TikTok Shop mulai banyak dipakai oleh pelaku usaha kecil dan menengah untuk promosi dan penjualan (sumber gambar: Pexels/Cottonbro)

Simak! Tip Pelaku Usaha Manfaatkan TikTok Shop untuk Promosi & Penjualan

04 July 2022   |   17:00 WIB
Image
Dewi Andriani Hypeabis.id

Pelaku usaha kecil menengah (UKM) makin melek digital seiring dengan pesatnya laju perkembangan teknologi dan internet. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, penggunaan platform digital pelaku usaha dalam negeri naik lebih dua kali lipat sejak awal pandemi. 

Salah satu platform digital yang mulai banyak dilirik dan dimanfaatkan oleh para pelaku UKM adalah TikTok Shop, sebuah platform e-commerce yang sepenuhnya terintegrasi. Platform ini memungkinkan penjual (seller) bisa mengunggah konten, melakukan siaran langsung, berjualan, hingga melakukan pengiriman melalui platform TikTok.

Namun, untuk bisa sukses berjualan melalui TikTok, ada beberapa hal yang harus dipahami oleh para pelaku usaha. Supaya kalian tidak penasaran berikut tip yang bisa diterapkan dari para seller dan creator TikTok dalam acara bertajuk Tumbuh Bersama TikTok Shop. 

Baca Juga : Cara Meningkatkan Penjualan & Popularitas Brand di Platform TikTok  
 

1. Konsistensi hadirkan konten livestream sales yang menghibur dan anti membosankan


Salah satu bagian dari TikTok Shop adalah livestream sales yang menyediakan interaksi real-time antara penjual, kreator, dengan pengguna lainnya yang menjadi calon pelanggan. Sesi ini kerap digunakan oleh penjual untuk menunjukkan keunggulan produk mereka, sekaligus membantu pengguna dalam memilih produk yang sesuai.

Hal ini yang menjadi fokus utama dari seller Ayjona Store, penjual kaftan dengan berbagai model terkini. Seller UKM asal Jakarta ini konsisten menghadirkan konten livestream di TikTok Shop dengan alasan interaksi yang seru dan visual yang apik. 

"Tantangan kami adalah bagaimana pengguna bisa tertarik dengan koleksi kaftan kami dan mau berinteraksi dengan host atau penjual, kapan pun dan di mana pun mereka berada,” ujar Dina Apria Geni, pemilik dari Ayjona Store.

Pihaknya mengaku terus belajar mengemas sesi dengan seru dan informatif sehingga menarik pengguna untuk berbelanja.. Trik ini berhasil membawa seller mencatatkan peningkatan GMV (gross merchandise value) hingga 10 kali lipat pada saat periode Ramadan. 


2. Maksimalkan fitur dan solusi di platform TikTok

Sebagai perusahaan berbasis teknologi, TikTok memperbarui platformnya dengan berbagai fitur dan solusi yang dapat mendukung kreativitas dan kemajuan penggunanya, termasuk untuk UKM lokal.

Mulai dari efek dan musik untuk video singkat, hingga solusi iklan dan pemasaran di TikTok. Penggabungan solusi dan fitur ini bisa diterapkan untuk memaksimalkan manfaat yang dirasakan di TikTok Shop seller.

Bella Juniartha, pemilik dari GBMJ Butik mengatakan, eksplorasi kreativitas dengan ragam fitur yang ada merupakan bagian penting dari strategi bisnis mereka. Hal tersebut dilakukan untuk bisa mendekatkan diri dan membuat para calon pembeli tertarik dengan produk yang dibuat. 

"Untungnya, ada banyak lagu trending yang bisa kami gunakan di konten video singkat kami di TikTok, digabungkan dengan solusi Ads, sehingga bisa mendatangkan pengguna ke sesi livestream sales kami dan berbelanja di akun TikTok Shop kami," katanya.
 

3. Berkolaborasi dengan kreator untuk hasilkan konten dan livestream yang lebih seru

Menghadirkan sosok kreator yang dikagumi dan relavan dengan target audiens, dapat membantu pelaku usaha menghasilkan konten video singkat dan livestream dengan tingkat partisipasi tinggi dari audiens.

Strategi ini dilakukan oleh Shop At Blow, seller UKM dengan produk sepatu dan sandal trendi. Vincent Octavianus, pemilik usaha itu bercerita bagaimana dia menggandeng kreator atau selebritas untuk bisa membantu menarik lebih banyak interaksi dengan pengguna. Dari sini, dia juga jadi belajar cara untuk mengemas konten promosi dengan lebih menarik. 

“Tentunya ini akan membantu kami untuk tetap menghibur pelanggan saat mereka berbelanja di TikTok Shop kami. Berkat cara ini, kami berhasil mencatatkan keuntungan hingga 400 persen sejak pertama bergabung di TikTok Shop di Februari 2022,” ujarnya. 

Editor : Syaiful Millah 
SEBELUMNYA

Yuk Cegah Kanker Serviks Sejak Dini

BERIKUTNYA

Pelesiran Asyik: Perjalanan Menapaki Negeri Dua Benua

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: