Kawah Ijen yang memiliki api biru nan eksotis. (Sumber gambar : Indonesia Travel)

Heboh Lokasi Syuting KKN di Desa Penari, Ini 5 Spot Wisata Ciamik di Banyuwangi

14 May 2022   |   15:25 WIB
Image
Desyinta Nuraini Jurnalis Hypeabis.id

Banyuwangi tengah menjadi sorotan sejak perilisan film KKN di Desa Penari. Kabupaten di Provinsi Jawa Timur itu dipercaya sebagai latar kisah mistis yang dialami sejumlah mahasiswa saat melakukan kuliah kerja nyata dan akhirnya diangkat menjadi film. Adapun kisah menyeramkan ini sebelumnya viral di Twitter pada 2019 lalu.

Lepas dari kisah horor yang diangkat menjadi film, Banyuwangi ternyata memiliki destinasi wisata yang indah bahkan mendunia. Apa saja destinasi pariwisata yang ditawarkan daerah paling ujung Pulau Jawa ini? Simak daftarnya di bawah ini, yuk.
 

1. Kawah Ijen

 

Kawasan Kawah Ijen. (Sumber gambar: Pexels/Maxime Levrel)

Kawasan Kawah Ijen. (Sumber gambar: Pexels/Maxime Levrel)

 
Destinasi wisata ini sudah tidak perlu diragukan lagi keindahannya. Kawah berwarna hijau tosca dengan belerang di sekelilingnya memiliki fenomena alam yang menjadi daya tarik dunia. Ijen memiliki api biru dari dasar kawahnya. Fenomena alam Blue Fire ini terjadi karena sublimasi gas belerang hingga mencapai suhu 200 derajat. 

Untuk menyaksikan fenomena alam yang hanya ada dua di dunia ini, kamu perlu berusaha untuk menggapai puncak kawah. Itupun harus dilakukan pada malam hari. Meski demikian, hal tersebut dijamin menjadi pengalaman hidup yang berharga. Lagipula, pemandangan di sekitar kawah dengan zat asam terbesar di dunia ini pun cukup eksotis saat matahari terbit, ditambah dengan penambang belerang yang bisa menjadi daya tarik foto kamu. 


2. Taman Gandrung Terakota atau Taman 1.000 Penari

 
 
Jika dikaitkan dengan film KKN di Desa Penari, ternyata Banyuwangi memang punya 'desa' penari lho. Terletak di Desa Wisata Tamansari, lereng Gunung Ijen, ada sebuah destinasi unik yang di dalamnya terdapat patung penari Gandrung. Tari Gandrung, atau yang kerap disebut Gandrung Banyuwangi merupakan salah satu tarian tradisional Indonesia yang menjadi ikon khas kota Banyuwangi.

Tepatnya di Taman Gandrung Terakota, di sana ada barisan patung penari Gandrung yang terbuat dari gerabah yang tersebar di berbagai area, mulai dari persawahan hingga sungai. Di sini kamu juga disuguhkan pemandangan perbukitan hijau, hamparan sawah, dan perkebunan yang memanjakan mata. 


3. De Djawatan

 

Kawasan hutan lindung milik Perhutani ini menghadirkan pemandangan alam yang indah dan tentu udara yang sejuk. Di sana kamu dikelilingi rimbunnya pepohonan trembesi dengan pesona cahaya matahari yang mengintip dari sela-sela daunnya. 

Pesona hutan ini mirip di film Lords of the Rings lho. Jadi selain bersantai menghirup udara segar dan merelaksasikan mata dengan pepohonan hijau, jangan lupa untuk berswafoto ya, Genhype.


4. Taman Nasional Baluran

 

Mau merasakan suasana seperti di Afrika? Datang saja ke Taman Nasional Baluran. Di sana ada kawasan yang dinamakan Savana Bekol yang dijuluki little Africa. Kamu bahkan bisa berinteraksi langsung dengan hewan yang berkeliaran di sana dengan suasana eksotis pegunungan dan tanah lapang seperti di Afrika, terlebih jika kamu datang pada musik kemarau. 


5. Bangsring Underwater

 

Bosan main di daerah pegunungan atau hutan, kamu juga bisa kok menikmati segarnya air laut dan berenang bersama ikan di Bangsring Underwater (Bunder). Kamu bisa snorkeling maupun diving bersama ikan-ikan yang cantik di tempat wisata yang berbasis konservasi biota laut ini. 

Bangsring Underwater juga terkenal dengan sebutan Rumah Apung, rumah ini berfungsi untuk klinik ikan dan tempat penangkaran hiu. Jadi, lokasi ini juga cocok untuk mengedukasi anak-anak untuk mengenal biota laut. 


Editor: Nirmala Aninda

SEBELUMNYA

Produser KKN di Desa Penari Sayangkan Masih Maraknya Pembajakan FIlm

BERIKUTNYA

Besok Ada Gerhana Bulan Total, Kenali Jenisnya Yuk!

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: