(Unsplash/Annie Spratt)

Tips Memilih Laptop yang Pas buat Belajar Daring Anak

20 June 2021   |   16:27 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Tahun ajaran baru sekolah sebentar lagi dimulai. Berhubung pandemi masih berlangsung, pilihan menyelenggarakan kegiatan belajar mengajar secara daring tentu masih menjadi tumpuan. 

Nah sebelum belajar virtual dimulai lagi, ada baiknya para orang tua menyiapkan perangkat yang pas buat anak-anaknya biar mereka bisa fokus dan nyaman selama belajar jarak jauh itu.

Untuk kenyamanan belajar daring, dibutuhkan perlengkapan gawai yang menunjang, seperti laptop. Laptop apa sih yang cocok dan pas untuk aktivitas belajar daring, coba perhatikan hal-hal ini deh.

1. Panel layar
Tidak perlu layar panel dengan resolusi sangat tinggi untuk keperluan sekolah daring. Resolusi layar hingga full HD (1920x1080 piksel) sudah lebih dari cukup untuk hal ini, atau bahkan resolusi yang lebih rendah dengan 1366x768 untuk menghemat anggaran.

2. Prosesor
Meskipun laptop dengan prosesor Intel Core i3 masih banyak dan memiliki harga yang relatif lebih murah, akan lebih baik untuk kalian membeli laptop dengan prosesor lebih baru seperti Core i5 untuk kenyamanan pemakaian di masa mendatang.

3. RAM
Laptop untuk keperluan sekolah mengharuskan penggunaan aplikasi yang cukup berat dan multi-tasking terkadang diperlukan. Disarankan memiliki laptop dengan RAM 8GB. Memori yang lebih rendah dari itu akan memperlambat sistem karena diperlukan upaya keras memprosesnya.

4. Ruang penyimpanan
Hard Disk Drive (HDD) 512GB atau Solid Slate Drive (SSD) 256GB direkomendasikan untuk laptop jenis ini. File-file yang berkaitan dengan studi - kecuali video yang perlu diunduh - tidak membutuhkan banyak ruang penyimpanan.

5. Sistem operasi
Memiliki sistem operasi seperti Windows 10 asli adalah hal yang penting, karena kalian harus menjaganya dengan pembaruan secara teratur. Ini dilakukan untuk mengurangi bahaya dari celah keamanan sistem lama/palsu dan peningkatan fitur atau kinerja dari update.

6. Microsoft Office 365
Membeli Suite Microsoft Office terbaru juga disarankan jika sumber daya daring kalian didstribusikan menggunakan aplikasi Microsoft. Ini akan memudahkan pengguna untuk melakukan pekerjaan sekolah seperti mengetik, presentasi, dan lain-lain.

7. Antivirus
Disarankan agar kalian membeli solusi antivirus yang kuat untuk laptop Windows karena file berbahaya dapat membahayakan perangkat. Kini, ada banyak aplikasi pihak ketiga yang menawarkan keamanan siber, jangan ragu untuk memilikinya sebagai investasi.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Begini Cara Menghentikan Aplikasi Pencatut Data Kalian di Facebook

BERIKUTNYA

Wow, Desain Menara Terbang Sou Fujimoto Bakal Hiasi Landmark Kota Shenzhen

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: