut. Kini, sejumlah nama kuliner asal Turki telah masuk di Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Dengan masuknya nama-nama kuliner Turki ini  di KBBI, dapat dimaknai makanan tersebut sudah dikenal oleh sebagian masyarakat. Contohnya kebab, makanan ini kini dengan mudah ditemukan sampai dengan pelosok Tanah Air.

Berikut nama-nama kuliner khas Turki yang sudah diserap menjadi Bahasa Indonesia.


1. Dolma

Dolma, makanan unik berisi sayuran (Sumber gambar: Pexels/Eat Kubba)

Dolma, makanan unik berisi sayuran (Sumber gambar: Pexels/Eat Kubba)


Dolma merupakan olahan sayuran khas Turki. Penyajiannya cukup unik, yaitu aneka sayuran dibungkus daun dan kemudian dikukus. Dolma berisi aneka sayur seperti terong, paprika, tomat, kol, daun anggur, dan kemudian ditambahkan daging cincang. Berbagai bahan ini kemudian dibungkus daun dan dikukus hingga matang.


2. Simit

Simit, banyak yang menyebut sebagai donat Turki (Unsplash/Kim Ick)

Simit, banyak yang menyebut sebagai donat Turki (Unsplash/Kim Ick)


Simit merupakan roti khas Turki yang bentuknya mirip dengan donat tetapi dengan ukuran yang lebih besar. Bahkan beberapa orang menyebut donat Turki. Lubang bagian tengahnya diisi berbagai topping seperti keju, sosis, biji wijen. Teksturnya lebih keras dibandingkan dengan donat Eropa.

Simit salah satu makanan yang legendaris, karena konon Simit pertama kali diciptakan pada abad ke-16. Makanan ini biasanya dimakan sebagai camilan pada saat musim dingin di negara itu.
 

3. Dondurma

Dondurma, es krim ala Turki (Unspalsh/Roxanne Desgagnes)

Dondurma, es krim ala Turki (Unspalsh/Roxanne Desgagnes)

Penggemar es layak mencoba dondurma, es krim khas Turki. Dondurma terbuat dari susu, gula, mastic [bahan pengenyal yang berasal dari getah tumbuhan, dan salep (yaitu bahan pengental yang berasal dari tepung akar anggrek ungu muda).

Penggunaan salep dan mastic pada minuman khas Turki ini membuat teksturnya menjadi lebih pekat dan lengket seperti permen karet. Mengenai rasanya, es krim ini tetap manis dan enak.

Di negara asalnya, dondurma banyak dijual di kios-kios atau gerobak kaki lima di pinggiran jalan atau depan ruko. Para penjual dondurma biasanya menjajakan es krim dengan pakaian khusus yang mirip dengan Aladin yang memakai rompi dan peci khas Turki.

Untuk mengaduk es krimnya, para penjual biasanya menggunakan tongkat panjang yang juga dipakai untuk menciduk es krim. Selain itu para penjualnya juga tak jarang menunjukkan atraksi-atraksi dengan tongkat esnya.


4. Kofte

Kofte menyebar ke Eropa Barat (Sumber gambar: Pexels/Engin Akyurt)

Kofte menyebar dibawa oleh imigran Turki. (Sumber gambar: Pexels/Engin Akyurt)

Kofte merupakan makan utama, sering disajikan dengan nasi. Kofte terbuat dari daging (campuran daging ayam, sapi atau kambing) yang digiling atau dicincang, dan dibumbui dengan rempah.  Daging olahan ini bisa direbus, dipanggang atau digoreng. Penyajian kofte biasa dilakukan bersama saus dip yang juga berasal dari Turki.

Kuliner Turki ini terkenal dan menyebar ke berbagai negara terutama ke Eropa Barat dan Belanda yang dibawa oleh imigran dari Turki. Kofte memiliki banyak penggemar dan juga telah menyebar ke banyak negara.


5. Manti

Manti, makanan seperti dimsum. (Sumber gambar: Unsplash/Tamara Malaniy)

Manti, makanan seperti dimsum. (Sumber gambar: Unsplash/Tamara Malaniy)


Manti adalah makanan seperti pangsit. Isinya terbuat dari daging sapi atau kambing, dibungkus dengan adonan seperti pangsit. Selanjutnya digoreng ataupun direbus. Menikmati manti biasanya ditambah dengan siraman saus yang terbuat dari yoghurt.


6. Kebab

Kebab Turki sudah dikenal di Tanah Air (Sumber gambar: Unsplash/Francisco de Legarreta)

Kebab Turki sudah dikenal di Tanah Air (Sumber gambar: Unsplash/Francisco de Legarreta)


Kuliner Turki ini sudah populer di Indonesia. Kebab adalah irisan daging kambing atau sapi yang dipanggang di tiang panggangan berputar. Daging itu kemudian digulung ke roti pita yang gurih. Dengan tambahan isian selada, tomat, bawang bombai, sambal, jamur, dan selada.


7. Baklava

Baklava (Sumber gambar: Pexels/Lisa Fotios)

Baklava (Sumber gambar: Pexels/Lisa Fotios)

Makanan khas Turki ini berupa roti pastry manis lapis kacang. Untuk menambah rasa lezat, biasanya disajikan dengan madu dan sirup. Baklava juga merupakan salah satu makanan legendaris Turki karena sudah menjadi santapan warga negara tersebut sejak Kerajaan Ottoman.Terbukti dari penemuan resep dari abad ke-14 di Tiongkok. Pada saat itu baklava disebut dengan gullach.

Editor: M R Purboyo



 

SEBELUMNYA

Film Aquaman 2 dan Shazam! 2 Alami Penundaan Penayangan pada 2023

BERIKUTNYA

Ilmuwan Cemas Ada Bintik Matahari Sebesar Bumi, Ini Dampaknya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: