Beberapa musisi terpopuler secara global (Sumber gambar: BTS/Taylor Swift/Ed Sheeran/Justin Bieber/Instagram)

Daftar 10 Musisi Paling Populer di Dunia Saat Ini, Favoritmu Peringkat Berapa?

21 June 2022   |   11:09 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

5. Ed Sheeran

Ed Sheeran adalah penyanyi sekaligus pencipta lagu asal Inggris. Dalam laporan IFPI, Ed Sheeran masuk ke dalam tiga daftar penjualan global terlaris sekaligus berkat lagu Bad Habits dan album = (equals).

Lagu Bad Habits yang dirilis pada 2021 berada di posisi kesepuluh dalam daftar Top 10 Global Digital Single Chart 2021, yang telah diputar sebanyak 1,57 miliar kali secara global.

Sementara itu, album = berada di posisi keempat dalam Top 10 Album All-Format Chart 2021, sekaligus berada di posisi kelima dalam Global TOp 10 Album Sales Chart 2021 yang terjual sebanyak 1,29 juta kopi.
 

4. Drake

Rapper asal Kanada ini menduduki posisi keempat sebagai musisi terpopuler pada 2021. Namun, tidak ada satupun karya Drake yang berada dalam daftar penjualan atau streaming di Global Music Report 2022 dari IFPI.

Kendati begitu, jika merujuk pada laporan Rolling Stone, album Certified Lover Boy yang dirilis pada 2021 mencetak penjualan fantastis sebesar 595.000 kopi. Sementara dari perolehan streaming, 21 lagu dalam album tersebut secara kolektif telah didengarkan sebanyak 680 juta streams, serta 43.000 unduhan secara digital.
 

3. Adele

Adele adalah penyanyi dan penulis lagu asal Inggris. Pada 2021, Adele sukses meluncurkan album keempatnya bertajuk 30. Dalam laporan IFPI, album tersebut menduduki puncak dua daftar penjualan sekaligus yakni Global Top 10 Album Sales Chart 2021 dan Global Top 10 Vinyl Albums Chart 2021.

Album 30 tercatat berhasil terjual sebanyak 4,68 juta kopi secara global. Perolehan album ini mengalahkan beberapa album lainnya seperti Voyage (ABBA) yang berada di posisi kedua, Attacca (Seventeen) pada posisi ketiga, BTS, The Best (BTS) pada posisi keempat, dan = (Ed Sheeran) pada posisi kelima.

Sementara itu, album vinil 30 juga merajai penjualan secara global dengan total 862.000 keping. Angka itu mengalahkan album vinil Fine Line (Harry Styles) di posisi kedua, dan diikuti oleh Rumours (Fleetwood Mac), Sour (Olivia Rodrigo), dan Happier Than Ever (Billie Eilish).
 

2. Taylor Swift

Taylor Alison Swift atau yang lebih dikenal Taylor Swift adalah penyanyi dan penulis lagu asal Amerika Serikat. Penulisan lirik lagu-lagu yang naratif dan seringkali berpusat pada kehidupan pribadinya, membuat Swift menerima banyak pujian kritis. 

Dalam laporan IFPI, dua album Swift, yakni Red (Taylor’s Version) dan Fearless (Taylor’s Version) masuk dalam Global Top 10 Album Sales Chart 2021 yang masing-masing berada di posisi ketujuh dan kesepuluh. Album Red (Taylor’s Version) tercatat terjual sebanyak 1,14 juta kopi sementara album Fearless (Taylor’s Version) sebanyak 980.000 kopi.

Tak hanya itu, dua single Swift berjudul Red (Taylor’s Version) dan Evermore juga masuk dalam daftar penjualan vinyl album terlaris pada 2021 yang masing-masingnya terjual sebanyak 325.000 keping dan 270.000 keping.
 

1. BTS

BTS adalah grup septet asal Korea Selatan yang digawangi RM, Jin, Jungkook, V, J-Hope, Jimin dan Suga. Sepanjang 2021, BTS tampak bersinar di belantika musik global. Hal itu setidaknya ditandai dengan single Butter yang dirilis pada 2021. Lagu tersebut telah didengarkan sebanyak 1,76 miliar streams.

Single Butter menduduki posisi keempat dalam daftar Top 10 Global Digital Single Chart 2021 di belakang single Save Your Tears (The Weeknd), Stay (The Kid Laroi, Justin Bieber), dan Levitating (Dua Lipa).

Baca juga: Mantul, Proof Jadi Album Keenam BTS di Puncak Top 200 Albums Billboard

Selain itu, album kompilasi ketiga berbahasa Jepang milik BTS yang berjudul BTS, The Best, masuk dalam jajaran Global Top 10 Album Sales Chart 2021 yang terjual sebanyak 1,52 juta kopi secara global. Album tersebut berada di posisi keempat setelah album 30 (Adele), Voyage (ABBA), dan Attacca (Seventeen).

Editor: Dika Irawan
1
2


SEBELUMNYA

Ismail Marzuki dan Benyamin Sueb, Sosok Seniman Betawi yang Melegenda

BERIKUTNYA

Cek Tipe & Harga Mobil Hyundai Stargazer yang Dirancang Khusus untuk Konsumen Indonesia

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: