Pebalap mengikuti sesi kualifikasi Formula E di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC) Ancol, Jakarta, Sabtu (4/6). Indonesia untuk pertama kalinya menggelar ajang balap mobil listrik Formula E di sirkuit Ancol, Jakarta. Formula E Seri Kesembilan Musim 2022 ini diikuti 22 pebalap dari 11 tim. (Sumber gambar: Hypeabis/Arief Hermawan P)

Jean Eric Vergne Unggul di Latihan Bebas Kedua Formula E Jakarta 2022

04 June 2022   |   10:34 WIB

Sesi Free Practice 2 (FP2) atau latihan bebas kedua Formula E Jakarta 2022 rampung digelar pada Sabtu (4/6/2022) di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC). Pebalap dari tim DS Techeetah, Jean Eric Vergne membukukan waktu yang tercepat yakni 1 menit 7.594 detik. Sesi latihan bebas kedua ini berlangsung selama 30 menit sejak pukul 09.00 WIB.

Posisi kedua ditempati oleh rekan satu tim Vergne, yakni Antonio Felix Da Costa dengan selisih waktu 0.399 detik. Pada menit-menit awal, pebalap dari tim Mercedes EQ Formula E Team, Stoffel Vandoorne memimpin awal sesi FP2 dengan catatan waktu 1 menit 8.607 detik. Lucas Di Grassi mengekor dengan selisih waktu 0.143 detik.

Kondisi lintasan yang tampak lebih bersih membantu para pebalap melaju lebih kencang. Debu, yang sebelumnya tampak di sesi latihan bebas pertama, tampak berkurang drastis. Itu membuat sejumlah pebalap terlihat dapat memacu mobilnya dengan maksimal.

Salah satunya adalah pebalap dari tim tag Heuer Porsche, Pascal Wehrlein. Mantan rekan satu tim Rio Haryanto di Formula 1 2016 itu mencatatkan waktu 1 menit 8.410 detik.
Seiring berjalannya sesi latihan kedua, catatan waktu para pebalap semakin cepat. Bahkan, posisi pebalap tercepat sempat diraih oleh pebalap tim NIO 333, Dan Ticktum, yang membukukan waktu 1 menit 8.338 detik.
 

Jake Dennis dari tim Avalanche Andretti Formula E muncul sebagai pebalap pemuncak saat memasuki 10 menit terakhir sesi FP2. Dia menjadi yang tercepat sementara dengan torehan waktu 1 menit 8.253 detik.

Meski demikian, posisi itu tak berlangsung lama. Pada lima menit terakhir, para pebalap berusaha memperbaiki catatan waktu masing-masing, termasuk tim DS Techeetah yang menampilkan waktu terbaik pada detik-detik terakhir.

Antonio Felix Da Costa sempat beberapa saat memimpin daftar catatan pebalap tercepat, hingga akhirnya Jean Eric Vergne menyalip dan menegaskan sebagai yang tercepat dengan catatan waktu 1 menit 7.594 detik.

Selanjutnya, para pebalap akan menjalani sesi kualifikasi yang akan berlangsung pada pukul 10.40 WIB, dan dilanjutkan dengan sesi balap yang dijadwalkan berlangsung pada pukul 15.00 WIB. Pada sesi kualifikasi, 22 pebalap Formula E akan berlomba membuat catatan waktu terbaik untuk memperebutkan pole position.

Sebelumnya, pada sesi latihan bebas pertama, pebalap Mahindra Racing, Oliver Rowland, menjadi yang tercepat dengan catatan waktu yakni 1 menit 8.433 detik. Pebalap Inggris itu diikuti oleh pebalap Nissan e.Dams, Sebastien Buemi, dengan selisih waktu 0,090 detik.
 
Sementara pada posisi ketiga ditempati oleh pebalap ROKiT Venturi Racing, Lucas di Grassi dengan selisih waktu 0,105 detik. Posisi keempat dan kelima ditempati oleh Jake Dennis dari Avalanche Andretti dan Jean Eric Vergne dari DS Techeetah.
SEBELUMNYA

Latihan Bebas 1 Formula E Jakarta Rampung Digelar, Oliver Rowland Jadi yang Tercepat

BERIKUTNYA

Mau Nonton Langsung Balapan Formula E? Cek Panduan Akses ke JIEC Ancol

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: