Manado memiliki ragam kuliner khas yang menarik (Sumber gambar: Fahrizal Saugi/Unsplash)

Bikin Ngiler, Ini 12 Kuliner Khas Manado yang Wajib Kalian Cicipi

23 May 2022   |   09:42 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

7. Papare

Kuliner khas Manado lainnya yang wajib kalian cicipi adalah papare. Hidangan ini merupakan kuliner berbahan dasar Ikan Tongkol. Satu hal yang menjadikan papare unik adalah penyajiannya yang dibungkus ke dalam buah pare dan kemudian digoreng. Tak perlu takut akan rasa pahit dari pare, berbagai rempah dan bumbu pada ikan tongkol membuat kuliner ini tetap lezat dan bisa dinikmati.
 

8. Klappertart

Manado juga memiliki satu kue yang sangat populer yaitu klappertart. Masakan yang banyak mendapat pengaruh dari Belanda ini merupakan kue berbahan dasar kelapa muda yang diolah bersama susu, keju, kacang kenari, dan kismis. Cita rasa manis dan tekstur yang sangat lembut dari Klappertart membuat panganan satu ini digemari oleh banyak orang.
 

9. Cakalang Fufu

Cakalang Fufu adalah olahan ikan cakalang khas Manado yang tak kalah populer. Diolah dengan cara diasapkan, ikan cakalang fufu lezat dinikmati sebagai lauk untuk makan. Tak cuma lezat, ikan Cakalang juga dipercaya akan kandungan nutrisinya yang sangat baik untuk kesehatan dan perkembangan otak.
 

10. Gohu

Makanan khas Manado selanjutnya adalah olahan asinan buah bernama gohu. Umumnya, gohu dibuat menggunakan buah pepaya, namun tak jarang juga dilengkapi dengan timun ataupun nanas. Buah-buahan ini kemudian direndam dalam campuran air, cuka, lemon, cabai rawit, jahe, gula merah, dan garam.

Disajikan dalam keadaan dingin, olahan masakan khas Manado ini merupakan pilihan yang sangat tepat untuk disantap saat hari tengah terik karena rasanya yang menyegarkan.
 

11. Sup Brenebon

Jika kalian pernah mendengar es brenebon, maka ada pula sup brenebon. Hidangan ini merupakan kuliner dengan pengaruh Belanda, yang dimodifikasi dengan bahan dan rempah Indonesia. Sup Brenebon terdiri atas dua macam, yaitu sup kacang merah dan sup brenebon daging babi. Untuk sup kacang merah lebih memiliki rasa manis, sedangkan untuk sup babinya memiliki cita rasa yang lebih gurih.

Baca juga: Cicipi 8 Kuliner Khas Magelang, Sup Senerek hingga Mangut Beong
 

12. Sayur Ganemo

Sayur Ganemo terdiri dari campuran daun melinjo, bunga pepaya, serta labu kuning. Hidangan ini termasuk kuliner klasik yang sudah ada sejak zaman dahulu. Saat ini, Sayur ganemo dapat ditemukan di beberapa warung makan di Manado. Dengan cita rasa yang melegenda, membuat Sayur Ganemo wajib kalian cicipi ketika mengunjungi kota Manado.

Saksikan juga:



Editor: Dika Irawan
1
2


SEBELUMNYA

Kisah Jennifer Walters dalam Trailer Terbaru Serial She-Hulk: Attorney at Law

BERIKUTNYA

Hampir 100 Kasus, Monkeypox Tersebar di Negara-negara Nonendemik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: