Ayam Betutu (Sumber gambar: Indonesia Kaya)

Ayam Betutu hingga Nasi Tepeng, Cicipi 10 Makanan khas Bali yang Lezat Ini

19 July 2022   |   21:30 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

6. Tum Ayam

Tum Ayam merupakan salah satu hidangan populer khas Bali lainnya yang dimasak dengan metode yang sama dengan pepes ikan dan otak-otak. Untuk menyiapkan hidangan ini, ayam cincang dicampurkan dengan rempah-rempah aromatik serta santan, dibungkus dengan daun pisang, dan kemudian dikukus ataupun dipanggang. Hidangan ini terdiri dari campuran ayam cincang, bawang merah, bawang putih, santan, bumbu yang dihaluskan, cabai, serta merica.
 

7. Nasi Tepeng

Hidangan ini merupakan kuliner tradisional khas Gianyar, Bali. Dimasak dengan campuran bumbu yang kaya rasa serta lada, membuat sajian ini terasa sedikit pedas. Hidangan ini sangat cocok bagi kalian yang gemar dengan makanan pedas dan panas. Nasi Tepeng biasanya disajikan bersama dengan lauk pauk seperti kacang panjang, kacang merah, nangka segar, terong, daun kelor, dan kelapa parut.
 

Lawar (Sumber gambar: Indonesia Travel)

Lawar (Sumber gambar: Indonesia Travel)

8. Tipat Cantok

Tipat Cantok merupakan makanan tradisional khas Bali yang umum dan dapat ditemukan dimana saja di Bali. Hidangan ini dibuat dari sayuran yang dikukus seperti bunga teratai, kacang panjang, serta tauge, dan dilengkapi dengan lontong yang dicampur dengan saus kacang.

Terkadang beberapa orang menambahkan kecap untuk menambah cita rasa manis pada hidangan ini. Tipat Cantok dapat ditemukan di warung-warung kecil setempat namun jarang ditemukan di restoran-restoran besar. Sekilas, hidangan ini mirip dengan gado-gado atau pecel.


9. Bubur Injin

Bubur Injin merupakan puding beras hitam dan merupakan salah satu makanan penutup khas Bali yang terkenal. Jajanan ini sangat mudah untuk dibuat dan lezat untuk dicicipi. Bubur Injin dibuat dari campuran beras hitam dan beras ketan. Selain teksturnya yang lembut, sajian ini juga memiliki citarasa yang manis dari gula aren serta siraman saus kelapa.


10. Jaje Laklak

Jaje Laklak merupakan sajian khas Bali yang terbuat dari tepung beras. Jajanan ini biasanya dinikmati dengan segelas kopi, yang dapat memperkaya rasa secara keseluruhan. Jajanan ini memiliki warna hijau muda atau putih dengan permukaan berongga yang dihiasi dengan kelapa parut diatasnya kemudian disiram dengan saus gula merah. Saus gula merah ini terkadang diganti dengan susu ataupun perasa lainnya. Jajanan ini juga kerap disajikan dengan ketan hitam.


Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

Taeil, Kun & YangYang NCT Bernostalgia dalam Single Rain Day

BERIKUTNYA

JBL Rilis 5 Produk Terbaru TWL, Intip Spesifikasinya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: