Stray Kids menjadi pemenang dalam kompetisi fandom Fan Army Face-Off Billboard 2022. (Sumber gambar: JYP Entertainment)

Gokil, Stray Kids & STAY Menang Voting Fan Army Face-Off Billboard 2022

20 July 2022   |   15:55 WIB

Boy group Stray Kids bersama dengan komunitas penggemarnya (fandom) yaitu STAY mencetak capaian baru dalam pemungutan suara Fan Army Face-Off 2022 yang diselenggarakan oleh Billboard, Rabu (20/7/2022). Hasil ini didapatkan setelah STAY bersaing dengan fandom A'TIN milik boy group Filipina SB19.

Dalam pernyataan resminya, Billboard mengumumkan bahwa Stray Kids dan STAY menjadi juara setelah bertanding dalam pemungutan suara yang intens dan memiliki skor yang hampir sama. Akhirnya pada Selasa (19/7/2022) waktu setempat, STAY mendapatkan posisi pertama yang disusul dengan A'TIN di urutan kedua.

Baca JugaKim Garam Hengkang dari Girl Group LE SSERAFIM Pasca Putus Kontrak dengan HYBE & Source Music

Tahun ini, Fan Army Face-Off 2022 yang diselenggarakan oleh Billboard mempertandingkan 64 fandom dari artis populer. Setelah dipertandingkan, jumlah itu berkurang hingga menyisakan delapan artis: Adele, BTS, Ariana Grande, SEVENTEEN, SB19, Stray Kids, Taylor Swift, dan TXT.

Pemungutan suara semakin sempit dengan menyisakan empat kompetitor: SEVENTEEN, SB19, Stray Kids, dan TXT hingga akhirnya hasil final rilis pada 19 Juli 2022 waktu setempat. Dengan ini, Stray Kids mematahkan kemenangan Super Junior dalam Fan Army Face-Off Billboard pada 2018 dan 2020.
 
Kemenangan ini menunjukkan K-pop yang semakin mendapatkan banyak dukungan dan kekuatan para penggemar, di mana fenomena ini terlihat sejak 2014 dengan kemenangan BIGBANG, lalu girl group T-ARA selama tiga tahun berturut-turut sejak 2015-2017, dan Super Junior pada 2018 dan 2020.
 

Stray Kids & Pencapaian di Billboard

Di Billboard, grup yang debut sejak Maret 2018 itu mendapatkan berbagai capaian lagu dan album. Pada Maret 2021, lagu Going Dumb yang berkolaborasi dengan Alesso dan Corsak yang masuk ke urutan ke-13 pada tangga lagu Hot Dance/Electronic Songs dan bertahan selama 20 pekan bersama dengan Waste It On Me milik BTS dan Steve Aoki. Capain ini ditutup dengan urutan ke-46 pada akhir tahun 2021.

Selain itu, lagu Mixtape: OH yang semula dirilis sebagai single terpisah masuk ke urutan pertama pada tangga lagu World Digital Song Sales pada Juli 2021. Lagu ini diketahui merupakan lagu ke-26 yang pernah masuk ke dalam tangga lagu tersebut, tapi menjadi yang pertama untuk capaian peringkat teratas. 
 
Catatan lainnya adalah album NOEASY mendapatkan capaian dengan lebih dari 930.000 kopi pada masa pra-pembelian atau pre-order saat hari pertama rilisnya. Kemudian, album yang menyertakan Thunderous sebagai lagu utamanya itu juga mendapatkan capaian peringkat kelima pada World Albums Chart saat itu.

Baca JugaFilm Seoul Vibe Hadirkan Nostalgia Balapan Mobil pada 1988

Ada juga capaian lain yang pernah diterima yakni daftar dengan penobatan Stray Kids sebagai artis keempat yang masuk ke dalam Artist 100 dengan peringkat pertama. Capaian ini sebelumnya pernah didapat oleh BTS, BLACKPINK, dan Super M pada periode yang sama dengan perilisan album Oddinary.

Dengan album Oddinary, Stray Kids mendapatkan capaian dalam Billboard 200 dengan urutan pertama dan Top Album Sales pada pekan yang sama, tepatnya pada Maret 2022. Lalu, lagu Maniac yang merupakan single hits masuk ke dalam tangga lagu Bubbling Under Hot 100 dengan urutan ke-19 dan World Digital Song Sales pada urutan pertama. 

Editor : Syaiful Millah 

SEBELUMNYA

Waduh, Netflix Kehilangan Hampir 1 Juta Pelanggan dalam 3 Bulan Terakhir

BERIKUTNYA

Tertarik Gabung Kemitraan Tahu Go, Begini Perhitungan Usahanya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: