Top Gun: Maverick mengungguli Doctor Strange in the Multiverse of Madness & The Batman (sumber gambar ilustrasi: pexels/Pixabay)

Perkiraan Pendapatan Kotor Top Gun : Maverick Tembus US$1 Miliar

27 June 2022   |   10:40 WIB

Film Top Gun: Maverick menjadi film dengan perkiraan pendapatan kotor tertinggi dalam daftar Box Office Worldwide 2022 yang tayang di 4.751 bioskop. Film yang dibintangi oleh Tom Cruise ini mampu mengungguli perolehan dari film Doctor Strange in the Multiverse of Madness dan The Batman.

Dilansir dari Boxofficemojo, Top Gun: Maverick mampu mencatatkan perkiraan pendapatan kotor sebesar lebih dari US$1 miliar. Sementara Doctor Strange in the Multiverse of Madness dan The Batman masing-masing mencatatkan US$947 juta dan US$770 juta.

Film Top Gun: Maverick yang diputar di 4.751 bioskop mampu meraih perkiraan pendapatan kotor hingga lebih dari US$1 miliar dengan dorongan dari pasar domestik Amerika Serikat. Tercatat, perkiraan pendatan dari pasar domestik mampu memberikan kontribusi 51, persen atau sekitar US$521,7 juta.

Keberhasilan Top Gun: Maverick meraih perkiraan pendapatan kotor US$1 miliar juga membuatnya menjadi satu-satunya film yang mampu meraih pendapatan US$1 miliar untuk sementara sampai dengan Juni 2022.

Sepanjang tahun lalu, film dalam daftar Box Office Worldwide yang mampu meraih pendapatan lebih dari US$1 miliar adalah Spider-Man: No Way Home dengan US$1,9 miliar. Adapun pada 2020, tidak ada satupun film yang mampu meraih perkiraan pendapatan mencapai US$1 miliar.

Sementara pada 2019, sebelum pandemi Covid-19 melanda, terdapat 9 film yang mampu meraih perkiraan pendapatan kotor lebih dari US$1 miliar. Film dengan pendapatan tertinggi pada saat itu, yakni Avengers: Endgame berhasil memperoleh pendapatan US$2,8 miliar.

Perkiraan pendapatan kotor Top Gun: Maverick di pasar domestik pada weekend 24 – 25 juni 2022 juga tercatat masih yang tertinggi, yakni US$30,5 juta. Film ini mengungguli film lainnya seperti Jurassic World Dominion, The Black Phone, Lightyear, dan sebagainya.

Sementara itu, pasar internasional memberikan kontribusi perkiraan pendapatan Top Gun: Maverick sebesar US$484,7 juta atau sekitar 48,2 persen dari pendapatan worldwide. Pendapatan worldwide adalah total pendapatan internasional dan domestik.

Di Indonesia, film Top Gun: Maverick mampu meraih perkiraan pendapatan kotor sebesar US$5,68 juta. Indonesia menjadi negara kedua bagi film Top Gun: Maverick setelah Malaysia di pasar Asia Tenggara yang memberikan kontribusi pendapatan kotor terbesar.

Malaysia, masih dalam laman boxofficemojo, memberikan kontribusi perkiraan pendapatan kotor sebesar US$5,7 juta. Sementara di negara lainnya di kawasan Asia Tenggara seperti Thailand, Vietnam, Singapura, dan Filipina, film ini mampu meraih perkiraan pendapatan kotor masing-masing sebesar US$1,09 juta, US$3,1 juta, US$3,6 juta, US$2,5 juta.

Adapun pasar lainnya di kawasan Asia Pasifik film ini meraup pendapatan kotor dari Australia US$39,1 juta, Hong Kong US$8,97 juta, India US$4,5 juta, Jepang US$41,8 juta, New Zealand US$4,9 juta, Korea Selatan US$568.821, dan Taiwan sebesar US$13,9 juta.

Editor: Fajar Sidik 
SEBELUMNYA

Soal Mobil Listrik, Honda Bilang Right Product at The Right Time

BERIKUTNYA

7 Cincin Pernikahan dan Pertunangan Termahal di Dunia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: