Start-Up (kiri atas), Along with the Gods: The Last 49 Days, Moss, Secretly, Greatly. (Sumber gambar: Next Entertainment World, CJ Entertainment, Lotte Entertainment, Showbox)

Rekomendasi Seru Film dan Drama Korea dari Adaptasi Webtoon

24 June 2022   |   17:43 WIB

Selama kurang lebih lima tahun terakhir, serial dan film Korea Selatan banyak mengadaptasi konten-konten komik yang dirilis secara daring (webtoon) menjadi konten audio-visual karena kisahnya yang menarik untuk diangkat. Kilas balik dari fenomena ini hadir mulai 2006 dengan film APT.

Meski adaptasi webtoon lebih populer pada konten drama atau serial, misalnya All of Us Are Dead (2021), Yumi's Cells (2021), Itaewon Class (2020), dan Orange Marmalade (2015), ternyata ada puluhan film adaptasi webtoon yang bisa Genhype tonton di berbagai platform streaming.

Bervariasi dari serial film fantasi hingga film romantis dengan topik unik, yuk cek rekomendasi film Korea yang diadaptasi dari webtoon yang tidak kalah mengasyikkan.
 

1. Along with the Gods (2017-2018)

 

Along with the Gods: The Two Worlds. (Sumber gambar: Lotte Entertainment)

Along with the Gods: The Two Worlds. (Sumber gambar: Lotte Entertainment)

Terdiri dari dua bagian film, waralaba ini merupakan salah satu film adaptasi webtoon berjudul sama karangan Joo Ho-min yang paling banyak ditonton di bioskop. Film pertamanya, Along with the Gods: The Two Worlds, ditonton sebanyak 14,4 juta dan sekuelnya, Along with the Gods: The Last 49 Days, ditonton sebanyak lebih dari 12,2 juta.

Bagian pertamanya menceritakan tentang pemadam kebakaran bernama Jae-hong (Cha Tae-hyun) yang harus menghadapi tujuh tantangan selama 49 hari oleh tiga orang penjaga akhirat (Ju Ji-hoon, Kim Hyang-gi, dan Ha Jung-woo) agar bisa melakukan reinkarnasi. Sekuelnya akan berfokus pada Su-hong (Kim Dong-wook) dan tiga orang penjaga akhirat yang menghadapi sidang ke-49 agar bisa bereinkarnasi dan mengembalikan memori kehidupan mereka sebelumnya.

 

2. Start-Up (2019)

 

Start-Up. (Sumber gambar: tvN)

Start-Up. (Sumber gambar: tvN)

Diadaptasi dari webtoon berjudul Start karya Jo Geum-san, film ini telah ditonton lebih dari 3,3 juta penonton di bioskop. Kisahnya berfokus tentang dua orang remaja bernama Taek-il (Park Jung-min) dan Sang-pil (Jung Hae-in) yang baru menjadi dewasa dan mau hidup sesuka hati. 

Taek-il memutuskan berhenti sekolah karena tidak ingin menuruti keinginan ibunya dan bermain bersama Sang-pil. Dia kemudian bertemu dengan Go-seok (Ma Dong-seok) yang mengelola sebuah restoran di Provinsi Jeolla Utara dan mempekerjakannya sebagai pengantar makanan. Sementara itu, Sang-pil bekerja di sebuah perusahaan rentenir swasta.
 

3. Secretly, Greatly (2013)

 

Secretly, Greatly. (Sumber gambar: Showbox)

Secretly, Greatly. (Sumber gambar: Showbox)

Mengadaptasi komik Covertness dari Hun, film yang telah ditonton lebih dari 6,5 juta penonton di bioskop ini mengambil genre aksi, komedi, dan drama yang melibatkan kisah sekelompok mata-mata Korea Utara saat beradaptasi di Korea Selatan. Won Ryu-han (Kim Soo-hyun) yang menginfiltrasi Korea Selatan menyamar sebagai orang bodoh di sebuah desa bernama Bang Dong-gu untuk mengamati para penduduk dan menunggu misinya. 

Tak lama, rekannya bernama Rhee Hae-rang (Park Ki-woong) menyamar di tempat yang sama sebagai penyanyi rock star wannabe dan Hae-jin (Lee Hyun-woo) menyamar sebagai siswa sekolah. Penyamaran mereka berubah drastis ketika ada permintaan ketiganya untuk bunuh diri setelah adanya perubahan gerakan politik di Korea Utara.
 

4. Moss (2010)

 

Moss. (Sumber gambar: CJ Entertainment)

Moss. (Sumber gambar: CJ Entertainment)

Film lawas beraliran misteri thriller ini diadaptasi dari webtoon berjudul sama karangan Yoo Tae-ho, di mana proyek filmnya digarap oleh sutradara Kang Woo-suk serta menghadirkan aktor Park Hae-il, Jung Jae-young, Yoo Jun-sang, dan Yoo Sun.

Ceritanya mengisahkan tentang Ryu Mok-hyeong yang ingin membangun desa baru bersama temannya, Yong-duk. Akan tetapi, secara misterius dia meninggal setelah berbagi botol arak beras dengan sahabatnya. Sang anak, Ryu Hae-guk, akhirnya menyadari ada hal yang disembunyikan para penduduk desa dan memutuskan untuk menginvestigasi hal ini dengan bantuan Park Min-uk dan berencana mengautopsi jenazah ayahnya sendirian.
 

5. Love and Leashes (2022)

 

Love and Leashes. (Sumber gambar: Netflix)

Love and Leashes. (Sumber gambar: Netflix)

Beraliran romantis komedi, film yang diadaptasi dari webtoon berjudul Moral Sense atau The Sensual M karangan Gyeoul ini bercerita tentang hubungan romantis antara Ji-hoo, karyawan idaman yang memiliki rahasia terkait dengan hubungan BDSM dan Jiwoo, anggota tim humas yang mengetahui rahasianya.

Film ini disiarkan secara daring melalui platform Netflix digarap oleh sutradara Park Hyun-jin serta menghadirkan aktor-idol Lee Jun-young dan Seohyun. Menariknya, film ini menghadirkan isu tentang gender dan preferensi seksual.

Selain kelima film ini, beberapa judul film yang diadaptasi dari webtoon yang bisa ditonton adalah Inside Men (2015) yang diadaptasi dari komik The Insiders karangan Yoon Tae-ho, The Chase (2017) dari komik Aridong Last Cowboy, Secret Zoo (2020) dari webtoon I Don't Bully You karangan Hun, dan The Cliff yang merupakan bagian dari antologi film Horror Stories 2 (2013) dan diadaptasi dari komik berjudul sama karangan Oh Seong-dae.

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Bikin Merinding, Cek Poster Baru Pengabdi Setan 2: Communion

BERIKUTNYA

Jangan Khawatir Terlewat, Parade Planet Berjajar Bakal Berlangsung Sampai Akhir Juni 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: