Toko musik di Korea Selatan. (Sumber: Kyobo Hottracks)

Penjualan Album K-Pop Capai 10 juta Kopi pada Mei 2022

14 June 2022   |   14:05 WIB

Dengan kecanggihan teknologi, kita bisa melakukan apapun hanya melalui gawai termasuk mendengarkan musik. Saat ini, banyak orang sudah mulai meninggalkan CD dan beralih mendengarkan musik melalui platform digital. Namun, nyatanya, penjualan album fisik K-Pop masih cukup tinggi.

Menurut data terbaru yang dirilis oleh Hyundai Motor Securities baru-baru ini, sekitar 9,96 juta kopi album K-Pop terjual pada Mei 2022. Angka ini mengalami kenaikan sebesar 93 persen dari periode yang sama pada tahun lalu.

Penjualan tertinggi diraih oleh boyband SEVENTEEN dan Tomorrow X Together (TXT) yang masing-masing menjual 2,24 juta kopi dan 1,63 juta kopi album. Mereka menyumbang sebesar 40 persen dari total penjualan album K-Pop pada bulan Mei 2022.

Di belakang mereka ada penyanyi trot Lim Young-woong album terbarunya terjual sebanyak 1,14 juta kopi, boyband NCT Dream sebanyak 670.000 dan girlband Le Sserafim sebanyak 410.000 kopi.

Baca jugaMantul! Album SEVENTEEN Face The Sun Masuk 10 Besar Top 200 Albums Billboard
 

g

SEVENTEEN (Sumber gambar: Pledis/Hybe Entertainment)

Beberapa grup seperti SEVENTEEN, TXT dan Le Sserafim merupakan artis di bawah naungan label HYBE, rumah bagi idol K-Pop BTS. Secara keseluruhan, artis-artis HYBE telah menjual sebanyak 4,77 juta kopi album, di mana mengambil 48 persen dari total penjualan album K-Pop pada Mei 2022.

“Sekitar 28,65 juta album K-Pop terjual dari Januari hingga Mei tahun ini, yang merupakan peningkatan 38,6 persen dari tahun ke tahun,” tulis laporan Hyundai Motor Securities dikutip dari The Korea Times, Selasa (14/6/2022).

Penjualan album pada Juni 2022 juga diperkirakan akan tinggi, di mana BTS telah menjual sebanyak 2,16 juta kopi untuk album kompilasi terbaru mereka, Proof, pada hari pertama perilisannya. Ini adalah pertama kalinya grup K-Pop berhasil menjual sebanyak 2 juta album hanya dalam waktu satu hari.

Pandemi Covid-19 disinyalir telah meningkatkan jumlah penggemar di seluruh dunia terutama di AS dan Eropa akan konten K-pop di platform global seperti YouTube dan Twitter saat mereka berada di rumah.

Banyak ahli juga menunjukkan bahwa krisis kesehatan global telah mendorong pecinta K-pop untuk membeli lebih banyak album daripada biasanya, karena mereka tidak dapat menghadiri konser secara langsung atau mengambil bagian dalam kegiatan jumpa fans lainnya karena aturan jarak sosial.

Sementara itu, permintaan akan konser K-pop juga tumbuh lebih cepat dari yang diperkirakan, dengan jumlah penonton konser global mencapai 410.000 pada bulan Mei 2022. Pada bulan Mei tahun ini, artis K-pop seperti NCT 127 dan TVXQ telah menggelar konser mereka di Jepang.

Menurut laporan Hyundai Motor Securities, jumlah penonton yang datang dalam konser-konser K-Pop secara global diperkirakan mencapai 1,24 juta orang pada kuartal kedua tahun ini, atau sekitar 75 persen dari angka periode yang sama pada tahun pra-pandemi 2019. Dari total tersebut, sekitar 61 persen berasal dari Jepang dan 32 persen dari Amerika Serikat.

Editor: Nirmala Aninda
SEBELUMNYA

Wajib Main, Permainan Video Game dari Asia Tenggara yang Ditunggu-tunggu

BERIKUTNYA

5 Kolaborasi Musik Seru Anderson .Paak

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: