Hepatitis akut berat misterius ditemukan di sejumlah negara yang menimbulkan kekhawatiran banyak pihak (Sumber gambar: Unsplash)

Waspada Hepatitis Misterius, Kenali Gejala Awal & Lanjutannya 

06 May 2022   |   11:38 WIB
Image
Syaiful Millah Asisten Manajer Konten Hypeabis.id

Di tengah situasi pandemi Covid-19 yang masih berlangsung, dunia kesehatan kembali dihebohkan dengan munculnya hepatitis akut berat misterius yang terdeteksi di sejumlah negara dan telah menimbulkan korban meninggal dunia. 

Hepatitis akut berat yang belum diketahui penyebabnya ini disebut bukan ditimbulkan virus penyebab hepatitis eksis saat ini baik A, B, C, D maupun E. Ini pertama kali dilaporkan di Inggris pada awal April dan ditetapkan sebagai kejadian luar biasa (KLB) oleh WHO tak lama berselang. 

Di Indonesia, hepatitis misterius ini diduga telah menyebabkan tiga pasien anak meninggal dunia. Berdasarkan investigasi Kementerian Kesehatan (Kemenkes), ketiga anak tersebut datang ke rumah sakit dalam kondisi stadium lanjut. 

Kemenkes mencatat pada tiga kasus tersebut, anak berusia 2 tahun diketahui belum mendapatkan vaksinasi hepatitis, anak usia 8 tahun baru mendapatkan vaksinasi satu kali, dan anak 11 tahun telah mendapatkan vaksinasi penuh. 

Kendati begitu, sampai saat ini ketiga kasus itu belum bisa digolongkan sebagai penyakit hepatitis akut dengan gejala berat. Statusnya masih pending karena harus melalui beberapa pemeriksaan laboratorium lebih lanjut. 

[Baca juga:Bunda, Waspadai Gejala Hepatitis Akut Misterius Ini!]

Di tengah kekhawatiran yang masyarakat terhadap jenis hepatitis baru misterius yang menimbulkan ancaman ini, pemerintah dan lembaga kesehatan meminta masyarakat untuk mencermati gejala hepatitis yang ada. 

Berdasarkan informasi dari Kementerian Kesehatan, berikut ini adalah gejala hepatitis akut berat yang belum diketahui penyebabnya. 


Gejala Awal

  • Mual 
  • Muntah 
  • Diare Berat 
  • Demam Ringan 


Gejala Lanjut

  • Air kencing berwarna seperti teh 
  • Buang air besar berwarna putih pucat 
  • Warna mata dan kulit menguning 
  • Gangguan pembekuan darah 
  • Kejang 
  • Kesadaran menurun 

Informasi dari Kementerian Kesehatan, Dokter Spesialis Anak dan Ahli GastroHepatologi RSCM FKUI, Hanifah Oswari, mengimbau masyarakat untuk waspada dan mengenai gejala awal hepatitis akut seperti diare, mual, muntah, sakit perut, dan demam ringan. 

“Jika muncul gejala-gejala tersebut, jangan panik dan segera bawa pasien ke Puskesmas atau rumah sakit terdekat untuk memperoleh pertolongan. Jangan sampai menunggu gejala lanjutan muncul,” katanya. 


Editor: Gita Carla

SEBELUMNYA

Berikut Hal-hal yang Akan Berubah Saat Era Metaverse Tiba 

BERIKUTNYA

Cek 5 Bagian Mobil Ini Setelah Kembali dari Mudik

Komentar


Silahkan Login terlebih dahulu untuk meninggalkan komentar.

Baca Juga: