Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sangat mengganggu (Sumber gambar: Freepik)

6 Bahan Dapur untuk Mengatasi Jerawat

14 June 2022   |   21:46 WIB

Kulit berjerawat seringkali menjadi permasalahan yang sangat mengganggu bagi sebagian orang. Bukan hanya muncul ketika remaja, tetapi jerawat juga bisa terus berlanjut hingga dewasa. Mengatasi jerawat bukan hanya dengan mengobati noda yang ada di wajah, tetapi juga mencegah jerawat itu muncul kembali.

Cara menghilangkan jerawat pun tak harus melulu menggunakan obat-obatan. Terdapat beberapa bahan alami yang bisa membantu mengatasi jerawat. Melansir dari Byrdie, Selasa (14/6/2022), berikut adalah 6 bahan alami yang bisa digunakan untuk mengatasi jerawat menurut para dokter kulit.
 

1. Soda kue

Secara teknis, campuran soda kue dan air dapat mengatasi komedo dan pori-pori yang tersumbat pada kulit. Kalian bisa menggunakan masker soda kue selama 10 menit lalu dilanjutkan dengan menggunakan pelembap. 

Soda kue bisa digunakan untuk menetralkan tingkap pH kulit. Ini menjadi penting karena jika pH kulit tidak seimbang, kulit akan rentan terhadap jerawat, kekeringan dan iritasi kulit lainnya.
 

2. Cuka apel

Cuka apel adalah salah satu zat alami terbaik untuk membantu menyeimbangkan pH kulit agar tidak terlalu berminyak atau kering. Kalian bisa menggunakan cuka apel dengan mencampurnya menggunakan sedikit air lalu oleskan pada wajah menggunakan kapas.

Jika digunakan dengan benar, cuka apel berfungsi untuk mencegah komedo dan memperbaiki hiperpigmentasi pada kulit. Untuk perawatan kulit di rumah, gunakan cuka apel sebanyak empat kali dalam seminggu.
 

Cuka apel bisa digunakan untuk mengatasi jerawat (Sumber gambar: Towfiqu Barbhuiya

Cuka apel bisa digunakan untuk mengatasi jerawat (Sumber gambar: Towfiqu Barbhuiya)


3. Kunyit

Kunyit mengandung antioksidan yang memberikan banyak manfaat bagi kulit, termasuk mencerahkan dan memurnikan kulit. Selain itu, kunyit juga memiliki sifat anti bakteri sehingga baik untuk mengobati eksim, psoriasis dan jerawat dengan menenangkan peradangan dan mengurangi kekambuhan.
 

4. Madu

Madu adalah bahan obat alami yang terkenal karena sifat anti bakteri dan humektannya. Madu manuka yang berasal dari Selandia Baru mengandungkan antimikroba paling banyak sehingga sangat bagus untuk mengobati jerawat, peradangan dan gangguan kulit lainnya seperti eksim dan psoriasis.
 

5. Garam butir halus

Gam berbutir halus dapat membersihkan kulit secara mendalam, mengangkat sel kulit mati, menyeimbangkan kelembapan dan membersihakn racun pada pori-pori, sehingga baik digunakan untuk mencegah jerawat.

Kandungan anti bakteri dalam garam laut juga dapat membantu mengobati gangguan kulit seperti eksim, psoriasis, jerawat bahkan luka. Untuk perawatan kulit, kalian bisa membasahi wajah atau bagian kulit lainnya, lalu taruh garam secukupnya di tangan yang basah agar menempel, kemudian tepuk-tepuk dengan lembut ke kulit. Biarkan beberapa menit lalu bilas hingga bersih.
 

6. Minyak pohon teh

Menurut para ahli perawatan kulit, tea tree oil atau minyak pohon teh merupakan bahan alami antiseptik dan anti inflamasi yang baik. Bahan satu ini terkenal karena sifat antibakteri dan anti mikroba atau jamur, sehingga mudah dan efektif digunakan untuk perawatan kulit.

Sifat anti inflamasi pada minyak pohon teh juga bisa mengurangi kemerahan dan pembengkakan kulit sekaligus meminimalkan jerawat. Untuk perawatan, kalian bisa menggunakan minyak pohon teh dicampur setetes minyak zaitun atau minyak jojoba organik dan mengoleskannya langsung pada jerawat.

Editor: Fajar Sidik
SEBELUMNYA

Bukan Tiket Mahal, Begini Saran Untuk Pemeliharaan Candi Borobudur

BERIKUTNYA

Viral di Twitter, Begini Makna Lagu Glimpse of Us dari Joji yang Bikin Gagal Move On!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: