Pre-order kuliner bisa jadi ide usaha dengan modal yang kecil (Sumber gambar: Cristiano Pinto/Unsplash)

7 Ide Usaha Ini Cukup dengan Modal Gocap

29 June 2022   |   06:47 WIB

Saat ini, membuka sebuah usaha bukanlah lagi persoalan sulit. Dengan kemauan yang kuat untuk bergerak, kamu sudah bisa membuka peluang usaha potensial. Memulai usaha pun tak melulu memerlukan modal yang besar. Dengan modal yang kecil, sudah banyak peluang bisnis yang menjanjikan.

Sebagian dari kalian mungkin berpikir bahwa dengan uang Rp50.000 membuka usaha akan terasa sulit. Padahal, nyatanya, ada beberapa usaha rumahan yang bisa dimulai dengan modal mulai dari Rp50.000 seperti berikut ini.
 

1. Jual pakaian pre-loved

Sebagian besar orang tentu sudah mengenal istilah thrifting. Istilah ini dipakai untuk membeli barang dari pasar loak atau garage sale. Secara umum, istilah ini mengacu pada pembelian barang-barang bekas namun masih layak pakai. Sebagai ide bisnis, kalian bisa mencoba usaha ini dengan cara mengumpulkan barang-barang yang sudah tak dipakai, namun sebenarnya masih berfungsi.

Misalnya bisa dimulai dengan mengumpulkan pakaian bekas yang layak pakai. Jika kalian memiliki banyak baju di lemari, maka tak ada salahnya menyisihkan beberapa diantaranya untuk dijual. Jangan lupa untuk mencuci dan memberikan pengharum terlebih dahulu agar pembeli merasa puas dengan layanan kalian.
 

2. Jualan pulsa & kuota internet

Saat ini, hampir tak ada orang yang tidak terhubung dengan internet. Hal ini tentu bisa menjadi peluang untuk berjualan pulsa dan kuota internet. Berjualan pulsa dan kuota tidaklah sulit dan juga tidak membutuhkan modal yang besar. Kalian hanya perlu menemukan agen yang bisa memberikan harga kompetitif, supaya kalian dapat menjualnya dengan harga yang mampu menarik perhatian pelanggan.
 

Ilustrasi usaha baju bekas (Sumber gambar: Megan Lee/Unsplash)

Ilustrasi usaha baju bekas (Sumber gambar: Megan Lee/Unsplash)


3. Pre-order kuliner

Bisnis kuliner adalah usaha yang tak akan ada matinya. Salah satu usaha rumahan modal dengan modal mulai Rp50.000 yang bisa kalian terapkan adalah pre-order kuliner. Dengan menggunakan metode pre-order, pelanggan akan membayarkan setidaknya 50 persen dari harga asli makanan tersebut. Jadi, kalian tak perlu kesulitan untuk memasak makanan tersebut karena pembeli juga sudah berkontribusi memberikan modal.


4. Kursus online

Ide usaha rumahan modal mulai Rp50.000 berikutnya adalah membuka kursus online. Jika kalian punya keterampilan atau pengetahuan khusus yang bisa dibagikan untuk orang lain, tak ada salahnya untuk membuka jasa kursus. Misalnya, kalian bisa berbahasa Jepang, maka bukalah jasa mengajar bahasa tersebut. Dengan usaha ini, kalian hanya perlu menyiapkan koneksi internet yang baik dan materi pelajaran yang sesuai.
 

Ilustrasi kursus online (Sumber gambar: Surface/Unsplash)

Ilustrasi kursus online (Sumber gambar: Surface/Unsplash)


5. Cuci motor

Usaha rumahan dengan modal mulai Rp50.000 selanjutnya adalah membuka jasa cuci motor. Saat ini, cuaca sulit diprediksi dan mulai sering hujan. Kendaraan pun tentunya jadi lebih cepat kotor dan tidak enak dipandang. Membuka jasa cuci motor kecil-kecilan di rumah tentunya bisa menjadi peluang yang cukup menjanjikan.
 

6. Jual keripik

Keripik merupakan camilan favorit banyak orang. Pasalnya, makanan ini bisa dinikmati kapan dan di mana saja. Membuka usaha ini pun tak memerlukan modal yang besar. Jika kalian ingin membuka usaha menjual keripik dengan modal kecil, kalian bisa memulainya dengan sistem pre-order. Dengan begitu, kalian bisa langsung membuat keripik tanpa perlu mencemaskan modal.
 

7. Dropshipper

Satu lagi usaha rumahan modal mulai Rp50.000 adalah menjadi dropshipper. Memiliki usaha ini tak butuh modal yang besar atau menyiapkan tempat. Kalian hanya perlu menemukan penjual yang membuka program dropshipper, mencari pelanggan, dan memesankan permintaan barang dari konsumen. Barang yang sudah dipesan akan langsung dikirim kepada pembeli, sehingga kalian tak perlu menyimpan barang apapun.

Editor: Fajar Sidik 
SEBELUMNYA

5 Ide Suvenir Pernikahan Unik

BERIKUTNYA

Erasmus Huis Sajikan Pertunjukan Tari Tjampoer, Kolaborasi Seni Indonesia & Belanda

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: