Sumber gambar: Collabstr/Unsplash)

5 Cara Terbaik Jaga Keamanan Siber & Privasi Kalian di Media Sosial

10 June 2022   |   20:40 WIB

Pertama kali dicetuskan oleh pakar pemasaran, Handi Irawan D, 10 Juni diperingati sebagai Hari Media Sosial dengan pemikiran bahwa masyarakat di Indonesia perlu ditingkatkan kesadaran dan etikanya dalam menggunakan media sosial sehingga dapat memberikan dampak positif, baik untuk diri sendiri juga bagi keluarga dan perusahaan.

Namun, tak hanya berdampak positif, Genhype pasti tahu kalau dampak negatif juga bisa datang dari media sosial. Selain bersumber daari pengguna yang memiliki tujuan negatif, juga bisa merugikan secara finansial dan privasi.

Bertepatan dengan Hari Media Sosial ini, TikTok, aplikasi jejaring sosial dan platform video musik yang mana penggunanya  bisa membuat, mengedit, dan berbagi klip video pendek, memberikan berbagai panduan-panduan untuk keamanan siber dan privasi bagi kamu.

TikTok berkomitmen untuk menginspirasi komunitas di seluruh dunia agar tetap aman saat berselancar secara daring (online).

Bekerja sama dengan Global Cyber Alliance (GCA), TikTok mengembangkan panduan untuk keluarga. Dengan lebih dari 100 mitra di seluruh dunia, GCA sejalan dengan TikTok untuk keamanan siber dan privasi, bekerja untuk memberikan solusi keamanan siber yang cocok untuk semua orang. 

Panduan langkah demi langkah yang gratis ini akan membantu individu dan keluarga untuk menanamkan kebiasaan keamanan siber yang kuat.

“Dengan komunitas global dan dinamis, TikTok menyediakan platform yang kuat untuk menyebarkan kesadaran keamanan siber dan pengetahuan tentang bagaimana caranya dalam skala besar, selagi kami berupaya mencapai komitmen kami untuk membangun dunia yang lebih aman dan terlindungi,” jelas Phillip Reitinger, Presiden dan CEO Global Cyber Alliance.


Berikut beberapa cara untuk tetap eksis di media sosial, khususnya TikTok dengan tetap aman.
 

1. Berselancar dengan bijak

Hati-hati saat menyambungkan perangkat ke Wi-Fi publik yang tidak terjamin keamanannya. Selalu pakai kata sandi yang kuat dan unik di setiap akun media sosial. Untuk amannya lagi, aktifkan verifikasi dua langkah semua media sosial kamu.
 

2. Jaga privasi

 Lihatlah fitur kontrol keamanan dan privasi TikTok yang mudah digunakan untuk menyesuaikan pengalaman online kamu.
 

3. Awas terpancing

 Phising adalah taktik yang digunakan untuk mencuri informasi pribadi. Hindari membuka, mengunduh, atau meng-klik tautan dan lampiran dari pengirim yang tidak dikenal dari semua media sosial kamu. 
 

4. Jangan tinggalkan jejak

Perbarui semua perangkat dan aplikasi dengan versi terbaru dan hapus aplikasi yang tidak digunakan. Sebelum hendak menjual perangkat, pindahkan semua data pribadi, foto atau video, lalu hapus semua konten di perangkat tersebut agar aman.
 

5.    Mainkan, tonton, dan pelajari bersama 

Unduh aplikasi, tonton video, mainkan game, dan tetap terhubung bersama keluarga. Pelajari lebih lanjut di Panduan Pengguna Baru TikTok .

Editor: Dika Irawan

SEBELUMNYA

Kenali yuk 3 Penyebab Setir Mobil Bergetar

BERIKUTNYA

Respon Positif, Web Series Jadi Strategi Marketing Baru E-Commerce

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: