Film Hafalan Shalat Delisa (Sumber gambar: IMDb)

Tak Hanya Sayap-Sayap Patah, Ini 4 Film Tragedi yang Diangkat dari Kisah Nyata

23 August 2022   |   18:29 WIB
Image
Indah Permata Hati Jurnalis Hypeabis.id

Like
Film merupakan salah satu karya seni berbentuk gambar hidup yang ditampilkan dengan tujuan menyampaikan pesan kepada penontonnya. Melalui film, sutradara hingga penulis dapat menyampaikan kemasan cerita menarik mengenai suatu hal.

Sebuah film yang dibuat membutuhkan proses yang panjang, termasuk pencarian ide naskah hingga genre yang akan digarap. Dewasa ini, tak sedikit film Indonesia dana luar negeri yang terinspirasi dari kisah nyata.

Biasanya, film-film yang diadaptasi dari kisah nyata memiliki genre tragedi berupa peristiwa penembakan, bencana alam, dan penyanderaan.

Bioskop baru saja diramaikan dengan film Sayap-Sayap Patah yang ikut diadaptasi dari tragedi di Mako Brimbob 2018 lalu, ternyata ada banyak film tragedi  yang turut diambil dari kisah nyata lainnya. Apa saja? Yuk simak!

Baca juga5 Fakta Menarik Film Sayap-Sayap Patah, Kisah Nyata Perjuangan Anggota Densus 88
 

1. Hafalan Shalat Delisa (2011)

 

Film Hafalan Shalat Delisa mengangkat kisah seorang anak yang harus menghadapi kenyataan atas kehilangan keluarganya akibat peristiwa tsunami. Film ini mengambil latar belakang tragedi naas tsunami Aceh pada 26 Desember 2004 lalu.

Baca jugaViral di TikTok, Simak Sinopsis Film dari Kisah Nyata 'Ayla The Daughter of War'

Menyajikan kisah dengan lengkap, sosok Delisa digambarkan berjuang untuk hidup setelah diselamatkan oleh seorang prajurit. Karya sutradara Sony Gaokasak ini berhasil meraup 650 ribu penonton pada tahun penayangannya.
 

2. Hidden In The Woods (2012)

Film Hidden In The Woods menceritakan kisah nyata mencekamnya sebuah keluarga yang terjaring kasus narkoba. Patricio Valladares selaku sutradara film ini ingin memberikan sajian film yang menegangkan dengan aksi tembak menembak.

Berkisah tentang seorang anak perempuan yang melaporkan ayahnya yang merupakan bandar narkoba. Kisah berlanjut ketika seorang paman mendatangi sang anak perempuan ketika ayahnya harus masuk penjara. Keseruan film berdurasi 88 menit turut dibintangi oleh Michael Biehn, Jennifer Blanc, William Forsythe, dan lainnya.
 

3. Hotel Mumbai (2018)

Mengambil latar belakang kisah penembakan, film Hotel Mumbai menceritakan kisah terror di sebuah Kawasan hotel pada tahun 2008. Film ini mengisahkan tewasnya puluhan korban akibat serangan teroris Pakistan.

Film yang disutradarai oleh Anthony Maras ini menyajikan suasana mencekam saat staf hotel berjuang menjaga situasi tetap aman dibawah serangan teroris.

Penuh ketegangan, film berdurasi 123 menit ini menawarkan atmosfer mencekam yang disajikan dalam layar.
 

4. Kursk (2018)

 

Kursk mengadaptasi kisah nyata dari tragedi tenggelamnya kapal selam Rusia pada Agustus 2000 yang bernama kapal Barentz. Kursk menyajikan ketegangan saat para awak kapal berjuang mengatasi masalah torpedo kapal selam yang rusak.

Rusaknya torpedo kapal selam menyebabkan ledakan yang menewaskan banyak awak kapal. Namun, beberapa dari mereka dinyatakan selamat dan bertahan ditengah kesulitan.

Film yang disutradari Thomas Vinterberg ini mengisahkan perjuangan pelaut yang tersisa untuk selamat mencapai daratan.

Genhype, itulah beberapa film tragedi yang diadaptasi dari kisah nyata. Tertarik menonton?

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News) 

Editor : Gita Carla

SEBELUMNYA

Lakukan 7 Langkah Keuangan Ini Sebelum Kalian Berusia 30 Tahun

BERIKUTNYA

Peran Bapak Enggak Lagi Cuma Cari Nafkah, Tetapi Juga Mesti Paham Parenting

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: