Sejak dahulu, yokai diceritakan sebagai bagian budaya Jepang secara turun temurun (sumber gambar: Hypeabis.id/Yudi Supriyanto).

Digelar di Jakarta, Pameran Ini Menampilkan Karya-karya Seni Terkait Mahluk Supranatural Jepang

20 June 2022   |   12:01 WIB

Bagi kalian penggemar budaya Jepang, terutama menyangkut horor ada pameran menarik nih, yaitu Yokai Parade: Supenatural Monsters from Japan di Bentara Budaya Jakarta. Mulai dari 17-27 Juni, pameran yang digelar oleh The Japan Foundation ini menampilkan karya seni tentang mahluk halus dari Negeri Matahari Terbit tersebut.

Di Jepang, mahluk tersebut dikenal dengan nama yokai. Istilah ini merujuk pada entitas atau sosok supernatural dan spiritual yang terdapat dalam cerita rakyat Jepang. Sejak dahulu, sosok ini diceritakan sebagai bagian budaya Jepang secara turun-temurun.

Pada masa modern, yokai masih tetap dikenal luas oleh generasi sekarang karena kehadirannya sebagai karakter dalam manga, anime, ikon suatu wilayah, dan tema pada sushi. Pada masa pandemi Covid-19, yokai bahkan dikenal sebagai sosok penangkal bala.

Baca juga: Pameran The Theater of Me Tampilkan 30 Tahun Perjalanan Artistik Seniman Agus Suwage

Sebelum seperti saat era modern, makhluk supernatural itu muncul dalam berbagai cerita sebagai karakter yang mengekspresikan kekuatan gaib untuk menanamkan kejutan dan ketakutan terhadap orang-orang.

“Seiring perkembangan zaman, yokai berangsur-angsur menjadi tidak terlalu ditakuti dan dipandang sebagai kehadiran yang lebih menawan dan ramah,” demikian tertulis dalam rilis tersebut.

Masyarakat Jepang masih memiliki budaya menikmati cerita hantu di musim panas, dengan yokai terlihat mendominasi layar televisi dan teater di seluruh negeri.

Pameran ini bertujuan memperkenalkan cerita-cerita yokai dari Jepang melalui gulungan gambar, nishiki-e (cetak balok kayu berwarna), hingga media film, dan mainan yang berfokus pada kepopuleran yokai.

Tidak hanya itu, pemeran ini juga akan mengajak para pengunjung untuk menjelajahi kedalaman dunia misteri yokai sejak zaman Kamakura (1185-1333) hingga sekarang.
 

Gambaran tentang yokai (Sumber gambar: Hypeabis/Yudi Supriyanto)

Gambaran tentang yokai (Sumber gambar: Hypeabis/Yudi Supriyanto)


Pameran Yokai Parade: Supernatural Monsters from Japan telah berkeliling dunia sejak 2021. Indonesia merupakan negara kelima yang berkesempatan memamerkan karya-karya tersebut setelah sebelumnya berkeliling di Slovenia, Italia, Rusia dan Turki.

Pameran yang sebagian besar karya-karyanya berupa replika ini menampilkan karya sejumlah seniman seperti Toriyama Sekien, Katsushika Hokusai, Mizuki Shigeru, Kano Yoshinobu, Kawanabe Kyosai, Takuma Yuzan, Yoshida Kowaku, Tsukioka Yoshitoshi, Utagawa Kuniyoshi, Okada Kuniteru, Saito Gesshin, Utagawa YoshimorI, Yamada Shinya, Hirao Tsutomu, Roudokusha, dan lainnya.

Selain di Bentara Budaya, Jakarta, pameran ini juga rencananya akan ditampilkan di Gedung Desain Interior DI.101-DI.102, Institut Teknologi Sepuluh Nopember, Surabaya, Jawa Timur, pada 13 Juli – 2 Agustus 2022.

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

Telegram Premium Meluncur, Ini Fitur yang Bakal Didapatkan Pengguna Berbayar 

BERIKUTNYA

5 Alasan Drama Eve Harus Kamu Tonton

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: