Ilustrasi harta warisan. (JIBI)

Harta Warisan Sebaiknya Buat Apa Ya?

27 June 2022   |   14:41 WIB

Apa yang akan dilakukan jika mendapatkan harta warisan dalam jumlah cukup besar. Membeli rumah atau mungkin dihabiskan untuk bersenang-senang? Ya, seseorang kerap memperoleh bagian warisan dari orang tuanya. Jika tak bijak dalam menggunakannya,harta itu bisa saja menguap bila hanya dihambur-hamburkan.

Agar tidak sia-sia, sebaiknya  manfaatkanlah harta warisan untuk meningkatkan kondisi ketahanan finansial.  Berikut tip dari perencana keuangan Zelts Consulting Ahmad Gozali tentang penggunaan harta warisan secara bijak.
 

1. Gunakan untuk berinvestasi

Pergunakan harta warisan itu untuk berinvestasi, seperti untuk membeli properti, emas, reksa dana, saham, deposito, dan  lain-lain. Selain aman, dengan cara itu pula berpotensi mendapatkan keuntungan di kemudian hari sebagai imbal hasil dari investasi.

Tetapi ingat, bisa saja seseorang mencoba melakukan investasi, tetapi sembarangan karena kurangnya pengetahuan sehingga investasinya tidak menghasilkan atau bahkan rugi.  Sebaliknya, ada juga orang yang merasa uang warisan adalah  peninggalan yang harus dilestarikan, sehingga dia malah tidak berani berinvestasi karena merasa takut jumlah harta itu akan berkurang. 
 

2. Melunasi utang.

Pergunakan harta warisan untuk melunasi  utang. Dengan begitu, uang warisan bisa membantu meringankan kewajiban  membayar cicilan. Selanjutnya, jadikan uang warisan  untuk modal mendirikan usaha. Jika  selama ini Anda bermimpi memiliki  usaha, tetapi terkendala masalah modal,  inilah saatnya mewujudkan impian. 

Menurut Ahmad, seseorang yang tidak  siap secara mental mendapatkan harta  dalam jumlah besar bisa membuatnya  tidak memperoleh manfaat yang berarti dari harta itu. Seseorang yang tidak siap menjadi kaya, saat menerima uang  warisan malah digunakan untuk  konsumtif.

Penulis buku Habiskan Saja Gajimu ini menyarankan jika seseorang masih  bingung harus menggunakan harta warisan untuk apa, sebaiknya amankan terlebih dahulu dalam bentuk deposito atau emas. 

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Apa Saja Makanan Pendamping ASI yang Sehat Buat Si Kecil?

BERIKUTNYA

Bunda Harus Tahu, 4 Tip Ini Dijamin Bikin Asisten Rumah Tangga Betah dan Loyal

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: