Jean Eric Vergne dari tim DS Techeetah (Sumber gambar: Jean Eric Vergne Official Twitter)

Unggul di Babak Kualifikasi, Jean Eric Vergne Cetak Rekor Pole Position ke-15

04 June 2022   |   13:32 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Setelah unggul pada sesi latihan bebas kedua tadi pagi, pebalap dari tim DS Techeetah, Jean Eric Vergne, berhak atas pole position Formula E Jakarta 2022 di babak kualifikasi. Dia menjadi yang tercepat setelah berhasil mengungguli rekan satu timnya, Antonio Felix Da Costa.

Dalam sesi kualifikasi Formula E Jakarta 2022 yang berlangsung pada Sabtu (4/6/2022) di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC), Ancol, Vergne berhasil membukukan waktu 1 menit 8.523 detik dalam satu lap.

Dengan capaian ini, Vergne sukses mencatatkan rekor dengan meraih total 15 kali pole position dalam ajang balap mobil listrik ini. Posisi start terdepan yang diraihnya ini akan menjadi modal bagi Vergne untuk mengejar kemenangan dalam balap Formula E Jakarta 2022 yang digelar nanti sore.

(Baca juga: Mau Nonton Langsung Balapan Formula E? Cek Panduan Akses ke JIEC Ancol)

Sementara pada posisi ketiga ditempati oleh pebalap Jaguar TCS Racing, Mitch Evans, diikuti dengan pebalap Rokit Venturi Racing, Edoardo Mortara, di posisi keempat dan di posisi kelima diduduki oleh Jake Dennis dari tim Avalanche Andretti Formula E.

Adapun, pemimpin klasemen saat ini, Stoffel Vandoorne dari tim Mercedes EQ Formula E harus puas berada di posisi ketujuh, sedangkan Nyck de Vries, satu-satunya pebalap keturunan Indonesia sekaligus rekan tim Vandoorne, berada di posisi kesepuluh.
 

Berbeda dengan kualifikasi balap Formula 1 atau MotoGP yang memakan waktu beberapa hari, kualifikasi dari Formula E hanya dilakukan dalam satu hari. Teknis atau regulasi kualifikasi Formula E juga berbeda dengan Formula 1, di mana ada sesi duel satu lawan satu.

Sebanyak 22 pebalap dibagi menjadi dua grup yakni Grup A dan Grup B yang masing-masingnya berisi 11 pebalap. Penentuan letak Grup A dan B berdasarkan peringkat pebalap di klasemen. Pebalap peringkat ganjil akan masuk Grup A, sedangkan pebalap peringkat genap bakal menghuni Grup B.

Masing-masing grup memiliki waktu 12 menit untuk mencetak waktu terbaik mereka. Jumlah lap yang dilahap pebalap bebas, selama durasinya masih mencukupi. Jika dalam enam menit pertama seorang pebalap tidak mencetak waktu sama sekali, dia akan mendapat penalti.

Dari dua grup tersebut, empat pebalap tercepat masing-masing grup (total 8 pebalap) akan diadu ke fase gugur. Sisanya (14 pebalap) yang tidak lolos ke fase gugur, akan menempati grid ke-9 hingga 22 sesuai catatan waktu mereka di fase grup.

Sebelumnya, Jean Eric Vergne juga menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas kedua Formula E Jakarta 2022. Dia mencatatkan waktu terbaik yakni 1 menit 7.594 detik. Begitupun pada posisi kedua, ditempati oleh rekan satu timnya, Antonio Felix Da Costa dengan selisih waktu 0.399 detik.

Selanjutnya, para pebalap akan beraksi pada sesi yang paling ditunggu-tunggu yakni balap Formula E Jakarta 2022 yang akan dilaksanakan pada pukul 15.00 WIB. Siapakah yang kira-kira akan mencetak sejarah di sirkuit Jakarta dengan menjadi pemenang Jakarta E-Prix 2022? Kita lihat saja ya, Genhype!

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Mau Nonton Langsung Balapan Formula E? Cek Panduan Akses ke JIEC Ancol

BERIKUTNYA

T.P Rachmat : Pendidikan Adalah Segalanya

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: