Mid Year Meeting IFC 2021 Inauguration Show (Dok. Indoonesian Fashion Chamber)

IFC Perkuat Program Pemasaran Digital, Industri Keberlanjutan & Kolaborasi Fesyen

22 June 2021   |   19:32 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Pekan lalu, kegiatan tahunan Mid Year Meeting 2021 diselenggarakan oleh Indonesian Fashion Chamber (IFC) pada 17-20 Juni 2021 dengan dihadiri oleh anggota IFC dari seluruh Chapter di Indonesia.

Di antara rangkaian acara rapat kerja nasional tahunan, IFC mengangkat tiga isu krusial terkait dengan industri fesyen Indonesia.

National Chairman IFC Ali Charisma mengungkapkan bahwa selain menggiatkan program dan kegiatan yang sudah atau akan dilakukan, organisasi yang dia pimpin juga akan bergerak lebih aktif dalam peningkatan inovasi, kreativitas dan sektor bisnis anggota sebagai upaya mengembangkan ekosistem industri fesyen di tanah air.

Program dan kegiatan IFC mendatang akan ditekankan dan diperkuat pada tiga hal utama, yaitu Digital Marketing, Sustainable Fashion, dan Collaboration,” ujar Ali melalui siaran pers.
 

Mid Year Meeting IFC 2021 (Dok. Indoonesian Fashion Chamber)

Mid Year Meeting IFC 2021 (Dok. Indoonesian Fashion Chamber)


Digital marketing untuk keperluan branding dan memasarkan produk secara digital kini menjadi suatu keharusan bagi pelaku usaha fesyen guna meningkatkan daya saing di era pandemi dan digitalisasi.

Adapun IFC memfasilitasi anggota dengan program edukasi terkait straregi pemasaran digital.

Sementara itu, program untuk mendukung industri yang lebih berkelanjutan dilaksanakan dengan memperkenalkan konsep Zero Waste yang diterapkan oleh 78 anggota IFC melalui pemanfaatan limbah untuk diolah kembali menjadi aksesori.

Sampah-sampah tersebut digabungkan material lain menjadi aksesori sehingga memiliki nilai pakai dan jual. Kemudian, hasil kreasi tersebut disurvei kepada turis baik lokal maupun asing untuk mengetahui apakah mereka mau memakai dan membeli aksesori tersebut.

Kegiatan ini diharapkan dapat melahirkan pemikiran bahwa sampah sekalipun dapat dimanfaatkan agar bernilai komersil. Selain itu, dapat meningkatkan kesadaran anggota IFC untuk mengurangi sampah dan limbah serta membantu menyelesaikan masalah lingkungan.

"Pada Mid Year Meeting IFC tahun ini, anggota IFC ditantang bukan hanya mempersiapkan program secara konsep, namun juga mampu mewujudkan karya yang nyata," ungkap Ali.

Seluruh Chapter IFC di Indonesia ditugaskan pula untuk membuat koleksi dari bahan
natural, baik katun maupun viscose dan dipadupadankan dengan aksesori dari olahan sampah untuk dipresentasikan dengan konsep trunk show dan Flash Mob di pantai Bali yang menarik perhatian publik.

Konsep kolaborasi turut menjadi perhatian penting pelaku usaha fesyen.

Dengan kegiatan Mid Year Meeting IFC 2021 ini, para anggota dari seluruh Chapter IFC di Indonesia dapat saling mengenal, berinteraksi, dan bekerja sama untuk mengembangkan bisnisnya. 

Kolaborasi yang terjalin di antara anggota IFC ini harapannya dapat diperluas dengan pelaku industri fesyen lainnya, seperti tekstil dan aksesori, bahkan sektor industri lain seperti musik, film, dan kuliner.

Sebagai penutup acara Mid Year Meeting IFC 2021 digelar pelantikan 15 anggota baru IFC yang berkesempatan hadir, dari total 20 anggota yang baru bergabung dengan IFC, yaitu Rinee Reo, Tieka Huza, Oewi Wahyono, Qonita Gholib, Opie Ovie, dan Vielga dari Jakarta Chapter; Ofie Laim dari Bandung Chapter; Muhammad Bilal dari Nomaden Palembang; Arinda dan Nadiah Sammach dari Surabaya Chapter; Tia Hidayat dari Makassar Chapter; Eva dari Malang Chapter; Thiffa Qaisty, Renni Herond, dan Linatri Sutikno dari Pekanbaru Chapter.

Mid Year Meeting IFC 2021 dilanjutkan dengan Inauguration Show yang menampilkan karya dari 15 desainer anggota IFC yang baru dilantik serta koleksi dari guest designers yaitu Weda Githa, Lia Mustafa, Agus Sunandar, Dwi Iskandar, dan Gingersnapbali.


Editor: Indyah Sutriningrum
 

SEBELUMNYA

Wah! Album Your Choice SEVENTEEN Terjual Sebanyak 1,14 Juta Kopi

BERIKUTNYA

Rilis Single Terbaru, Ini Cerita Dari Rey Mbayang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: