Ilustrasi workout di rumah (Sumber gambar: Elina Fairytale/Pexels)

8 Rekomendasi Gerakan Workout di Rumah, Mudah & Tanpa Alat!

10 August 2022   |   07:57 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Olahraga merupakan salah satu faktor penting untuk menjaga tubuh tetap fit dan ideal serta membentuk imun yang kuat meski di rumah saja. Sejak pandemi, banyak orang yang rutin berolahraga dari rumah sehingga tidak perlu ke tempat olahraga seperti gym.

Meski di rumah saja dan tidak dipandu seorang instruktur, kalian tidak perlu bingung karena bisa tetap berolahraga dengan melakukan gerakan-gerakan workout yang sederhana di rumah. Jika dilakukan secara benar dan konsisten, maka workout di rumah pun akan sama efektifnya dengan olahraga di gym.

Bagi pemula, workout umumnya dilakukan selama 15 menit. Melakukan workout di rumah dapat membuat kalian menghemat waktu dan biaya. Gerakan-gerakan yang dilakukan pun tidaklah sulit, namun pastikan kalian memiliki ruang yang cukup untuk latihan.

erikut adalah delapan gerakan workout di rumah yang bisa kalian lakukan seperti dilansir dari Healthline dan Verywell Fit.

Baca juga: 4 Kegiatan Seru di Sejauh Rumah Kita, Tempat Belajar Gaya Hidup Slow Living
 

1. Bridge

Gerakan bridge dilakukan pada posisi berbaring terlentang dengan kedua lutut ditekuk. Pastikan telapak kaki menapak pada lantai dan lengan berada di samping tubuh. Selanjutnya, angkatlah bokong dan paha dengan menumpu pada kaki dan punggung. Lalu, turunkan kembali dan ulangi gerakan tersebut beberapa kali.


2. Squat

Squat menjadi gerakan workout di rumah yang banyak dilakukan. Kalian hanya perlu berada pada posisi berdiri dengan jarak kaki selebar bahu dan lengan lurus ke depan. Kemudian, dorong bokong ke bawah hingga kedua lutut menekuk seolah-olah sedang duduk di kursi.

Kembalilah pada posisi awal, dan ulangi gerakan tersebut beberapa kali. Melakukan gerakan ini memungkinkan otot-otot utama di tubuh bagian bawah bekerja.
 


3. Push-up

Letakkan kedua telapak tangan dan jari-jari kaki pada lantai guna menopang tubuh sehingga membentuk garis lurus dari kepala hingga kaki. Selanjutnya, tekuklah siku untuk menurunkan tubuh ke lantai lalu dorong kembali ke atas.

Ulangi gerakan ini beberapa kali, namun jika merasa sulit maka kalian dapat melakukan gerakan push-up dengan lutut yang juga menempel pada lantai sehingga membuat tubuh lebih mudah terangkat. Pastikan gerakan push-up yang dilakukan tidak goyah, gemetaran maupun jatuh berulang kali.


4. Stationary Lunge

Dalam melakukan gerakan workout ini, kalian harus berdiri dengan kaki kanan berada di depan. Pastikan telapak kaki kanan menapak pada lantai, sementara jari-jari kaki kiri menyentuh lantai (jinjit).

Kemudian, tekuklah kedua lutut hingga lutut kiri menyentuh lantai, sementara lutut kanan sejajar dengan paha. Lalu, angkat kembali tubuh pada posisi awal dan ulangi gerakan itu dengan sisi kaki yang berbeda.
 


5. Forearm Plank

Posisikan diri kalian melakukan plank di mana kedua lengan dan kedua jari-jari kaki menempel pada lantai untuk menopang tubuh. Tubuh pun harus membentuk garis lurus dari kepala hingga kaki. Selanjutnya, tekuk kedua lutut hingga menyentuh lantai, namun pastikan punggung bagian bawah dan pinggul tidak turun. Tahan posisi tersebut selama 30 detik sampai 1 menit, dan ulangi beberapa kali.


6. Dead Bug

Jika ingin melakukan dead bug, berbaringlah dengan posisi terlentang. Kemudian, tekuk kedua lutut menggantung dan lengan lurus ke atas. Dalam gerakan terkoordinasi, rentangkan kaki kiri dan jatuhkan lengan kanan ke samping kepala. Selanjutnya, kembali pada posisi semula dan ulangi gerakan tersebut dengan kaki serta lengan yang berlawanan.
 


7. Wall Squats

Berdirilah dengan punggung bersandar pada dinding. Lalu, turunkan tubuh seolah-olah berada dalam posisi duduk sehingga kedua lutut menekuk. Tahan posisi tersebut selama 20-30 detik, jangan gemetar maupun goyah. Setelah merasa cukup kuat melakukannya, kalian dapat menahan posisi tersebut selama 1 menit.


8. Hollow Hold to Jackknife

Untuk melakukan gerakan ini, berbaringlah dengan posisi terlentang dan rentangkan tangan di atas kepala. Kemudian, angkat kaki dan tubuh bagian atas dari lantai seperti akan melipat.

Ketika tubuh semakin terangkat, maka kedua lengan pun seakan meraih jari-jari kaki. Jika telah bertumpu pada tengah tubuh, kembalilah pada posisi semula dan ulangi semampu kalian.

(Baca artikel Hypeabis.id lainnya di Google News)

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

4 Kegiatan Seru di Sejauh Rumah Kita, Tempat Belajar Gaya Hidup Slow Living

BERIKUTNYA

Canggih, Indonesia Ternyata Punya 4 Kawasan Sains dan Teknologi Nasional

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: