Para desainer interior dalam kolektif ID 12 (Sumber gambar: Tim Muara Bagdja)

The Colours of Indonesia Chapter V Bakal Hadirkan Pameran Desain Interior Modern & Klasik

25 August 2022   |   00:00 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setelah absen selama 2 tahun, pameran desain interior The Colours of Indonesia (TCOI) akan kembali digelar. Agenda pameran dua tahunan itu akan kembali menampilkan suguhan inspirasi dan referensi desain interior dari 12 desainer interior yang tergabung dalam kolektif ID 12. 

Mereka adalah Agam Riadi, Anita Boentarman, Ary Juwono, Eko Priharseno, Joke Roos, Prasetio Budhi, Reza Wahyudi, Roland Adam, Sammy Hendramianto, Shirley Gouw, Vivianne Faye, dan Yuni Jie.

Tahun ini, pameran yang digelar sejak 2014 itu diberi judul TCOI Chapter V. Sebagai informasi, TCOI terakhir kali seharusnya terselenggara pada 2020 untuk keempat kalinya. Namun, karena pandemi, pameran tersebut terpaksa harus ditunda dan kembali dilaksanakan pada tahun ini, sekaligus melompati edisi keempat menjadi edisi kelima pameran.
 


Dalam pameran TCOI Chapter V, para desainer interior akan menghadirkan tema rumah sebagai respons desain pasca pandemi. Menurut desainer interior Eko Priharseno, selama pandemi Covid-19, rumah seolah menjadi 'benteng' pertahanan terakhir ketika orang-orang tidak bisa leluasa beraktivitas di luar rumah. 

Berangkat dari hal itu, akhirnya dia dan tim ID 12 sepakat bahwa dalam pameran TCOI Chapter V, mereka lebih mengeksplorasi desain interior dari ruangan-ruangan dalam rumah, khususnya pada hunian modern.

"Kami jadikan rumah ini sebagai sesuatu yang kami ekspos dan rayakan, bahwa tahun ini juara residensialnya adalah rumah. Kita selamat dari pandemi ini karena kita tinggal di rumah," katanya saat konferensi pers di Senayan City, baru-baru ini.
 


Dalam penyajiannya, pameran TCOI Chapter V nantinya akan terbagi menjadi dua sub tema yakni modern dan klasik. Kedua tema tersebut diambil sesuai dengan kecenderungan gaya desain masing-masing desainer interior yang mereka geluti selama ini.

Desainer interior sekaligus Ketua ID 12, Ary Juwono, menuturkan tema tersebut nantinya akan diwujudkan dalam berbagai inspirasi desain interior sesuai dengan respon para desainer pasca pandemi. "Kalau temanya itu sebenarnya personal spirit. Jadi, bagaimana mereka merespon desain, dan kami menggambarkannya dengan selera pribadi para desainer," tuturnya.

Dengan adanya pameran ini, Ary pun berharap bahwa para pengunjung bisa mendapatkan inspirasi terlebih mulai memberanikan diri untuk berekspresi dalam pemilihan desain interior untuk hunian. Sebab, menurutnya, peran desain interior dalam rumah cukup penting lantaran dinikmati oleh para penghuningnya sehari-hari.

Pameran TCOI Chapter V sendiri akan digelar pada 20-30 September 2022 di Atrium Utama Lantai 1, Senayan City, Jakarta. Untuk mengunjungi pameran ini, pengunjung harus terlebih dahulu melakukan reservasi melalui situs www.tcoi.id untuk mendapatkan tiket berbentuk QR Code. Adapun, pameran ini bisa dinikmati pengunjung secara gratis.

Sedikit kilas balik, gelaran TCOI III pada 2018 lalu mengusung tema Maison 12: Designers Suite Apartment. Tema tersebut diangkat seiring dengan pertumbuhan vertical living yang cukup pesat di Indonesia, khususnya Jakarta. Pada kesempatan itu, para desainer ID 12 mamerkan konsep modern living kepada publik.

Dalam pameran itu, dua belas desainer bekerja sama untuk mendesain galeri pemasaran, show unit dengan tiga, dua, dan satu kamar tidur dengan suasana hidup yang out of the box atau yang tidak biasa, elegan, eksklusif, namun nyaman untuk ditinggali.



Editor: Roni Yunianto


 

SEBELUMNYA

BMW Indonesia Bekerja Sama dengan Art Jakarta Sediakan VIP Mobility Partner

BERIKUTNYA

Flavs Festival 2022 Siap Digelar, Cek Daftar Lineup Finalnya!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: