Film Pengabdi Setan 2: Communion akan mulai tayang 4 Agustus 2022 di layar bioskop di seluruh Indonesia (sumber gambar: Rapi Films)

Mari Berkenalan Dengan Teknologi IMAX yang Digunakan Film Pengabdi Setan 2: Communion

30 July 2022   |   16:35 WIB

Film Pengabdi Setan 2: Communion menggunakan teknologi IMAX pada penayangannya, 30 Juli 2022. Penggunaan teknologi ini membuat film arahan sutradara Joko Anwar menjadi yang pertama dari Indonesia dan Asia Tenggara yang telah menjalani proses digital remastering (DMR) dengan teknologi tersebut. Lantas, seperti apa teknologi IMAX?

Dilansir dari laman IMAX.com, teknologi ini adalah inovasi yang membuat film memiliki kejelasan, kedetailan, dan ukuran yang diklaim menjadi lebih dari sekedar film pada umumnya. Proses remastering atau DMR sepenuhnya mengubah setiap bingkai film. “Untuk menghasilkan versi terbaik dari visi pembuat film,” demikian tertulis dalam laman tersebut.

Dua proyektor, masih dalam laman yang sama, berjalan secara bersamaan untuk memberikan gambar yang diklaim sempurna dengan keseimbangan, kehangatan, dan ketajaman. IMAX, menarik penonton ke dalam sesuatu yang sedekat mungkin dengan kenyataan.

Baca juga: Film Pengabdi Setan 2 Jadi Horor Paling Seram dengan Sihir IMAX

Dari sisi suara atau audio, laman ini menyebutkan, teknologi IMAX dapat memberikan pengalaman optimal kepada para penonton film di bioksop. Bukan tanpa sebab, penonton akan mendengar suara atau audio dalam film dengan detail.

Tidak hanya itu,  teknologi suara next-generation precision sound dalam teknologi IMAX juga akan membuat audio tersebar dengan merata di seluruh sudut ruang. Kondisi tersebut dapat membuat para penikmat film mendengarkan suara yang lebih tajam dan dalam.

Jumlah bioskop IMAX di seluruh dunia, masih dalam laman yang sama, mencapai lebih dari 500 bioskop dan tersebar di lebih dari 48 negara.

Saat ini, dalam laman IMAX.com, film yang menggunakan teknologi dari IMAX adalah Nope, Thor: Love and Thunder, Minions: The Rise of Gru, Lightyear, Jurassic World Dominion, dan Top Gun: Maverick, dan sebagainya.

Sementara film yang akan datang, yang menggunakan teknologi IMAX antara lain Bullet Train, E.T. The Extra-Terrestrial, Dragon Ball Super: Super Hero, Jaws, Halloween Ends, Black Adam, dan Avatar: The Way of Water.
 

Bioskop

Saat ini, film Pengabdi Setan 2: Communion tersedia secara terbatas di seluruh studio IMAX di Cinema XXI pada Sabtu, 30 Juli 2022. Adapun daftar studio IMAX yang akan menghadirkan special screening show tersebut antara lain Gandaria City IMAX, Jakarta.

Kemudian, Kelapa Gading IMAX, Jakarta; Summarecon Mall Serpong IMAX, Tangerang; The Breeze IMAX, Tangerang; Summarecon Mall Bekasi IMAX, Bekasi; AEON Mall Sentul City IMAX, Bogor; Tunjungan 5 IMAX, Surabaya; Pakuwon IMAX, Surabaya; dan Delipark IMAX, Medan.

Film Pengabdi Setan 2: Communion akan mulai tayang 4 Agustus 2022 di layar bioskop di seluruh Indonesia. Sutradara Joko Anwar ingin memberikan yang lebih kepada penonton selain menghadirkan keseruan.

“Dengan pengalaman sinematik yang lebih nyata, pecinta film dapat memasuki dunia ‘Pengabdi Setan 2: Communion’ untuk merasakan thrill and ride yang lebih mendebarkan,” katanya.

Dilansir dari laman 21cineplex.com, bentuk layar IMAX dibuat selebar 20 x 11 meter dengan bentuk melingkar menguasai seluruh sudut pandangan mata penonton saat menontonm sehingga memastikan individu benar-benar berada dalam film.
 

Tarif tiket

Tarif tiket bioskop dengan teknologi IMAX memiliki perbedaan dengan tarif bioskop tanpa teknologi IMAX. Di Gandaria City, Jakarta, sebagai contoh. Bioskop dengan teknologi IMAX memiliki tarif Rp60.000 dari Senin sampai dengan Kamis.

Baca juga: Incantation hingga Pengabdi Setan, Waspada Dampak Negatif Film Horor

Sementara pada Jumat dan Sabtu/Minggu/ libur masing-masing memiliki tarif tiket masuk sebesar Rp70.000 dan Rp85.000. Adapun bioskop tanpa teknologi IMAX memiliki tarif tiket masuk sebesar Rp50.000 pada Senin – Kamis, tarif pada Jumat Rp60.000, dan Sabtu, Minggu, atau hari libur sebesar Rp75.000.

 
SEBELUMNYA

Seni Ketoprak Harus Lentur Menghadapi Zaman

BERIKUTNYA

Cara Meningkatkan Kebiasaan Literasi Anak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: