Parade Langit Subuh atau fenomena planet berjajar berlangsung hingga akhir Juni. (Sumber gambar: Yuting Gao/Pexels)

Jangan Khawatir Terlewat, Parade Planet Berjajar Bakal Berlangsung Sampai Akhir Juni 

24 June 2022   |   17:50 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Jumat terakhir bulan ini atau tepatnya pada 24 Juni 2022, berlangsung fenomena antariksa langka. Pada dini hari tadi, beberapa planet yakni Merkurius, Venus, Uranus, Mars, Jupiter, Neptunus,dan Saturnus berada pada posisi sejajar satu garis. 

Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) menyebut fenomena ini sebagai Parade Langit Subuh. Namanya diambil dari waktu kejadian luar angkasa itu bisa dilihat, yakni pada dini hari sekitar pukul 04:30 waktu setempat. 

Disebutkan bahwa kondisi planet yang sejajar merupakan salah satu fenomena langka yang hanya terjadi setiap 18 sampai 19 tahun sekali. Jadi, hal ini pernah berlangsung pada 2004 lalu dan kesempatan yang sama kemungkinan kembali terulang pada 2041 mendatang. 

Genhype tadi pagi sempat menyaksikan pemandangan langit dengan berjajarnya planet-planet yang kita kenal? Kalau tidak, jangan khawatir. Meskipun disebutkan terjadi belasan tahun sekali, tapi durasinya tidak hanya berlangsung sehari saja. 

Baca Juga : Catat, Tiga Fenomena Antariksa yang Bisa Disaksikan Juni hingga Juli 2022
 

Dikutip dari Twitter InfoAstronomy.org, peristiwa ini masih akan berlangsung sampai akhir bulan ini. Walaupun, posisi ketujuh planet yang terlibat telah mengalami sedikit perubahan, tidak berada dalam satu garis lurus tepat. 

Fenomena itu masih bisa dilihat karena perputaran planet-planet mengitari matahari memiliki pergerakan yang relatif lambat. Dalam lima hari ke depan, atau hingga 30 Juni 2022 planet itu masih masuk dalam bidang pandang bumi sehingga tetap bisa terlihat. 

BRIN juga menyatakan bahwa fenomena Parade Langit Subuh sejatinya berlangsung sepanjang bulan ini. Parade pertama berlangsung pada 4 Juni hingga 15 Juni, parade kedua mulai 16 Juni hingga 27 Juni, dan parade terakhir pada 28 Juni hingga 30 Juni. 


Cara melihat 

Lalu bagaimana cara untuk dapat melihat Parade Langit Subuh? Sekali lagi, seperti namanya, fenomena luar angkasa ini terjadi pada waktu subuh atau menjelang matahari terbit. Lantaran periode itu berbeda secara spesifik di tiap wilayah, waktunya juga disesuaikan. 

Hal yang menarik, bahwa planet berjajar ini dapat disaksikan secara langsung tanpa alat tambahan atau kasat selama cuaca cukup cerah, bebas dari polusi cahaya, dan medan pandang yang bebas dari penghalang. 

Salah satu tempat terbaik untuk melihat fenomena antariksa langka ini adalah dari area tinggi seperti di atas gedung. Selain itu, salah satu spot paling memungkinkan menyaksikan Parade Langit Subuh adalah di garis tepi pantai, karena memiliki cakrawala yang luas. 

Editor : Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Rekomendasi Seru Film dan Drama Korea dari Adaptasi Webtoon

BERIKUTNYA

Keren! Kelompok Seni Reak Juarta Putra Bakal Tampil di Festival Roskilde Denmark

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: