Film animasi terbaru Pixar, lLuca (Dok. Pixar)

Sudah Nonton Luca? Ada Banyak Easter Egg Tersembunyi Loh!

20 June 2021   |   09:33 WIB
Image
Nirmala Aninda Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Luca, film animasi yang sangat dinanti dari Disney's Pixar Animation Studios, bercerita tentang persahabatan yang berkembang antara dua anak laki-laki selama musim panas di Riviera atau pantai di sebuah kota kecil di Italia. 

Luca Paguro dan sahabatnya Alberto Scorfano adalah dua monster laut cilik yang bertualang ke dunia di atas permukaan air. Di sana mereka bertemu dengan berbagai jenis karakter manusia, menjelajahi pemandangan menarik dan menikmati waktu pada musim panas terbaik sepanjang hidupnya.

Pixar terkenal dengan film animasinya yang menghangatkan hati dan dipuja oleh pemirsa serta dipuji secara kritikus. Setelah merilis Soul, yang memenangkan Academy Award untuk Film Fitur Animasi Terbaik pada tahun 2021, Luca tiba di saat penggemar Pixar menuntut lebih.

Dilansir melalui Variety, desainer produksi Daniela Strijleva mengungkapkan bahwa fitur animasi, dalam gaya Pixar sejati ini, diisi dengan banyak easter egg atau referensi tersembunyi.

GenHype yang bermata tajam juga bisa menemukan easter egg untuk film Pixar berikutnya, Turning Red.

“Kami sangat bersenang-senang dalam mengerjakan desain grafis untuk Luca,” kata Strijleva.

Berikut adalah beberapa easter egg yang kami temukan — truk Pizza Planet yang terkenal juga disembunyikan di film, dalam bentuk kendaraan Piaggio Ape.


- Elena

Kapal dengan nama

Kapal dengan nama 'Elena' di film Luca (Dok. Pixar)

Saat Alberto dan Luca mencoba menyelinap ke Portorosso melalui laut, mereka terlihat dalam wujud monster laut oleh seorang wanita di atas kapal. Perahu itu bernama Elena, yang juga merupakan nama nenek Miguel dalam film Pixar Coco (2017).

Elena adalah nama umum dalam bahasa Spanyol dan Italia, jadi ini bisa jadi lebih merupakan kebetulan daripada referensi yang disengaja. Tetap saja, menyenangkan membayangkan bahwa Abuelita menghabiskan beberapa waktu di Riviera Italia ketika dia masih muda, dan kapal itu dinamai dengan namanya.

- “20,000 Leagues Under the Sea”

Poster 20,000 Leagues Under the Sea (Dok. Pixar)

Poster 20,000 Leagues Under the Sea (Dok. Pixar)

Kota Portorosso dipenuhi poster film, termasuk film fiksi berjudul Attaco del Mostro Marino yang membingungkan ayah Luca karena monster di poster itu persis seperti karakter Paman Ugo. Salah satu film nyata yang ditampilkan di poster adalah 20.000 Leagues Under the Sea, yang diproduksi oleh Disney pada tahun 1954. Poster film ini digantung di samping poster film klasik Roman Holiday.

- Kamar Giulia

 

Boneka Donal Bebek di kamar Giulia Marcovaldo (Dok. Pixar)Buku Le Avventure di Pinocchio (Dok. Pixar)

                 Boneka Donal Bebek di kamar Giulia (Dok. Pixar)                                                                                                                                                                                                                                   Buku Le Avventure di Pinocchio (Dok. Pixar)

Di antara referensi pada film Luca untuk seni dan budaya Italia termasuk easter egg yang menunjukkan referensi dengan karya Disney lainnya. Kamar tidur Giulia dipenuhi dengan referensi bertema Disney.

Ada boneka Donal Bebek di samping tempat tidurnya. Ada juga buku asli Le Avventure di Pinocchio oleh Carlo Collodi, yang menjadi dasar fitur animasi Pinocchio yang dirilis Disney pada 1940.

- Bola Pixar, Luxo

Luxo Easter Egg di film Luca (Dok. Pixar)

Luxo Easter Egg di film Luca (Dok. Pixar)

GenHype bisa menemukan Pixar Ball saat anak-anak berlomba melintasi kota menjelang akhir film. Bola Luxo, easter egg favorit Pixar yang terkenal ini terletak di atas atap.

- A113

A1-13 (Dok. Pixar)

A1-13 (Dok. Pixar)

Tidak ada film Pixar yang lengkap tanpa easter egg A113 yang terkenal. Diucapkan A1-13, A113 mengacu pada nomor kelas yang digunakan oleh siswa animasi karakter di California Institute of the Arts. Di film Luca, nomor tersebut muncul di tiket kereta yang diberikan Alberto kepada Luca.

- Truk Pizza Planet Truck

Truk Pizza Planet di film Luca (Dok. Pixar)

Truk Pizza Planet di film Luca (Dok. Pixar)

Rantai makanan cepat saji dan arcade Pizza Planet adalah salah satu lokasi utama yang ditampilkan dalam film fitur pertama Pixar, Toy Story. Sejak itu, versi truk pengiriman Pizza Planet disembunyikan secara apik di hampir setiap film Pixar. 

Memasukkan easter egg ini di film Luca cukup menantang karena model truk Pizza Planet akan menjadi anakronisme di tahun 1950-an. Untuk mengatasi masalah ini, truk diciptakan kembali sebagai Piaggio Ape, kendaraan pengiriman roda tiga yang dibuat oleh perusahaan yang sama yang memproduksi Vespa.

- Federico Fellini

Poster La Strada film Luca (Dok.. Pixar)

Poster La Strada film Luca (Dok.. Pixar)

Salah satu pengaruh terbesar sutradra Enrico Casarosa ketika membuat Luca adalah pembuat film Italia, Federico Fellini. Secara khusus ada beberapa referensi dari La Strada karya Fellini (1954) di film Luca.

Posternya dapat dilihat di piazza utama, di dinding yang sama dengan poster 20.000 Leagues Under the Sea, serta kapal nelayan di awal film disebut Gelsomina, yang merupakan nama protagonis La Strada.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

5 Tips agar Tetap Sehat selama Musim Hujan

BERIKUTNYA

Selain Drakor & K-pop, Ini 4 Resep yang Bikin Kuliner Korea Ikut Mendunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: