Telegram mulai meluncurkan fitur premium atau berbayar (Sumber gambar: Unsplash/Christian Wiediger)

Telegram Premium Meluncur, Ini Fitur yang Bakal Didapatkan Pengguna Berbayar 

20 June 2022   |   11:39 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Aplikasi pesan instan Telegram akhirnya mulai meluncurkan fitur berbayar atau layanan premiumnya ke pengguna. Perusahaan memang telah mengumumkan hal tersebut sebelumnya. Lantas apa yang ditawarkan dari Telegram premium ini? 

Sebelum membahas soal fitur, kita akan menyinggung sedikit soal harga yang dikenakan kepada para pelanggan untuk menikmati layanan ini. Laporan dari TechCrunch menyebutkan bahwa fitur tersebut bisa dibeli seharga US$4,99 atau sekitar Rp74.000 per bulan. 

Kehadiran tingkat premium ini tidak akan memengaruhi akses yang telah diberikan kepada pengguna gratis selama ini. CEO Telegram Pavel Durov menyatakan bahwa fitur gratis akan tetap gratis, dan fitur baru tidak akan memengaruhi pengalaman yang telah ada sejauh ini. 

Baca juga: 4 Cara Meningkatkan Keamanan Akun Telegram

Dia juga berjanji tidak akan berhenti mengembangkan fitur untuk pengguna gratis di masa mendatang, termasuk fungsi-fungsi baru hingga keamanan. Kendati, Telegram berbayar menghadirkan fitur yang jauh lebih luas untuk pengguna. 

Berikut ini adalah fitur dan layanan yang akan didapatkan oleh pengguna yang rela membayar lebih untuk Telegram Premium mereka : 
 

Unggah hingga 4 GB 

Setiap pengguna dapat mengunggah fail dan media besar, masing-masing berukuran hingga 2GB, termasuk pengguna non-premium alias gratis. Nah, bagi mereka yang membayar layanan anyar akan bisa mengirim fail hingga 4GB atau dua kali lipatnya. 
 

Unduh lebih cepat 

Pelanggan Telegram Premium juga disebutkan bakal mengunduh media dan fail lain secepat mungkin. Mereka akan dapat mengakses semua yang ada di penyimpanan awan dengan mulus. Akan tetapi, tidak disebutkan berapa peningkatan kecepatan yang ditawarkan. 
 

Batas dua kali lipat 

Pengguna layanan berbayar akan mendapatkan peningkatan batas hingga dua kali lipat untuk hampir semua hal di dalam aplikasi. Batas yang dimaksud termasuk mengikuti 1000 saluran (dari 500 saluran non-premium), 20 folder obrolan (dari 10 folder), menyematkan 10 obrolan di daftar utama (dari 5 obrolan), hingga menambahkan akun keempat ke aplikasi Telegram. 
 

Teks suara 

Fitur teks suara (voice to text) akan hadir bagi para pelanggan Telegram Premium, yang memungkinkan pengguna untuk mengubah pesan suara menjadi teks. Pengguna juga akan dapat menilai transkripsi yang dihasilkan dan membantu memberi masukan untuk penyempurnaan di masa mendatang.
 

Stiker unik 

Telegram juga telah menambahkan puluhan stiker animasi layar penuh yang bersifat unik bagi para pelanggan berbayarnya. Stiker ini dapat dikirim oleh pengguna dalam obrolan apa pun, yang dapat dilihat oleh semua pengguna tapi pemiliknya terbatas. Perusahaan juga akan memperbarui stiker setiap bulannya. 


Manajemen Obrolan 

Bagi mereka yang berlangganan Telegram Premium akan mendapatkan fitur atau alat baru untuk mengatur daftar obrolan. Mereka akan bisa mengubah folder obrolan default sehingga memungkinkan manajemen obrolan di platform. 
 

Profil Animasi 

Selain itu, Telegram Premium juga memungkinkan para pelanggannya untuk menggunakan animasi dalam foto profil mereka, alih-alih hanya sekadar gambar statis. Fitur ini akan dapat dilihat oleh seluruh pengguna termasuk pada menu Dalam Obrolan dan Daftar Obrolan. 
 

Lencana Premium 

Semua pengguna layanan berbayar akan mendapatkan lencana khusus berbentuk bintang biru, yang akan muncul di sebelah nama mereka baik di Daftar Obrolan, Tajuk Obrolan, maupun Daftar Anggota di grup. Jadi akan ada pembeda bagi mereka yang bersedia membayar lebih. 
 

Tidak ada iklan 

Perlu diketahui bahwa di beberapa negara, Telegram memiliki fitur Pesan Bersponsor yang ditampilkan di saluran publik atau simpelnya iklan di dalam platform. Nah, pengguna yang berlangganan layanan premium nantinya tidak akan melihat iklan tersebut muncul. 

Editor : Dika Irawan

SEBELUMNYA

Tayang di Bucheon International Fantastic Film Festival 2022, Cek 5 Fakta Menarik Film INANG karya Sutradara Fajar Nugros

BERIKUTNYA

Digelar di Jakarta, Pameran Ini Menampilkan Karya-karya Seni Terkait Mahluk Supranatural Jepang

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: