Manado memiliki ragam kuliner khas yang menarik (Sumber gambar: Fahrizal Saugi/Unsplash)

Bikin Ngiler, Ini 12 Kuliner Khas Manado yang Wajib Kalian Cicipi

23 May 2022   |   09:42 WIB
Image
Luke Andaresta Jurnalis Hypeabis.id

Selain kekayaan akan budaya dan sejarah yang panjang, Manado juga memiliki ragam kuliner khas yang menarik untuk dicicipi. Sebagian kuliner mungkin sudah familier di telinga kalian seperti dabu-dabu, sambal roa, dan klappertart. Namun, sebetulnya kuliner di wilayah ini sangat beragam. 

Umumnya, masakan Manado terkenal dengan olahan makanan laut (seafood), cita rasa yang pedas, olahan daging dan aneka kue yang mendapat pengaruh dari bangsa Eropa. Meski tidak sepopuler masakan Padang, Jawa atau Sunda, masakan Manado saat ini telah dikenal secara luas di berbagai wilayah di Indonesia.

Jika kalian berkesempatan untuk mengunjugi kota Manado, berikut adalah daftar kuliner Manado yang wajib kalian cicipi.

Baca juga: 7 Kuliner Khas Pekalongan yang Wajib Kalian Cicipi
 

1. Dabu-Dabu

Dabu-dabu merupakan salah satu makanan khas Manado paling populer. Bahkan, banyak dikatakan sebagai ikon dari kuliner di Manado. Dabu-dabu merupakan olahan sambal khas Manado yang terdiri dari potongan cabai, potongan tomat segar, bawang merah yang dicampur, sehingga menciptakan rasa pedas yang menyegarkan. Di Manado sendiri, kalian bisa mencicipi beragam olahan Dabu-dabu seperti dabu-dabu lemong dan dabu-dabu bakar.
 

2. Ayam Woku

Kuliner Manado yang tak kalah populer adalah ayam woku. Makanan satu ini terdiri dari ayam yang diolah dengan bumbu bercita rasa pedas yang kaya rempah. Salah satu ciri khas ayam woku adalah menggunakan bumbu kuning dengan daun kemangi, daun jeruk, daun kunyit, dan daun bawang, sehingga rasanya segar, pedas, dan lezat.


3. Sambal Roa

Manado memang surganya para pecinta kuliner pedas. Selain Dabu-dabu, masih ada sambal khas Manado lainnya yang bisa kalian cicipi yaitu sambal roa. Kuliner tradisional Manado ini diolah dari daging ikan roa yang diasapkan, kemudian dicampurkan cabe rawit dan berbagai rempah lain yang membuat sambal ini menjadi gurih. Sangking populernya, sambal ini kerap dijadikan oleh-oleh dari Manado oleh para wisatawan.
 

4. Tinutuan

Makanan khas Manado selanjutnya adalah tinutuan, olahan sayur-sayuran yang dimasak bersama bubur dan buah labu kuning. Kuliner asal Manado ini juga sering disebut sebagai “bubur Manado” dan sangat umum disajikan sebagai menu sarapan baik oleh masyarakat ataupun di restoran-restoran dan hotel.
 

5. Ayam Tuturuga

Sekilas, penampilan dari makanan khas Manado satu ini terlihat seperti opor ayam. Bahan-bahan untuk membuat Tuturuga memang tak begitu jauh berbeda dengan kuliner opor ayam. Diolah dari daging ayam bersama kuah santan kekuningan yang dibumbui berbagai rempah, kuliner khas Manado satu ini terkenal akan cita rasa gurih yang lezat.
 

Ilustrasi sambal dabu-dabu (Sumber gambar: Baiq Daling/Unsplash)

Ilustrasi sambal dabu-dabu (Sumber gambar: Baiq Daling/Unsplash)

6. Paniki

Untuk kalian pecinta kuliner unik, pilihan makanan asal Manado selanjutnya ini mungkin bisa kalian cicipi. Meskipun terbilang ekstrem, Paniki yang berbahan dasar Kelelawar merupakan kuliner khas Manado yang cukup banyak dicari. Daging kelelawar yang diolah bersama santan dan rempah yang kaya membuat kuliner ini memiliki rasa pedas dan hangat yang khas.
1
2


SEBELUMNYA

Kisah Jennifer Walters dalam Trailer Terbaru Serial She-Hulk: Attorney at Law

BERIKUTNYA

Hampir 100 Kasus, Monkeypox Tersebar di Negara-negara Nonendemik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: