Ada beberapa hal yang bisa dilakukan ketika ponsel hilang (Sumber gambar: Unsplash/Eddy Billard)

Jangan Khawatir! Ini yang Perlu Dilakukan Kalau Kamu Kehilangan iPhone & Android 

28 June 2022   |   19:00 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Ponsel pintar atau smartphone telah menjadi salah satu barang paling penting dalam kehidupan masyarakat modern. Lupa saja membawanya, barangkali bisa membuat kita gelisah sepanjang hari karena berbagai kegiatan bisa dilakukan melalui perangkat itu. Bagaimana jika hilang atau dicuri? 

Kehilangan ponsel pintar pasti sangat menjengkelkan, sekali karena perangkat elektronik segenggaman tangan itu bisa berfungsi untuk banyak keperluan. Bagi kalian yang kehilangan ponsel, baik pengguna iPhone dan Android, ada beberapa hal yang bisa dilakukan. 

Pembuat konten YouTube (youtuber) teknologi, Mouldie Satria, belum lama ini mengunggah ceritanya sempat kehilangan ponsel iPhone di Twitter. Dia juga memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan ketika smartphone kalian hilang atau dicuri. 
 

Ponsel iPhone 

Mouldie menyarankan ketika ponsel hilang, kalian perlu sesegera mungkin mengakses internet lewat perangkat lain. Khusus untuk iPhone, kalian bisa langsung membuka layanan Find My iPhone di mesin pencari seperti Google, lalu memasukkan Apple ID dan kata sandi. 

Melalui fitur yang disediakan oleh Apple itu, pengguna bisa melakukan penguncian perangkat, membunyikan alarm, hingga mencari tau lokasi iPhone selama ponsel itu masih menyala dan terkoneksi dengan internet. 

Lewat pembaruan fiturnya perusahaan juga menyediakan kemampuan untuk menandai ponsel sebagai barang hilang (Mark As Lost). Setelahnya menampilkan teks pada bagian layar perangkat, mengenai informasi yang ingin disampaikan. 

Cara-cara tersebut tentunya merupakan sebuah upaya untuk menemukan ponsel yang hilang. Akan tetapi, bukan menjadi jaminan bahwa perangkat kita akan sepenuhnya kembali, karena ada banyak kemungkinan yang bisa terjadi. 


Ponsel Android 

Sementara itu, bagi para pengguna smartphone Android yang juga kehilangan perangkatnya, kalian bisa mengakses fitur mirip dengan iPhone yang bernama Find My Device melalui mesin pencari atau aplikasi khusus yang dikembangkan Google. 

Nantinya pengguna akan diminta untuk masuk ke akun Google dengan alamat email yang terhubung ke perangkat hilang. Layanan ini juga memiliki sejumlah fitur seperti Play Sound untuk membunyikan suara, jika ponsel hilang tidak terlalu jauh. 

Ada juga fitur Secure Device yang memungkinkan pengguna mengunci perangkat dari jarak jauh. Secara opsional disediakan juga fitur untuk menambahkan pesan dan nomor telepon ke layar kunci perangkat yang hilang. 

Google juga menyediakan fitur bernama Erase Device. Ini bisa dilakukan ketika kalian sudah merasa tidak mungkin untuk mendapatkannya kembali. Jadi kalian bisa menghapusnya sehingga tidak ada yang dapat mengakses data di perangkat tersebut. 

Selain itu, jika kalian merasa sudah tidak mungkin menemukan ponsel yang hilang, langkah yang penting untuk dilakukan adalah mengurus nomor atau SIM Card. Langkah ini bisa langsung dilakukan dengan mengunjungi gerai operator seluler yang digunakan.
 
Hal tersebut penting untuk dilakukan untuk memastikan penggunanya bisa mengakses berbagai layanan. Pasalnya, akun Apple ID maupun Google biasanya akan meminta kode one time password (OTP) melalui pesan ke nomor telepon. 


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Bebe Rexha X ITZY Kolaborasi untuk Lagu Break My Heart Myself Versi Baru

BERIKUTNYA

Cynthia Tan, Sukses dengan Tidak Takut Mencoba

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: