Daging sapi bisa diolah menjadi berbagai menu lezat yang menggugah selera (Sumber gambar: Cindie Hansen/Unsplash)

Begini Cara Merebus Daging Sapi Agar Cepat Empuk & Tidak Bau

14 June 2022   |   15:18 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Daging sapi bisa diolah menjadi berbagai menu lezat yang menggugah selera. Namun, salah satu tantangan cukup sulit dalam mengolahnya adalah saat merebus daging sapi agar empuk. Jika salah menerapkan cara merebus, bukan tidak mungkin daging justru menjadi alot dan berbau.

Sebelum mengolah daging menjadi makanan apa pun, sebaiknya daging direbus terlebih dahulu. Selain membuat tekstur daging menjadi lebih empuk dan lembut saat disantap, merebus daging terutama daging sapi juga dapat menjaga daging agar tetap higienis.

Baca juga: Tip Memasak Menu Vietnam ala Chef Hai & Lan

Cara merebus daging hingga empuk yang praktis salah satunya bisa menggunakan panci presto. Namun, jika tidak memiliki panci kedap itu, kalian tidak perlu khawatir. Berikut adalah cara merebus daging agar cepat empuk tanpa menggunakan presto seperti dilansir dari Holycow Steak, Selasa (14/6/2022).
 

1. Jangan rebus terlalu lama

Tidak perlu merebus daging sapi terlalu lama untuk membuat teksturnya menjadi empuk. Kamu bisa menerapkan metode merebus dengan waktu 5-30-7. Pasalnya, merebus daging sapi terlalu lama akan membuat tekstur daging menjadi buruk dan nutrisi yang terkandung di dalamnya berkurang.
 

2. Metode 5-30-7

Untuk merebus daging sapi agar cepat empuk, langkah pertama yang perlu dilakukan adalah merebusnya selama 5 menit. Saat akan merebus daging sapi, kamu tidak perlu mencucinya. 

Kamu hanya perlu mendidihkan air di panci (sesuai dengan kebutuhan). Kemudian, rebus daging sampai warnanya berubah, lalu angkat dan tiriskan. Selanjutnya, didihkan air secukupnya dan masukkan daging sapi. Kali ini, tunggu sekitar 5 menit baru matikan api kompor.

Baca juga: Resep Popcorn Chicken, Menu Praktis untuk Lauk Makan

Langkah selanjutnya adalah dengan mendiamkan daging sapi yang kamu rebus tadi di dalam air rebusan selama 30 menit. Pastikan panci yang kamu gunakan sudah tertutup dengan rapat. Selama kamu merendam daging sapinya, kamu tidak boleh membuka tutup pancinya, agar daging sapi dapat empuk dan lembut.
 

Usman Yousaf

Merebus daging agar empuk tidak harus dalam waktu yang lama (Sumber gambar: Usman Yousaf/Unsplash)

Jika sudah, maka lakukan langkah yang terakhir yakni merebus daging sapi selama 7 menit. Setelah daging sapi didiamkan selama 30 menit, maka selanjutnya kamu boleh menyalakan api kompor dan merebus daging sapi selama 7 menit dengan air yang sama. Jika sudah, maka matikan api kompor. Tunggulah beberapa saat, baru buka tutup panci. Daging sapi pun menjadi empuk dan tidak bau.
 

3. Jangan sering membuka tutup panci

Saat merebus daging sapi, usahakan untuk tetap membiarkan panci tertutup dengan rapat. Hal ini akan mempercepat daging sapi menjadi empuk dengan bantuan uap dari air panas.
 

4. Tambahkan garam saat merebus

Selain jangan mencuci daging, penting juga untuk menambahkan garam pada permukaan daging sapi sebelum merebusnya. Hal ini karena garam akan membantu dalam menghancurkan kandungan protein di dalam daging sapi saat merebusnya, sehingga bisa lebih cepat empuk.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Resep Salted Egg Chicken Paling Mudah, Wajib Coba!

BERIKUTNYA

Rekomendasi Traveling: Menyaksikan Prosesi Seren Taun di Banten

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: