Bob Marley (Sumber gambar: Unsplash /Bill Fairs)

Hari Ini dalam Sejarah Musik Dunia, Bob Marley Meninggal hingga Rolling Stones Diusir dari Hotel

11 May 2022   |   16:52 WIB
Image
Dika Irawan Asisten Konten Manajer Hypeabis.id

Panggung musik dunia mendadak hening pada 11 Mei 1981, setelah Bob Marley, penyanyi sekaligus penulis lagu reggae mengembuskan napas terakhirnya pada usia 36 tahun. Pada tanggal yang sama dengan tahun berbeda, para personel Rolling Stone ditolak masuk ke hotel sehingga memicu kehebohan di Inggris.

Sementara itu, pada 11 Mei 2011 kaos langka Led Zeppelin terjual dengan harga fantastis. Hal ini membuatnya sebagai kaos vintage termahal di dunia. Apa saja kejadian pada 11 Mei di panggung musik dunia? Berikut informasinya yang dihimpun dari thisdayinmusic.com.
 

11 Mei 1963

The Beatles memulai 30 minggu bertengger di nomor satu pada tangga album Inggris, dengan album debut mereka Please Please Me. Pencapaian itu menjadikannya album terlama yang merajai tangga lagu Inggris oleh grup musik yang pernah ada. 
 

11 Mei 1964

Selama tur Inggris The Rolling Stones ditolak makan siang di The Grand Hotel, Bristol, tempat mereka menginap. Hal ini lantaran mereka tidak mengenakan jaket dan dasi. Pada hari berikutnya Daily Express memuat berita tersebut dengan judul utama, The Rolling Stones tidak Berkumpul Makan Siang
 

1 Mei 1974

Led Zeppelin menghadiri pertunjukan Elvis Presley di Los Angeles Forum di California. Tahu kehadiran mereka, Elvis menghentikan performanya di panggung. “'Tunggu sebentar, kita kedatangan Led Zeppelin di luar sana,” kata Elvis bercanda. 

Keempat anggota Zeppelin bertemu dengan Elvis setelah pertunjukan, menghabiskan lebih dari 2 jam di belakang panggung. Elvis meminta semua tanda tangan grup itu untuk putrinya Lisa Marie.
 

11 Mei 1981

Penyanyi-penulis lagu Jamaika Bob Marley meninggal dalam usia 36 tahun. Pada Juli 1977, Marley ditemukan memiliki jenis melanoma ganas di bawah kuku jari kaki. Kesehatan Marley memburuk karena kanker telah menyebar ke seluruh tubuhnya. 

Pada 1981, Marley memiliki single No Woman No Cry, ditambah lebih dari sepuluh single UK Top 40 lainnya. Pada 1990, 6 Februari diproklamasikan sebagai hari libur nasional di Jamaika untuk memperingati kelahirannya. 

Album kompilasi, Legend, dirilis pada 1984. Ini adalah album reggae terlaris yang pernah ada dengan penjualan lebih dari 20 juta kopi. Majalah Time memilih Bob Marley & The Wailers' Exodus sebagai album terbesar abad ke-20.
 

11 Mei 2002

Lebih dari 500 penggemar Michael Jackson mengadakan demonstrasi di luar gedung rekaman Sony di Berlin. Mereka komplain bahwa label tersebut tidak mempromosikan album terbaru penyanyi tersebut, Invincible.
 

11 Mei 2011

Salah satu t-shirt rock paling langka di dunia telah terjual seharga US$10.000,  jumlah terbesar yang pernah dibayarkan untuk sebuah t-shirt vintage. Penjualan t-shirt LED ZEPPELIN 1979 yang memecahkan rekor di eBay.

Editor: Fajar Sidik

SEBELUMNYA

Makin Seru, Godzilla & Kong Akan Hadir di Game Call of Duty: Warzone

BERIKUTNYA

Simak 5 Rekomendasi Serial & Film Terbaik Buatan Nadao Bangkok, dari The Billionaire hingga Blackout

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: