Ilustrasi ibu hamil jelang persalinan. (Sumber gambar : Unsplash/Neal E Johnson)

Hypnobirthing, Cara Ampuh Hadapi Stress Hingga Komplikasi Jelang Persalinan

10 June 2022   |   21:09 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Mempersiapkan proses persalinan dengan baik sangat penting agar berjalan lancar, nyaman, hingga mendapatkan pengalaman yang positif saat melahirkan. Salah satu yang penting dilakukan yakni mengelola stres selama kehamilan. 

Tidak jarang, ibu hamil stress karena takut menghadapi proses persalinan. Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satunya menggunakan teknik hypnobirthing

Bidan sekaligus hypnobirthing practitioner Jamilatus Sadiyah menerangkan hypnobirthing merupakan metode atau teknik yang salah satu tujuannya untuk dapat memprogram ulang pikiran dari memori yang kurang baik. Terutama yang berhubungan dengan persalinan, dengan memasukkan afirmasi positif mengenai persalinan. 

Hypnobirthing juga menjadi salah satu cara untuk mengelola stres saat kehamilan. Dengan teknik ini, ketenangan diri untuk sel-sel kesehatan ibu dan janin meningkat. Kemudian mual, muntah dan pusing dapat dikurangi. 

"Mengatasi kecemasan dan ketakutan selama hamil dan persalinan, mengurangi risiko terjadinya komplikasi persalinan hingga mengurangi risiko baby blues nantinya," ujarnya dikutip dari siaran pers, Jumat (10/6/2022). 

Lebih lanjut Jamilatus menjabarkan bahwa menurut studi, ibu hamil yang stres dapat meningkatkan risiko bayi mengalami alergi, kolik, diabetes, autis, dan kelahiran prematur. Stres berkepanjangan juga dapat mempengaruhi kesehatan emosi dan psikologi bayi di masa depan. 

Oleh karena itu, teknik hypnobirthing sangat tepat untuk dipraktikkan. Ini dapat dilakukan oleh calon ibu sejak di awal kehamilan. "Lebih awal lebih baik dan harus dipraktekkan secara berulang atau repetisi, minimal 3-4 kali dalam seminggu," sarannya. 

Teknik hypnobirthing tidak hanya terbatas dilakukan oleh calon ibu, tetapi calon ayah juga dapat berpartisipasi untuk mempraktekannya. Karena bisa saja calon ayah juga memiliki ketakutan yang sama, sehingga mindset juga perlu dikelola. 

Calon orang tua dapat memulai teknik hypnobirthing dengan menyugesti atau afirmasi positif setiap harinya terhadap diri sendiri. Berikut cara sugesti dan afirmasi yang bisa dilakukan:
  • Kehamilan: janin, plasenta, air ketuban, selaput ketuban, tali pusar sehat secara lahir dan batik hingga persalinan 
  • Persalinan: persalinan berjalan dengan lancar, nyaman, tenang, dikuatkan, diikhlaskan, proses yang bahagia
  • Menyusui: asiku lancar, cukup memenuhi kebutuhan nutrisi lahir dan batin bayiku 

Adapun cara melakukan komunikasi dengan janin yang dapat dilakukan saat relaksasi hypnobirthing guna mengurangi stres dan afirmasi positif terhadap diri serta bayi, begini caranya:
  • Lakukan komunikasi setiap kali beraktivitas sehari-hari
  • Sesekali minta pendapatnya akan suatu hal 
  • Ajak berkomunikasi tentang apapun yang ibu rasakan 
  • Sapa janin apabila bergerak atau menendang 


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Respon Positif, Web Series Jadi Strategi Marketing Baru E-Commerce

BERIKUTNYA

Infinix Note 12 VIP Rilis di Indonesia, Ini Bedanya dengan Infinix Note 12 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: