Perayaan 100 tahun Chairil Anwar ini dibingkai dalam acara besar Ruang Tengah yang mengambil tema Membaca Asia. (Sumber gambar ilustrasi: Pexels/Pixabay)

Memperingati 100 Tahun Chairil Anwar, Puisi Konsernya Digelar di 3 Kota

13 July 2022   |   14:11 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Gramedia akan mengadakan Puisi Konser 100 Tahun Chairil Anwar di 3 Yogyakarta, Bali, dan Jakarta dalam rangka merayakan 100 tahun Chairil Anwar. Acara Puisi Konser ini akan menghadirkan berbagai penyair, penulis, dan grup musik untuk mengenang seniman besar Indonesia ini.

Dalam rilis yang diterima Hypeabis.id, Andi Tarigan, General Manager Gramedia Pustaka Utama dan Ketua Program Ruang Tengah, mengatakan bahwa perayaan 100 tahun Chairil Anwar ini dibingkai dalam acara besar Ruang Tengah yang mengambil tema Membaca Asia.

“Dengan tema tersebut, kami ingin mengangkat dan mendapatkan pencerahan dari berbagai karya-karya yang lahir dari Asia,” katanya. Dia berharap bahwa upaya yang dilakukan oleh perusahaan ini dapat membuat dunia perbukuan di Indonesia menemukan kembali gairahnya dan hidup 1.000 tahun lagi.

Baca jugaMenguatkan Jakarta sebagai Kota Sastra

Mirna Yulistianti, Koordinator acara Puisi Konser 100 Tahun Chairil Anwar, menuturkan puisi konser yang terselenggara di 3 kota ini lebih dari sekedar peringatan atas usia Chairil Anwar. Acara ini, lanjutnya, juga untuk mengenang sumbangan sang penyair dan pengaruhnya terhadap dunia puisi di Indonesia pada saat ini.

Dia menuturkan bahwa puisi Chairil Anwar terus exist dengan selalu dibacakan, tertulis di kaos, mural, media sosial, dan tempat-tempat lainnya. Kondisi ini, paparnya, menunjukkan bahwa puisi Chairil Anwar tidak lekang oleh zaman sekaligus merupakan karya paling dirayakan oleh seluruh pembaca di Indonesia dari masa ke masa.

Untuk diketahui, masih dalam rilis, acara Konser Puisi 100 Tahun Chairil Anwar ini akan menggabungkan pembacaan puisi dan musik. Di Yogyakarta, konser ini akan berlangsung pada Kamis, 14 Juli 2022 di Gramedia Sudirman.

Di kota yang dikenal sebagai kota pelajar tersebut, penyair Joko Pinurbo, Ni Made Purnama Sari, dan penulis Eka Kurniawan akan hadir. Sementara grup musik Melancholic Bitch akan menggubah puisi Chairil Anwar menjadi sebuah lagu.

Baca jugaKumpulan Puisi Sipit, dari Rasa Marah hingga Penerimaan Diri

Setelah Yogyakarta, konser akan berlangsung di Gramedia Galeria, Bali. Di Pulau Dewata ini, Oka Rusmini, Norman Erikson Pasaribu, dan Eka Kurniawan akan hadir. Sementara grup musik Navicula direncanakan tampil dan memimpin pembacaan serempak salah satu puisi Chairil Anwar bersama pembaca.

Baca jugaBuku Karya Norman Erikson Pasaribu Ini Masuk Dalam Daftar Panjang Internasional Booker Prize 2022

Konser terakhir akan berlangsung di Gramedia Matraman, Jakarta, bertepatan dengan hari lahir Chairil Anwar, yaitu pada 26 Juli 2022. Penulis yang akan meramaikan acara ini antara lain Ratih Kumala, Cyntha Hariadi, Anya Rompas, dan Yoshi Fe.

Konser Puisi 100 Tahun Chairil Anwar adalah satu dari sejumlah kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengenang sang penyair. Selain konser puisi, perusahaan juga melakukan kegiatan ziarah makan dan menerbitkan sampul baru buku berjudul Aku Ini Binatang Jalang.


Editor: Gita Carla
 

SEBELUMNYA

Anak Speech Delay? Yuk Lakukan Ini Untuk Mengatasinya

BERIKUTNYA

Kian Estetik, Terowongan Kendal Hadirkan Mural Thor: Love and Thunder dengan Unsur Kearifan Lokal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: