BTS (kiri atas), TWICE, T-ARA, INFINITE. (Sumber gambar: HYBE, JYP Entertainment, MBK Entertainment, Woollim Entertainment)

Ini Deretan Artis K-pop dengan Biaya Produksi Video Klip Termahal

27 July 2022   |   13:49 WIB

Like
Salah satu bentuk promosi yang vital dalam industri musik K-pop adalah video klip, di mana video ini identik dengan berbagai elemen. Umumnya, video klip K-pop memiliki cerita atau narasi konsep grup atau album, elemen grafis dalam penyuntingan, sampai pada aspek estetika dari latar tempat dan pakaian yang disesuaikan dengan lagu.

Dalam video milik AYO di kanal YouTube-nya, sutradara video klip K-pop Kim Ji-hwan and direktur artistik Song Na-ra menceritakan bahwa setidaknya sebuah video klip dari agensi besar bisa memiliki bujet lebih dari KRW100 juta. Song menjelaskan hal ini dipengaruhi oleh banyaknya anggota dalam sebuah grup K-pop, peralatan syuting, truk kostum, sampai truk makanan dan toilet portabel. 

Mulai dari video klip yang diproduksi serupa dengan film sampai video klip dengan biaya kostum dan penggunaan efek grafis yang fantastis, yuk cek beberapa video klip yang paling mahal dalam industri musik K-pop. 

Baca Juga : BLACKPINK Siap Comeback dengan Video Klip Termahal 

 

1. B.A.P


Boy group yang debut pada 2012-2019 ini memiliki satu video klip termahal yang pernah diproduksi selama tujuh tahun berkarier, yaitu One Shot yang berdurasi 6 menit 55 detik. Dengan narasi yang melibatkan penjahat dan polisi ini, video klip produksi ZANYBROS yang rilis pada Februari 2013 itu telah memakan biaya sebesar US$900.000 sampai US$950.000 pada saat itu.
 

2. T-ARA


Masih dengan elemen drama kriminal, dua video klip terpanjang dari girl group yang berusia 10 tahun itu memiliki bujet produksi terbesar dengan hadirnya beberapa versi video dan narasi yang menyerupai film pendek. Video klip untuk lagu Lovey Dovey yang berdurasi 20 menit 32 detik dan Cry Cry dengan durasi 15 menit 49 detik itu diestimasi memiliki nilai produksi sebesar US$1 juta pada 2011-2012.
 

3. BTS


Meski tidak banyak rincian terkait dengan video klip BTS mana saja yang mahal, agensi BIGHIT Entertainment atau yang kini dikenal dengan nama HYBE juga dikenal sebagai salah satu agensi yang mengeluarkan biaya produksi yang cukup besar. Beberapa hal yang bisa jadi pengaruh adalah kostum, lokasi syuting di luar negeri, hingga desain set dan konsep yang jarang digunakan berulang-ulang.
 

4. MAMAMOO


Dikenal dengan ragam video klip yang elegan, MAMAMOO memiliki video klip dengan biaya termahal untuk lagu mereka berjudul Decalcomanie. Rilis pada 2016, video klip ini memiliki biaya yang cukup besar dengan nominal US$300.000 karena penggunaan latar tempat yang glamor dan aktor utama.
 

5. AOA


Serupa dengan MAMAMOO, video klip Like a Cat menjadi salah satu yang paling mahal bagi girl group pelantun Good Luck tersebut. Selain karena latar tempat yang glamor ditambah dengan properti untuk mendukung konsep mata-mata, video klip ini juga menggunakan dua aktor Barat dengan estimasi lebih dari US$250.000 pada 2015.
 

6. NCT


Boy group induk yang debut sejak 2016 itu juga menjadi salah satu artis dalam SM Entertainment yang memiliki biaya produksi video klip yang besar. Selain karena penggunaan aktor yang beragam hingga latar tempat di luar negeri, NCT juga kerap kali menggunakan pakaian dari merek rumah mode mahal seperti CELINE dan Balenciaga serta efek grafis yang cukup banyak seperti pada video klip Boss (NCT U) dan Regular (NCT 127).
 

7. EXO


Debut pada 2012, boy group yang mengenalkan konsep planet dan unsur futuristik ini memiliki video klip termahal untuk lagu MAMA. Dengan estimasi US$270.000, video klip ini diduga memiliki biaya besar karena latar tempat atau lokasi syuting yang bervariasi serta penggunaan efek grafis yang besar. Hal ini digunakan sebagai cara membawakan kisah Planet EXO dan kekuatan super para anggotanya dalam dua versi.
 

8. BIGBANG


Boy group yang kini beranggotakan empat orang itu dikenal dengan estetika produksi video klip yang cukup mewah dan penggunaan teknologi yang teranyar. Salah satunya adalah LOVE SONG yang rilis pada 2011 dengan biaya produksi sebesar US$200.000 karena penggunaan latar tempat yang dibuat serupa dengan landasan pacu bandara.
 

9. 2NE1


Salah satu girl group terpopuler pada 2000an akhir sampai pertengahan 2010an ini dikenal dengan beberapa latar video klip dan properti yang fantastis. Untuk video klip Come Back Home, latar distopia di masa depan, pakaian dari merek luar negeri yang sedang populer seperti HBA, hingga penggunaan efek grafis yang besar membuat video klip garapan sutradara Dee Shin ini diklaim sebagai salah satu yang paling mahal dengan total lebih dari US$500.000 pada 2014.
 

10. INFINITE


Grup dengan enam orang anggota ini memiliki satu video klip termahal yang pernah diproduksi bersama ZANYBROS, yaitu Destiny dengan total investasi sekitar US$890.000 dengan standar blockbuster ala Hollywood. Alasan produksi yang mahal diduga karena lokasi syuting di Universal Studios dan 4-5 lokasi lain di kawasan Los Angeles, Amerika Serikat serta memiliki beberapa versi, meski salah satu di antaranya batal tayang.
 

11. Gangkiz


Girl group satu agensi T-ARA saat bersama MBK Entertainment/Core Contens Media sempat memiliki proyek debut yang besar dengan video klip Honey Honey yang dibuat menyerupai serial web. Hadir dengan tujuh bagian, video klip ini diklaim sebagai yang paling mahal dengan total sekitar US$900.000. Video ini diklaim memiliki versi yang lebih baik dibandingkan video klip T-ARA untuk Roly Poly dan Lovey Dovey sebelum akhirnya bubar pada 2014 tanpa adanya penjelasan dari agensi.

Selain beberapa grup tersebut, beberapa grup yang dikenal dengan bujet produksi yang mahal adalah TWICE dengan set yang glamor dan penyuntingan pasca produksi yang besar dan SuperM dengan latar dan properti yang megah.

Editor : Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Begini 5 Cara Aman dan Cepat Menurunkan Kolesterol Tinggi

BERIKUTNYA

4 Tips Desain Ruang Keluarga Berkonsep Terbuka

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: