Overthinking bisa berdampak pada kesehatan mental dan fisik- Andrea Piacquadio (Pexels)

Hati-hati, Ini 5 Bahaya Overthinking yang Harus Kamu Hindari

15 June 2021   |   14:28 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Genhype tahu enggak kamu kalau diperkirakan sekitar 73% orang dewasa berusia antara 25 hingga 35 tahun di dunia menghadapi masalah overthinking.

Overthinking adalah kondisi seseorang terjebak dalam skenario ‘bagaimana jika’ terus-menerus memikirkan satu hal, tempat, atau situasi.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang terlalu banyak berpikir merasa bahwa mereka menyukai diri mereka sendiri dengan selalu memikirkan satu pikiran, yang merupakan kebalikannya. Overthinking adalah masalah yang berdampak pada kesehatan mental dan fisik.

Berikut beberapa bahaya overthinking yang bisa berpengaruh pada kesehatan mental dan fisik.

1. Mengganggu tidur
Terlalu banyak berpikir akan membuat pikiran kamu tidak tenang sehingga menjadi sulit tidur. Ketika kamu kurang tidur, kamu akan merasa tidak segar dan berenergi untuk keesokan harinya. Jika hal tersebut terus berlanjut, bukan tidak mungkin itu akan berpengaruh pada kesehatan mental kamu. Selain itu, kamu juga akan sulit berkonsentrasi yang akan membuat beban di pikiran.

2. Meningkatkan rasa cemas
Memikirkan masalah tertentu secara berlebihan dapat memicu emosi negatif dari ketakutan, kekhawatiran, atau stres. Overthinking juga bisa meningkatkan masalah kecemasan yang membuat kamu menjadi sengsara dan lelah secara mental. Hidup akan terkurung dalam emosi yang diciptakan oleh pikiran kamu dan mungkin akhirnya  kamu akan merasa lelah dan tertekan.

3. Memperburuk daya pikir
Orang yang overthinking cenderung membuat banyak pilihan dan skenario yang pada akhirnya tidak mampu membuat keputusan yang tepat. Ketika seseorang terlalu banyak berpikir, bisa saja akan mengambil keputusan yang salah karena begitu bingung dengan pikiran-pikiran yang saling bersaing. Hal itu kembali menimbulkan perasaan bersalah karena membuat keputusan yang salah dan pada akhirnya kamu akan sedih dan tertekan.

4. Kurang kreatif
Sebuah studi mengatakan bahwa orang yang terlalu banyak berpikir bisa menjadi kurang kreatif. Sebab, ketika bagian-bagian tertentu dari otak dan proses kognitif benar dan tidak berlebihan, mereka akan lebih kreatif.  Ketika seseorang overthinking, pikirannya akan terjebak pada satu hal itu dan kamu tidak bisa berpikir di luar kotak yang kamu ciptakan sendiri. 

5. Merusak kesehatan mental dan fisik
Seseorang yang terlalu banyak berpikir, bisa memicu penyakit mental dan dapat menimbulkan masalah seperti sakit kepala. Mereka yang overthinking cenderung malas dan kurang dalam mengambil tindakan seperti pengambilan keputusan dan mengkhawatirkan sesuatu yang tidak memiliki kendali atas mereka.


Editor: Indyah Sutriningrum




 

SEBELUMNYA

Jelang Ulang Tahun Debut, BLACKPINK Umumkan Proyek 4+1 Project

BERIKUTNYA

Rilis di Pasar Indonesia, Ini Harga & Spesifikasi Smartphone Asus ROG 5 Series

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: