Semangka kaya akan nutrisi penting seperti vitamin, mineral dan antioksidan (Sumber gambar: Freepik)

Menghidrasi Tubuh hingga Jaga Kesehatan Kulit, Intip 8 Khasiat Buah Semangka

01 June 2022   |   20:32 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

5. Mencegah degenerasi makula

Senyawa likopen dalam semangka juga bermanfaat untuk kesehatan mata. Degenerasi makula terkait usia (AMD) adalah masalah mata umum yang dapat menyebabkan kebutaan pada orang dewasa yang lebih tua. Peran likopen sebagai senyawa antioksidan dan anti-inflamasi dapat membantu mencegah dan menghambat AMD, meskipun tetap diperlukan penelitian lebih lanjut.


6. Meredakan nyeri otot

Citrulline, asam amino yang terdapat dalam semangka, dapat meningkatkan kinerja aktivitas fisik dan mengurangi nyeri otot. Satu studi menemukan bahwa asupan citrulline secara teratur setidaknya selama 7 hari meningkatkan kinerja aerobik dengan meningkatkan produksi oksida nitrat tubuh. Senyawa ini juga membantu melebarkan pembuluh darah sehingga jantung tidak perlu bekerja keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh.


7. Menjaga kesehatan kulit

Vitamin A dan C yang terkandung dalam semangka juga penting untuk kesehatan kulit. Vitamin C bisa membantu tubuh membuat kolagen dan protein yang membuat kulit menjadi kenyal dan rambut menjadi kuat. Sementara vitamin A penting untuk kesehatan kulit karena membantu membuat dan memperbaiki sel-sel kulit.


8. Membantu pencernaan tubuh

Kandungan air yang melimpah namun sedikit serat dalam semangka diperlukan untuk sistem pencernaan yang sehat. Serat membantu tubuh menjaga kesehatan usus, sementara air memindahkan kotoran dari makanan melalui saluran pencernaan dengan lebih efisien.


Editor: Gita Carla
1
2


SEBELUMNYA

5 Cara Mudah Bersihkan Dasbor Mobil

BERIKUTNYA

Game Air Twister dari Pengembang Legendaris Segera Meluncur di Apple Arcade 

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: