Ilustrasi membersihkan dasbor mobil. (sumber foto ilustrasi: pexels/Ariyo)

5 Cara Mudah Bersihkan Dasbor Mobil

01 June 2022   |   20:32 WIB
Image
Yudi Supriyanto Jurnalis Hypeabis.id

Sebagai pemilik mobil, siapa sih yang tidak senang melihat kaca bersih yang berkilau dan dasbor yang mempesona. Namun seiring waktu, kotoran dan debu mulai membuat permukaan interior mobil kehilangan kilaunya dan terlihat kusam.

Sementara beberapa dari kita sering membersihkan mobil, kita tidak selalu menghabiskan banyak waktu untuk membersihkan interior. Bagian mobil yang satu ini perlu dijaga kebersihannya agar tidak menjadi sarang debu dan sulit dibersihkan.

Dilansir dari situs Daihatsu, kondisi dasbor yang kotor dan kusam dapat mengganggu keamanan dan kenyamanan individu saat mengemudikan kendaraannya. Jadi, sangat penting bagi individu untuk menjaga dasbor mobil agar tetap bersih.

Ada beberapa cara untuk membersihkan dasbir mobil agar tetap bersih dan tidak kusam. Berikut 5 cara tersebut:
 

1. Tisu Bayi

Selain untuk membersihkan bayi, tisu bayi juga dapat digunakan untuk membersihkan dasbor mobil dengan cara mengelapnya secara rutin setiap hari agar kotoran dan debu tidak menempel di dasbor.

Tisu bayi atau tisu basah adalah barang yang mudah ditemukan oleh individu mengingat pasti tersedia di sejumlah supemarket. Tidak hanya itu, harga tisu yang lebih terjangkau bisa jadi pilihan ekonomis.
 

2. Sikat atau kuas halus

Biasanya dasbor memiliki bagian-bagian dalam yang sulit untuk dijangkau saat dibersihkan. Untuk menjangkau bagian-bagian itu, sikat dan kuas dengan bulu yang halus dapat menjadi solusi.

Debu dan kotoran yang kerap berada di bagian dalam dasbor dapat dihilangkan dengan menggunakan sikat atau kuas berbulu halus. Langkah pertama yang harus dilakukan saat menggunakan sikat atau kuas halus untuk membersihkan dasbor adalah dengan membasahinya terlebih dahulu, kemudian sapukan di bagian seperti sela-sela tombol, AC, dan laci.
 

3. Penyedot debu

Jika kalian butuh membersihkan debu dengan kekuatan ekstra, penyedot debu adalah solusi mudah untuk membersihkan dasbor mobil secara berkala dalam waktu singkat. Kalian dapat menggunakan penyedot debu portabel untuk menjangkau area-area khusus di sekitar dasbor. Namun, alat ini hanya bisa membersihkan debu dan kurang cocok untuk noda yang menempel.
 

4. Cairan pembersih interior mobil

Cara lain yang dapat dilakukan untuk membersihan dasbor adalah dengan menggunakan cairan pembersih khusus interior mobil. Umumnya dasbor terdiri dari lapisan luar berbahan kulit sehingga diperlukan pembersih khusus yang dapat menghilangkan noda sambil merawat dasbor agar tetap mengkilap. 

Saat akan menggunakan cairan ini, pertama-tama semprotkan ke dasbor mobil yang kotor. Setelah itu, jangan langsung dilap atau dibersihkan. Tunggu selama 15 menit agar cairan bisa meresap dan mengangkat noda bandel.


5. Pasta gigi

Selain untuk membersihkan gigi, pasta gigi ternyata juga banyak digunakan membersihkan dasbor mobil dari kotoran dan debu. Alternatif murah dan terjangkau juga bisa memberikan efek kilap pada dasbor. 

Kalian hanya perlu mengoleskan sedikit pasta gigi pada dasbor dan mengelapnya dengan kain bersih. Tak hanya itu, pasta gigi juga dapat mengkilapkan kembali kaca lampu mobil yang kusam.

Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Ini Trik Supaya Kondisi Finansial Kalian Tahan Banting

BERIKUTNYA

Menghidrasi Tubuh hingga Jaga Kesehatan Kulit, Intip 8 Khasiat Buah Semangka

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: