Tidak jarang juga setir mobil bergetar saat direm (sumber gambar ilustrasi: pexels/jeshoots.com)

Kenali yuk 3 Penyebab Setir Mobil Bergetar

10 June 2022   |   20:30 WIB

Setir adalah bagian penting dalam mengendari sebuah mobil. Setir yang tidak nyaman akan membuat berkendara juga tidak nyaman. Salah satu bentuk ketidaknyamanan itu adalah setir yang bergetar.

Dilansir dari laman Auto2000, ada banyak penyebab setir mobil yang dikendarai bergetar. Biasanya setir bergetar jika terdapat gangguan pada komponen mesin mobil yang dikendarai. Namun, tidak jarang juga setir mobil bergetar saat direm.

Berikut penjelasan mengenai penyebab setir bergetar saat kendaraan direm.
 

1. Rotor rem menipis

Rotor merupakan komponen yang menyusun sistem pengereman sebuah mobil. Komponen yang berbentuk lempeng bulat ini menyerupai cakram, dan berfungsi menekan pelek mobil saat pedal rem diinjak.

Rotor memang terbuat dari logam tahan panas. Namun, bukan berarti ia akan terus dalam kondisi normal. Panas dengan suhu tinggi dapat mengikis permukaan rotor lama – kelamaan, dan membuatnya tidak dapat bekerja secara normal.

Kondisi rotor yang sudah tipis pada akhirnya menimbulkan getaran saat pedal diinjak. Getaran ini kemudian mengalir sampai ke setir mobil.
 

2. Shockbreaker Belakang Rusak

Shockbreaker bagian belakang mobil yang mengalami kerusakan adalah penyebab lain setir mobil bergetar saat rem diinjak. Shockbreaker memiliki fungsi untuk meredam permukaan-permukaan jalan yang begelombang ketika dilalui oleh mobil.

Shockbreaker yang mengalai kerusakan membuat piston menjadi longgar, dan pada akhirnya cairan yang ada di dalam silinder bocor. Kondisi ini membuat setir mobil bergetar saat pengemudi menginjak rem.

Tidak hanya itu, kondisi cairan dalam silinder bocor juga dapat membuat setir sulit dikendalikan jika diabaikan terlalu lama, dan berpotensi membahayakan keselamatan.
 

3. Guide Pin Kering

Guide pin adalah salah satu komponen yang terdapat di mobil sebagai penyusun sistem pengereman. Komponen ini memiliki fungsi untuk menyalurkan energi gerak dari pedal rem ke rotor untuk membuat rem bekerja.

Kondisi guide pin yang kering membuat energi dari pedal tidak dapat sampai ke rotor lantaran pedal tidak mencapai sudut pijakan yang tepat. Pengereman memang tetap dapat bekerja, tapi tidak maksimal.Selain itu, setiap komponen dalam sistem pengereman juga akan bergetar, dan getaran itu mengalir sampai ke setir mobil.

Editor: Dika Irawan
SEBELUMNYA

Tayang Setiap Jumat, Aku Pasti Ada Untukmu Jadi Web Series Kedua Blibli, Bercerita tentang Cinta Segitiga

BERIKUTNYA

5 Cara Terbaik Jaga Keamanan Siber & Privasi Kalian di Media Sosial

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: